Inilah Alasan Kenapa Membeli Rumah Bekas

Boy LeonardOktober 9, 2020

Alasan Membeli Rumah Tua

RumahCom – Ada beberapa pertimbangan saat membeli rumah baru, mulai dari harganya yang jauh lebih murah ukuran rumahnya juga lebih luas.

Banyak orang tertarik dengan membeli rumah yang dibangun. Biasanya rumah baru tersebut memiliki furnitur baru seperti pemanas ruangan, sistem kelistrikan, perabotan, lantai yang masih mulus, dan banyak lagi lainnya. Tapi pernahkah Anda mempertimbangkan untuk membeli sebuah rumah bekas?

Mungkin sebagian orang membeli rumah bekas menjadi hal yang menakutkan. Terlebih bangunan rumah bekas biasanya tidak terawat dan perlu dilakukan renovasi sebelum Anda menempatinya. Namun ternyata sebagian dari rumah bekas ternyata memiliki nilai estetika yang cukup tinggi. Selain itu banyak bagian di dalam rumah yang mungkin sulit untuk ditiru oleh bangunan rumah modern. Selain itu ada beberapa alasan lain mengapa rumah bekas menjadi salah satu

Harga lebih murah

 Alasan Membeli Rumah Tua

(Foto: Pixabay.com)

Bagaimana sebuah rumah dikatakan rumah bekas? Bukan hanya terlihat dari bangunannya saja, secara umum jika sebuah rumah tidak menggunakan atau mengandung bahan modern seperti betoni, itu memenuhi syarat sebagai rumah bekas. Biasanya rumah bekas dibangun sebelum tahun 1970.

Meskipun rumah yang lebih baru mungkin lebih murah dalam pemeliharaannya, namun rumah bekas juga dibangun dengan bahan berbeda seperti produk hemat energi. Harga yang lebih murah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Selain karena sudah bekas, material banguunan yang digunakan pun tidak semahal sekarang.

Rumah bekas memiliki kualitas konstruksi yang lebih baik

 Alasan Membeli Rumah Tua

(Foto: Pixabay.com)

Rumah bekas memiliki konstruksi yang baik sehingga kokoh dan tahan lama. Hal ini disebabkan karena orientasi pembangunan sebuah rumah dibangun untuk tahan lama. Selain itu banyak aspek konstruksinya tidak dapat dibuat saat ini. Rumah yang lebih bekas mungkin dibangun dengan kayu yang terbuat dari pohon bekas namun terlihat kokoh dan tahan lama.

Dinding pada rumah bekas juga dibangun dengan plester dan bubut yang membuatnya secara struktural lebih kuat konstruksinya dibandingkan dinding pada rumah modern. Bahan yang lebih bekas ini dinilai memberikan penghalang dan isolasi suara yang lebih baik.

Kebanyakan rumah bekas berada di lokasi strategis

Alasan Membeli Rumah Tua

Namun ternyata sebagian dari rumah bekas ternyata memiliki nilai estetika yang cukup tinggi. Selain itu banyak bagian di dalam rumah yang mungkin sulit untuk ditiru oleh bangunan rumah modern.

(Foto: Pixabay.com)

Saat memilih sebuah rumah, Anda akan mempertimbangkan sejumlah faktor seperti lokasi, fasilitas umum, fasilitas pendidikan, tingkat kejahatan, dan beberapa hal lainnya. Jika Anda ingin membeli rumah bekas kemungkinan besar rumah itu berada di daerah yang sudah mapan dan mungkin stabil.

Banyak rumah bekas yang dijual di lokasi-lokasi strategis di tengah perkotaan. Ini tentu menjadi sebuah keuntungan bagi Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga murah namun letaknya di pusat perkotaan.

Halaman yang lebih luas

 Alasan Membeli Rumah Tua

(Foto: Pixabay.com)

Rumah baru mungkin datang dengan fasilitas yang lebih baru, tetapi bagian luar seperti halaman belakang ternyata cukup sempit. Banyak dari rumah baru yang dibangun dengan ukuran yang lebih kecil karena ketersediaan lahan di perkotaan yang semakin sedikit. Hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi Anda yang menyukai halaman belakang yang lebih luas.

Berbeda halnya dengan rumah bekas, biasanya rumah tersebut didesain dengan teras dan halaman yang luas. Rumah-rumah jaman dulu cenderung dibangun dengan menyediakan taman untuk berkebun yang cukup luas. Hal ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi Anda yang menyukai keberadaan halaman belakang. Sementara bagian teras juga lebih berjarak, tidak seperti kebanyakan rumah yang bagian terasnya sangat dekat dengan jalan. Jika Anda menyukai hal tersebut maka tidak ada salahnya membeli rumah bekas.

Sumber: Realtor.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Beli Rumah Itu Butuh Persiapan Mental

RumahCom – Banyak yang bilang membeli rumah memang harus sedikit dipaksakan. Sebab jika tidak, rumah tidak akan pernah terbeli sampai kapan juga. Kecuali, Anda memang punya uang banyak dan bisa beli

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2018

Tips Menghitung Cicilan KPR untuk Milenial

RumahCom – Masih muda dan berencana untuk beli rumah? Itu keren dan juga keputusan yang smart. Sebab bagi Anda yang termasuk generasi milenial masih belum banyak pengeluaran dan juga tanggungjawab.

Lanjutkan membacaFebruari 2, 2018

Kunci Utama Punya Rumah: Berani Jadi Diri Sendiri!

RumahCom – Pernah dengar orang bicara ‘Cara mudah punya rumah?’ Well, percayalah: punya rumah tidak pernah mudah.Jika itu mudah, maka semua orang yang sudah pantas pasti akan punya rumah. Maksu

Lanjutkan membacaMaret 27, 2019

Masukan