Ini Dia Cara Menghilangkan Noda Karat di Toilet

Boy LeonardOktober 7, 2020

Cara Menghilangkan Karat

RumahCom – Noda karat yang membandel menjadi salah satu masalah di kamar mandi. Namun noda ini bisa dihilangkan dengan cara yang tepat dan efektif.

Kemunculan karat di toilet biasanya karena endapan mineral dari air tanah. Biasanya ditemukan pada rumah-rumah yang menggunakan air sumur atau daerah perkotaan yang airnya mengandung zat besi cukup tinggi. Pada toilet karat akan muncul pada pipa besi, kran air, wastafel, dan benda logam lainnya. Noda karat biasanya cukup sulit dihilangkan, namun jika dibiarkan bisa merusak logam besi tersebut.

Kerusakan pada logam yang terkena karat biasanya terlihat pada perubahan warnanya. Anda tidak bisa menghilangkan noda karat tersebut sepenuhnya. Bahkan jika cara membersihkan karat kurang tepat, dapat menggores logam besi hingga menyebabkan kerusakan.

Karat bisa dihilangkan jika menggunakan cara yang benar. Pembersih toilet biasa kurang efektif dalam menghilangkan noda karat. Pembersih dengan bahan bubuk klorin, pembersih makanan biasa, hingga bahan pemutih tidak benar-benar bisa menghilangkan noda karat. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara menghilangkan noda karat dengan tepat.

Scrub pad

Alat ini efektif dalam menghilangkan karat yang ada di toilet. Baik itu di cincin kran air, pipa besi, dan benda logam lainnya. Pad ini aman untuk menghilangkan noda karat tanpa memberi kerusakan sama sekali. Anda bisa menambahkan minyak untuk mempermudah membersihkan karat-karat tersebut.

Bagian bawah scrub pad biasanya berbentuk kasar. Bagian inilah yang akan mengangkat noda-noda karat di kamar mandi. Anda bisa membersihkan karat dengan menggosok pad ini dengan lembut dan perlahan. Hindari menggunakanya secara kasar karena bisa merusak logam yang dibersihkan. Kemudian setelah dibersihkan, cobalah untuk membilas area yang digosok tadi. Jika masih ada noda yang tersisa gosok kembali secara perlahan.

Batu apung

Batu apung bisa secara efektif menghilangkan noda karat di kamar mandi. Noda karat di porselen akan hilang dengan menggosoknya menggunakan batu apung. Anda bisa membasahi terlebih dulu batu apung tersebut sebelum menggosoknya pada porselen kamar mandi. Cara ini cukup efektif dalam menghilangkan noda karat pada porselen.

Selain menghilangkan karat, batu apung juga bisa membersihkan endapan mineral, kerak, noda yang berbentuk cincin pada toilet, dan bahkan menghilangkan penumpukan minyak dapur di oven dan peralatan masak. Penggunaan batu apung biasanya menghasilkan residu, Anda bisa membersihkannya setelah membersihkan noda karat.

Pembersih kimia

Cara ini mungkin yang paling cepat dan efektif dalam menghilangkan noda karat. Beberapa produk menggunakan kombinasi bahan asam oksalat yang berbentuk taburan halus dan batu apung. Kedua bahan ini terbukti efektif dalam mengatasi karat hingga tidak tersisa. Namun Anda harus berhati-hati, karena bahan tersebut cukup kuat dan tidak cocok dengan sistem septik pada kamar mandi.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan bahan tersebut dengan air kemudian menyiramnya pada noda karat kemudian digosok. Untuk alat penggosok Anda bisa menggunakan sikat pembersih atau spons yang cukup kasar. Namun sebelum digosok Anda perlu membiarkan larutan tersebut berada di noda karat selama 60 hingga 90 menit. Kemudian setelah digosok bilaslah dengan air.

Cairan kimia

Cairan kimia menjadi metode yang paling cepat dalam menghilangkan noda karat pada kamar mandi. Namun penggunaannya harus hati-hati karena bisa menimbulkan iritasi dan gangguan kesehatan lainnya. Pembersih ini biasanya dalam bentuk spray atau semprotan yang langsung diaplikasikan pada noda karat. Kemudian diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air. Cara ini cukup efektif dan ampuh dalam menghilangkan noda karat di kamar mandi dengan cepat.

Sumber: Thespruce.com

(Foto: Pixabay)

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kiat untuk Menjaga Rumah Tetap Sehat

RumahCom - Membersihkan rumah secara rutin dan teratur tentu akan menjaga rumah tetap sehat dan penghuni bebas dari serangan penyakit.Setiap bagian dan sudut rumah harus dibersihkan secara rutin. Kare

Lanjutkan membacaSeptember 3, 2020

Tips Menjaga Lantai Rumah Tetap Bersih

RumahCom - Setiap rumah menggunakan material bahan lantai yang tentu berbeda-beda. Mula dari keramik, kayu, batu, hingga vinyl. Tentu merawat setiap lantai dengan berbeda-beda sesuai material yang dig

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2020

Ini yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuat Sauna di Rumah

RumahCom - Membangun sauna di rumah tentu sangat menarik. Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan mulai dari lokasi hingga material yang akan digunakan.Bagi sebagian orang, memanjakan diri u

Lanjutkan membacaOktober 2, 2020

Masukan