Mengenal Desain Rumah Japandi

Boy LeonardOktober 13, 2020

Gaya Japandi

RumahCom – Desain rumah Japandi berfokus pada fungsionalitas rumah namun tetap terasa nyaman, tenang, dan ramah lingkungan.

Anda mungkin berpikir bahwa Jepang dan Skandinavia memiliki banyak kesamaan pada desain sebuah rumah. Karena keduanya tampak menggunakan berbagai barang pada interior rumah secara minimalis. Padahal dalam hal desain rumah, mereka jauh lebih mirip dari yang dilihat selama ini. Estetika keduanya berfokus pada kesederhanaan, elemen alami, dan kenyamanan.

Jadi tidak mengherankan orang yang memadukan dua tampilan bersama dan menyebutnya sebagai “Japandi” (alias Jepang dan Skandinavia). Meskipun tren ini relatif baru akan banyak orang yang menerapkannya dalam rumah.

Menurut Leni Calas dari Ward 5 Design, Japandi Design adalah kombinasi dari fungsionalitas Skandinavia dan minimalis Jepang untuk menciptakan kesan dan suasana artistik, natural dari alam, dan kesederhanaan. Keduanya menciptakan perpaduan sempurna antara fungsi dan bentuk, dengan fokus pada garis-garis bersih, ruang cerah, dan warna-warna terang.

Apa Elemen Dari Japandi Design?

 Gaya Japandi

(Foto: Thespruce.com)

Japandi design berfokus pada konsep minimalis dan sederhana yang secara estetika menyenangkan tetapi berakar pada fungsi. Menurut Calas, dirinya berharap untuk menerapkan sejumlah besar bahan alami, warna yang tenang , garis-garis bersih, dan perabot minimal namun dipadukan dengan baik. 

Gaya Japandi menampilkan pengerjaan dengan sentuhan yang indah dan fokus pada kualitas. Anda juga akan melihat banyak pilihan warna dan cat netral untuk melengkapi furnitur dan aksesoris Japandi. Warna pastel yang menenangkan, tentram, dan damai itulah yang biasanya dipilih. Dan ketika digabungkan, warna-warna cerah itu dibuat dengan penuh makna dan sentuhan yang lembut.

Selain itu, gaya Japandi seringkali menekankan keberlanjutan. Proporsi bahan alami dan desain sederhana menjadikannya gaya dekorasi yang bagus. Dengan semakin banyaknya orang yang mencari estetika ramah lingkungan, popularitas Japandi bukanlah suatu kejutan di masa mendatang. Rumah yang secara estetika sangat bagus dan didukung dengan konsep yang ramah lingkungan tentu akan diminati banyak orang.

Bagaimana Gaya Jepang Dan Skandinavia Dipadukan?

Jika terbiasa dengan desain Skandinavia, Anda pasti terkesan dengan kesenangan dan kesederhanaan dalam desain ini. Pada dasarnya, rumah harus menjadi tempat perlindungan dan memberikan rasa nyaman setiap kali berjalan di depan pintu dan memasuki rumah. Itulah yang menjadi esensi dari desain Skandinavia.

Sekarang, gabungkan gagasan tersebut dengan gagasan Jepang tentang “Wabi sabi” atau gagasan bahwa ada keindahan dalam ketidaksempurnaan, dan Anda menciptakan perpaduan yang harmonis, itulah Japandi. Gaya desain Jepang dan Skandinavia bekerja dengan sangat baik karena keduanya berakar pada kesederhanaan dan kenyamanan. Estetika bersama dari keduanya bersatu untuk menciptakan gaya yang santai dan berkesan.

Bagaimana Gaya Japandi Diterapkan?

Jika Anda penggemar desain minimalis kemungkinan besar sudah memulai bereksperimen dengan gaya Japandi. Untuk benar-benar memainkan tampilan ini, fokuskan pada bahan alami seperti kayu yang belum jadi atau potongan bambu yang menghadirkan perasaan alami dan keindahan yang sederhana. Penggunaan warna kalem dengan sedikit warna hijau pucat atau membawa tanaman dan tanaman hijau ke dalam rumah Anda untuk menciptakan kesan hidup.

Mengurangi kekacauan juga merupakan kunci gaya Japandi. Estetika desain ini berfokus pada garis bersih dan ruang terbuka. Untuk mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia, manfaatkan kenyamanan desain Skandinavia dengan tekstur hangat dan potongan lembut dengan tetap mempertahankan keanggunan dekorasi Jepang. Meskipun kedua gaya ini memiliki fokus pada fungsi, penting untuk mempertahankan rasa tenang seperti di dalam rumah Anda.

Sumber: Thespruce.com

Foto utama: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Desainer Muda Indonesia Juarai Asia Young Designer Awards

RumahCom - Sebanyak 26 mahasiswa/i arsitektur dan desain interior dari 15 negara belum lama ini telah mempresentasikan karya terbaiknya melalui ajang kompetisi Asia Young Designer Awards (AYDA) Summit

Lanjutkan membacaJuli 18, 2020

Mengapa Merencanakan Desain Interior Penting Bagi Rumah?

RumahCom - Merencanakan desain interior sangat penting agar Anda mendapatkan kenyamanan dan kemudahan saat menempati rumah nantinya.Memiliki desain interior yang baik dari sebuah rumah sangatlah penti

Lanjutkan membacaAgustus 4, 2020

Arsitektur Jengki, Desain Interior dan Eksterior Karya Asli Indonesia

RumahCom - Mungkin Anda baru pertama kali mendengar istilah arsitektur jengki. Walau berasal dari Indonesia, namun semua orang ternyata belum familiar dengan istilah ini. Padahal gaya arsitektur ini s

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2020

Masukan