Ide Dekorasi untuk Halaman Rumah Sempit

Wahyu ArdiyantoOktober 8, 2020

Ide dekorasi untuk halaman rumah sempit

RumahCom – Halaman belakang rumah yang sempit terkadang menjadi halangan untuk mendekorasinya. Namun ada beberapa cara kreatif dalam mendesain halaman belakang rumah menjadi lebih nyaman dan tampak luas.

Tidak semua orang memiliki halaman belakang rumah yang besar. Bagi yang memiliki halaman belakang minimalis, mereka hanya perlu sedikit kreatif untuk memanfaatkan ruang yang ada. Anda bisa memanfaatkan tanaman, batu-batuan, dan barang-barang lainnya untuk menciptakan halaman belakang rumah yang asri.

Jenis tanaman yang ingin ditanam juga sangat bervariasi, tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Misalnya Anda menyukai tanaman buah atau pangan, maka Anda bisa menanam tanaman tersebut tanpa perlu khawatir areal yang sempit. Kemudian baru Anda memikirkan bagaimana desain dan lanskap yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Tucson small yard design

1. Tucson small yard design

Tidak seperti kolam renang pada umumnya, di lanskap tucson kolam renang tampak semakin menyatu dengan alam. (Foto: Thespruce.com)

Desain lanskap tucson didominasi oleh warna biru langit yang dipadukan dengan keindahan alam. Pada lanskap tucson banyak menggunakan furnitur luar ruangan khas abad pertengahan, menambahkan sentuhan khas pedesaan, penggunaan inovatif untuk ubin berwarna-warni, dan menggabungkannya dengan tanaman sukulen.

Anda bisa memadukan konsep ini dengan kolam renang di rumah. Penggunaan ubin warna langit akan membuat kolam renang tampak lebih cerah dan menarik. Tidak seperti kolam renang pada umumnya, di lanskap tucson kolam renang tampak semakin menyatu dengan alam.

2. Bungalow Spanyol

2. Bungalow Spanyol

Anda juga bisa menambahkan benda-benda lain seperti kursi berlengan dengan warna oranye yang berbahan tembikar warna-warni. (Foto: Thespruce.com)

Selama ini rumput menjadi penutup tanah yang paling baik untuk taman di area belakang rumah. Namun pada gaya lanskap Spanish Bungalow Anda bisa menggunakan tanaman thyme yang tumbuh secara merambat dan bisa menutup lahan dengan baik.

Tanaman ini juga memiliki warna hijau yang bagus, sehingga Anda bisa mendekorasinya dengan bebas untuk memiliki halaman belakang yang estetik. Anda juga bisa menambahkan benda-benda lain seperti kursi berlengan dengan warna oranye yang berbahan tembikar warna-warni.

Selain itu Anda bisa menanam beberapa tanaman tahan kekeringan seperti ekor singa, lavender, tibouchina, rosemary, yarrow, dan berbagai tanaman lainnya. Ide lanskap ini sangat cocok untuk bersantai di pagi hari sambil meminum kopi, atau berbincang dengan keluarga Anda di sore hari.

3. Mengubah desain halaman depan seperti halaman belakang

3. Mengubah desain halaman depan seperti halaman belakang

Desain lanskap ini tentu mengubah fungsi halam depan rumah Anda secara menyeluruh. Misalnya sebagai tempat bersantai, berpesta, BBQ, dan banyak lagi lainnya. (Foto: Thespruce.com)

Jika Anda memiliki halaman belakang yang sangat sempit, bahkan tidak bisa didekorasi ulang tentu hal ini sangat menyebalkan. Namun Anda bisa mengatasinya dengan mengubah desain halaman depan rumah layaknya halaman belakang.

Desain lanskap ini tentu mengubah fungsi halam depan rumah Anda secara menyeluruh. Misalnya sebagai tempat bersantai, berpesta, BBQ, dan banyak lagi lainnya. Untuk dekorasi Anda bisa menambahkan kursi kayu dengan  warna coklat tua. Kemudian bisa menambahkan air mancur untuk membuat suasana tampak alami.

Berbagai tanaman hias juga bisa Anda tambahkan. Anda juga bisa menambahkan tungku perapian seperti api unggun, agar bisa tetap nyaman bersantai pada malam hari.

4. Halaman belakang yang penuh tanaman

4. Halaman belakang yang penuh tanaman

Keberadaan batu-batuan membuat halaman belakang memiliki ciri khas uniknya tersendiri. (Foto: Thespruce.com)

Halaman yang penuh tanaman rumput yang tumbuh cukup tinggi mungkin bisa menjadi salah satu ide yang bisa Anda pilih. Tanaman rumput yang berwarna kuning dan hijau sangat cantik untuk dilihat. Selain itu keberadaan batu-batuan membuat halaman belakang memiliki ciri khas uniknya tersendiri.

Dalam pemandangan halaman ini, kita melihat jalan setapak beton yang dipasang kerikil, menempatkan area bersantai dengan payung, dan keberadaan bantal yang membuat seseorang betah berlama-lama.

Sumber: Thespruce.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Hingga Oktober, Realisasi Pembangunan Infrastruktur dan Perumahan Capai Rp52,08 Triliun

RumahCom – Kementerian PUPR terus menggenjot program pembangunan infrastruktur di berbagai bidang. Saat situasi pandemi Covid-19 pembangunan infrstruktur berfungsii besar untuk menjadi pengungkit ke

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Lebih Pasti, Bank Ini Keluarkan Fixed Rate Ekstra Panjang Hingga 10 Tahun

RumahCom – Perbankan menjadi salah satu pihak yang ikut gencar mengeluarkan berbagai promo dan kemudahan pembiayaan perumahan untuk mendorong masyarakat membeli rumah saat situasi perekomian melemah

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Selama Sembilan Bulan Terakhir Hanya Ada Satu Proyek Apartemen Yang Selesai Di Jakarta

RumahCom – Sektor apartemen di Jakarta merupakan salah satu instrumen properti yang paling terdampak aktivitas transaksinya. Selama periode sembilan bulan tahun 2020, hanya ada satu suplai baru proy

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Hotel Ini Sediakan Layanan E-Wallet Untuk Mudahkan Pembayaran Hingga Refund

RumahCom – Semua pihak terus berbenah dan memberikan layanan terbaik khususnya saat situasi pandemi ini. Jaringan Oyo Hotel membuka layanan e-wallet untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi sec

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Masukan