Cara Memastikan Keamanan di Garasi

Wahyu ArdiyantoOktober 5, 2020

Cara Memastikan Keamanan di Garasi

RumahCom – Garasi merupakan salah satu ruangan rumah yang paling fungsional. Tempat ini cukup aktif karena ada banyak kegiatan yang dilakukan. Mulai dari memarkir, merawat, hingga membetulkan mobil. Oleh karena itu garasi sebaiknya dijaga dan dirawat agar Anda nyaman beraktivitas di sana.

Keamanan sebuah garasi ternyata penting untuk menjaga kendaraan Anda. Walau begitu, keamanan garasi tetap tergantung dari sang pemilik rumah. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga keamanan garasi rumah.

1. Simpan bahan berbahaya dengan baik

1. Simpan bahan berbahaya dengan baik

Umumnya benda yang diletakkan di garasi seperti produk pembersih, pupuk, pestisida, bensin, dan berbagai cairan lain. Produk tersebut tentu akan berbahaya jika dijangkau oleh anak kecil atau bahkan hewan peliharaan. (Foto: Pixabay.com)

Garasi menjadi salah satu tempat untuk menyimpan benda dan bahan kimia yang cukup berbahaya. Umumnya benda yang diletakkan di garasi seperti produk pembersih, pupuk, pestisida, bensin, dan berbagai cairan lain. Produk tersebut tentu akan berbahaya jika dijangkau oleh anak kecil atau bahkan hewan peliharaan.

Untuk itu, simpan semua bahan tersebut ditempat yang aman. Sebaiknya letakkan di tempat yang tinggi yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Pastikan letaknya tinggi atau masukkan dalam laci atau lemari yang terkunci.

2. Simpan perkakas listrik dengan aman

2. Simpan perkakas listrik dengan aman

Sebaiknya Anda pastikan semua perkakas listrik yang ada di garasi disimpan dengan benar. Hal ini dilakukan agar mereka tidak bisa menjangkau alat-alat tersebut. (Foto: Unsplash.com)

Bagi anak-anak, melihat benda yang unik menjadi hal yang membuat mereka penasaran dan tertarik. Mereka juga terkadang mereka mencoba melakukan seperti apa yang dilakukan orang tuanya. Ini sangat berbahaya sekali terlebih jika itu adalah perkakas listrik.

Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya Anda pastikan semua perkakas listrik yang ada di garasi disimpan dengan benar. Hal ini dilakukan agar mereka tidak bisa menjangkau alat-alat tersebut.

Lemari penyimpanan dengan kunci adalah pilihan yang tepat, selain untuk melindungi dari anak-anak, perkakas listrik juga terbilang mahal sehingga jika diletakkan di lemari yang terkunci lebih aman dari tindakan pencurian.

3. Simpan alat tajam dengan aman

 

3. Simpan alat tajam dengan aman

Biasanya garasi menjadi tempat untuk menyimpan benda peralatan untuk pekarangan rumah, seperti sekop, penggaruk, pemangkas, dan lain sebagainya. (Foto: Pixabay.com)

Selain memastikan bahan kimia dan peralatan listrik disimpan dengan aman, benda tajam yang ada di garasi harus tersimpan dengan baik. Biasanya garasi menjadi tempat untuk menyimpan benda peralatan untuk pekarangan rumah, seperti sekop, penggaruk, pemangkas, dan lain sebagainya.

Peralatan ini sangatlah berbahaya sehingga sebaiknya Anda simpan di tempat yang aman yang tidak memungkinkan anak-anak dan hewan peliharaan dapat menjangkaunya.

4. Periksa pintu garasi

4. Periksa pintu garasi

Anda perlu waspada saat menggunakan pintu garasi di rumah. (Foto: Pixabay.com)

Pintu garasi adalah pintu yang paling besar di rumah sehingga Anda harus seringkali memeriksa keamanan pintu garasi Anda. Jika Anda menggunakan pintu garasi otomatis, maka pastikan saat digunakan tidak ada anak kecil atau hewan peliharaan.

Karena saat pintu digunakan akan otomatis membuka atau menutup tanpa mengetahui adanya anak-anak atau hewan peliharaan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu waspada saat menggunakan pintu garasi di rumah.

5. Penerangan garasi

5. Penerangan garasi

Pencahayaan yang tepat juga akan memastikan keamanan Anda saat bekerja di garasi. (Foto: Pixabay.com)

Salah satu tips keselamatan garasi lainnya adalah penerangan yang tepat. Menggunakan satu atau dua bola lampu pijar atau neon yang berkedip akan mengganggu Anda saat melakukan aktivitas di garasi. Untuk itu sebaiknya gunakan pencahayaan garasi yang tepat agar bisa beraktivitas dengan nyaman saat di garasi.

Selain itu, pencahayaan yang tepat juga akan memastikan keamanan Anda saat bekerja di garasi. Misalnya Anda sedang membetulkan mobil, tanpa adanya penerangan yang baik maka kegiatan tersebut akan terhambat. Contoh lainnya saat menggunakan peralatan dan bahan berbahaya, tentu adanya penerangan yang baik bisa mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Sumber: Garageliving.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

REI Menyebut, Stimulus Yang Seperti Ini Sangat Diperlukan Bisnis Properti

RumahCom – Realestat Indonesia (REI) menilai, stimulus properti yang diberikan pemerintah berupa subsidi atau insentif subsidi bunga kepada debitur kredit perumahan rakyat (KPR), yang tertuang dalam

Lanjutkan membacaOktober 5, 2020

Transit Oriented Development Cocok Buat Milenial

RumahCom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, pembangunan perumahan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) atau yang terintegrasi penuh dengan alur mobilitas

Lanjutkan membacaOktober 5, 2020

Cara Memaksimalkan Kamera Keamanan Rumah

RumahCom - Perkembangan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi lebih nyaman. Kehadiran teknologi canggih pada rumah juga memunculkan istilah baru yakni smart home atau rumah pintar. Sistem in men

Lanjutkan membacaOktober 5, 2020

Masukan