Cara Memaksimalkan Kamera Keamanan Rumah

Wahyu ArdiyantoOktober 5, 2020

Cara Memaksimalkan Kamera Keamanan Rumah

RumahCom – Perkembangan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi lebih nyaman. Kehadiran teknologi canggih pada rumah juga memunculkan istilah baru yakni smart home atau rumah pintar. Sistem in menjangkau berbagai aspek di dalam rumah, termasuk soal keamanan.

Anda bisa memastikan rumah tetap terjaga dengan baik melalui teknologi. Penggunaan kamera keamanan yang terintegrasi menjadi salah satu teknologi yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan kamera keamanan maka Anda tidak perlu khawatir dalam memantau isi rumah.

Contohnya seperti pengiriman paket, memastikan anak-anak pulang dengan selamat, dan dan memantau rumah saat Anda sedang bepergian. Berikut merupakan cara memaksimalkan kamera keamanan untuk melindungi rumah dengan lebih baik.

1. Jangan sembunyikan kamera

Tips yang pertama adalah jangan pernah sembunyikan kamera keamanan, kecuali jika ada aktivitas tertentu yang ingin Anda lakukan tanpa diketahui banyak orang. Terkadang pencuri mempertimbangkan keberadaan kamera keamanan saat memilih target dan menghindari rumah tersebut karena takut tertangkap basah.

Selain itu kamera yang mudah terlihat memiliki jangkauan yang lebih luas. Hal ini disebabkan kamera tidak terhalang oleh objek apapun, sehingga bisa melihat dari berbagai sudut. Dengan begitu Anda bisa mengawasi rumah dengan baik jika memiliki kamera keamanan yang mampu menjangkau rumah dengan baik.

2. Pasang kamera di pintu depan

Memilih tempat yang tepat untuk kamera keamanan rumah Anda akan sangat bergantung pada tata letak rumah Anda. Namun, ada beberapa bagian utama yang lebih penting untuk dipasang kamera keamanan daripada yang lain yakni pintu depan rumah.

Pintu depan menjadi pilihan yang tepat untuk memasang kamera keamanan. Karena pintu depan ini dapat melihat aktivitas keluar masuk seseorang dan pengiriman paket. Menutupi pintu masuk Anda dengan kamera atau bel pintu akan membantu memantau penyusup memasuki rumah.

3. Mengatur deteksi gerakan

Mungkin Anda tidak punya waktu untuk terus memantau video kamera keamanan rumah. Jadi, kami sarankan Anda bisa memasang kamera dengan deteksi gerakan. Jadi Anda bisa mengetahui adanya aktivitas mencurigakan dari deteksi gerakan tersebut.

Dengan adanya deteksi gerakan tersebut Anda bisa melakukan langkah lanjutan seperti menghubungi pihak keamanan untuk datang ke rumah.

4. Pastikan daya listrik cukup untuk kamera

Kamera luar ruangan akan membutuhkan sumber daya listrik yang cukup. Anda bisa  mempertimbangkan apakah ingin menggunakan kamera dengan baterai atau yang terhubung langsung dengan listrik.

Namun kamera yang terkoneksi dengan internet serta ditenagai baterai cenderung memiliki daya yang cepat habis. Hal ini tentu menjadi perhatian, terlebih jika kamera tiba-tiba mati saat Anda tidak di rumah.

5. Ketahui spesifikasi dan fitur di kamera

Memilih kamera keamanan tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui spesifikasi dan fitur dari kamera. Tujuannya agar Anda bisa memastikan kamera akan dipasang pada ruangan yang benar-benar dibutuhkan. Setiap ruangan tentu membutuhkan spesifikasi dan fitur yang cukup berbeda.

Misalnya kamera luar ruangan tentu membutuhkan ketahanan pada cuaca dingin, panas, dan hujan. Sementara kamera di dalam ruangan tidak memerlukan fitur-fitur tersebut. Dengan mengetahui fitur yang tersemat dalam kamera, Anda bisa memastikan bahwa kamera keamanan di rumah bisa berfungsi dengan optimal.

Sumber: Sea.pcmag.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Soal Pendaftaran Tanah, Kita Ketinggalan 100 Tahun

RumahCom – Pemerintah terus mendorong percepatan pendaftaran seluruh bidang tanah hingga pelosok tanah air pada tahun 2024. Masih banyak berbagai tantangan untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah da

Lanjutkan membacaOktober 5, 2020

REI Menyebut, Stimulus Yang Seperti Ini Sangat Diperlukan Bisnis Properti

RumahCom – Realestat Indonesia (REI) menilai, stimulus properti yang diberikan pemerintah berupa subsidi atau insentif subsidi bunga kepada debitur kredit perumahan rakyat (KPR), yang tertuang dalam

Lanjutkan membacaOktober 5, 2020

Transit Oriented Development Cocok Buat Milenial

RumahCom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, pembangunan perumahan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) atau yang terintegrasi penuh dengan alur mobilitas

Lanjutkan membacaOktober 5, 2020

Masukan