Hal yang Perlu Diketahui Saat Membangun Rumah di Lahan Miring

Wahyu ArdiyantoOktober 8, 2020

Hal yang perlu diketahui saat bangun rumah di lahan miring

RumahCom – Membangun rumah di lahan miring bukan hal yang tidak mungkin. Anda dapat mendirikan sebuah rumah yang cukup kokoh, walau kondisi tanahnya tidak datar. Kondisi ini bisa ditemui pada area bukit, lahan miring, dan topografi yang tidak rata.

Sama halnya dengan proses pembangunan rumah di tempat lain, ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan saat membangun rumah di lahan miring. Pembangunan rumah di kontur yang miring tentu memerlukan persiapan yang relatif berbeda. Baik dari anggaran, desain, material, dan luas bangunan tentu harus dipersiapkan secara matang baik.

Anda juga harus melakukan penilaian yang terukur dan relevan, agar rumah benar-benar aman untuk ditempati walau berada di lahan miring. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat membangun rumah di lahan miring.

1. Anggaran yang dibutuhkan

1. Anggaran yang dibutuhkan

Material di lahan miring yang keras dan penuh batu juga cukup menyulitkan saat pembangunan dilakukan. (Foto: Loghome.com)

Perlu diketahui bahwa membangun rumah di lahan miring lebih mahal dari pada lahan biasa. Hal ini disebabkan para kontraktor harus menggali tanah yang lebih dalam untuk membuat pondasi rumah yang kokoh.

Selain itu material di lahan miring yang keras dan penuh batu juga cukup menyulitkan saat pembangunan dilakukan. Faktor ini yang menyebabkan mendirikan rumah di lahan miring cukup mahal.

Permasalahan lainnya yang membuat Anda membutuhkan anggaran yang cukup besar adalah drainase dalam rumah. Kondisi yang miring tentu akan membuat air lebih cepat mengalir ke bawah. Oleh karena itu sistem drainase perlu disesuaikan kembali dengan kondisi tersebut agar berfungsi dengan baik.

2. Untung rugi membangun rumah di lahan miring

2. Untung rugi membangun rumah di lahan miring

Keuntungan membangun rumah di lahan miring tentu saja Anda akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. (Foto: Loghome.com)

Ketika ingin mendirikan rumah di lahan dengan kontur miring, Anda tentu perlu memikirkan apa yang menjadi untung ruginya. Hal ini dapat menjadi ukuran seberapa jauh kebutuhan Anda untuk membangun rumah tersebut.

Keuntungan membangun rumah di lahan miring tentu saja Anda akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Posisi rumah yang lebih tinggi dari bangunan lain akan memberi pemandangan yang lebih luas dan terbuka. Selain itu secara estetika rumah di lahan miring juga sangat indah. Terlebih jika Anda membangunnya di area perbukitan yang masih dipenuhi oleh pohon-pohon rindang.

Namun dibalik itu semua tentu ada beberapa hal yang cukup merugikan saat membangun rumah di lahan miring tersebut. Saat proses pembangunan rumah, akses ke lokasi mungkin akan cukup berat dan menyusahkan. Alat-alat berat yang membawa material bangunan rumah tentu cukup kesulitan untung menuju rumah Anda.

3. Kemiringan tanah

3. Kemiringan tanah

Biasanya pada lahan yang kemiringannya cukup curam maka perlu melakukan penggalian menggunakan eskavator. (Foto: Loghome.com)

Hal yang harus Anda pertimbangkan berikutnya adalah kemiringan tanah. Hal ini berpengaruh pada konstruksi bangunan yang akan dibangun. Anda perlu mendiskusikannya lebih lanjut bersama arsitektur atau para ahli. Karena hal ini akan berpengaruh pada konsep rumah yang dibangun.

Biasanya pada lahan yang kemiringannya cukup curam maka perlu melakukan penggalian menggunakan eskavator. Tujuannya agar tanah menjadi cukup rata untuk menempatkan pondasi rumah. Selain itu mungkin dibutuhkan peralatan khusus lainnya jika tingkat kemiringan yang cukup curam serta kondisi lahan yang berbatu.

4. Area rawan longsor atau tidak

4. Area rawan longsor atau tidak

Masalah ini tentu harus diteliti lebih lanjut, karena akan berpengaruh pada keputusan pembangunan rumah. (Foto: Loghome.com)

Karena berada di lahan miring, masalah yang cukup mengkhawatirkan adalah kemungkinan terjadinya longsor. Masalah ini tentu harus diteliti lebih lanjut, karena akan berpengaruh pada keputusan pembangunan rumah.

Tanyakan pada warga sekitar apakah area yang ingin Anda bangun rumah adalah area longsor atau bukan. Selain itu tanyakan juga pada ahli setempat bagaimana kondisi lingkungan di sekitar.

Sumber: Loghome.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Hingga Oktober, Realisasi Pembangunan Infrastruktur dan Perumahan Capai Rp52,08 Triliun

RumahCom – Kementerian PUPR terus menggenjot program pembangunan infrastruktur di berbagai bidang. Saat situasi pandemi Covid-19 pembangunan infrstruktur berfungsii besar untuk menjadi pengungkit ke

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Lebih Pasti, Bank Ini Keluarkan Fixed Rate Ekstra Panjang Hingga 10 Tahun

RumahCom – Perbankan menjadi salah satu pihak yang ikut gencar mengeluarkan berbagai promo dan kemudahan pembiayaan perumahan untuk mendorong masyarakat membeli rumah saat situasi perekomian melemah

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Selama Sembilan Bulan Terakhir Hanya Ada Satu Proyek Apartemen Yang Selesai Di Jakarta

RumahCom – Sektor apartemen di Jakarta merupakan salah satu instrumen properti yang paling terdampak aktivitas transaksinya. Selama periode sembilan bulan tahun 2020, hanya ada satu suplai baru proy

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Hotel Ini Sediakan Layanan E-Wallet Untuk Mudahkan Pembayaran Hingga Refund

RumahCom – Semua pihak terus berbenah dan memberikan layanan terbaik khususnya saat situasi pandemi ini. Jaringan Oyo Hotel membuka layanan e-wallet untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi sec

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Masukan