Ini Cara Memanfaatkan Kayu untuk Interior Rumah

Boy LeonardOktober 13, 2020

Cara Memanfaakan Ornamen Kayu

RumahCom – Kayu menjadi material yang paling banyak digunakan dalam rumah. Namun kayu ternyata berperan penting dalam mempercantik bagian interior rumah.

Kayu merupakan bahan bangunan yang banyak digunakan. Selain karena mudah didapat, kayu memiliki ketahanan yang kuat. Kayu telah digunakan secara bertahun-tahun dalam pembangunan rumah dan bangunan lainnya. Di beberapa daerah di Norwegia misalnya, ada sebuah rumah kayu dari abad ke-12 yang masih dihuni, ini membuktikan betapa tahan lamanya material tersebut.

Kekuatan ini dikombinasikan dengan tampilan kayu yang hangat menjadikannya bahan yang sempurna untuk dekorasi interior. Tampilan rumah dengan sentuhan elemen kayu membuatnya menjadi tampak hangat dan menawan. Selain itu keindahan yang ditampilkan tampak natural dan terkesan menyatu dengan alam. Berikut ini cara memanfaatkan kayu pada interior rumah.

Lantai

Cara Memanfaakan Ornamen Kayu

(Foto: Pixabay.com)

Material kayu di interior rumah seringkali digunakan pada lantai. Dengan menggunakan kayu bisa memberikan sentuhan kemewahan dan kehangatan ekstra di rumah. Papan kayu yang telah diberi pernis atau minyak biasanya lebih tampak menawan dan indah. Lantai kayu tersedia dalam berbagai ketebalan, panjang, dan lebar. Ada juga bentuk khusus yang tersedia seperti pola tulang herring atau mozaik. Anda bisa menggunakan model-model tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Dinding Pemisah

Cara Memanfaakan Ornamen Kayu

Tampilan rumah dengan sentuhan elemen kayu membuatnya menjadi tampak hangat dan menawan. Selain itu keindahan yang ditampilkan tampak natural dan terkesan menyatu dengan alam.

(Foto: Pixabay.com)

Kayu sangat ideal untuk membuat dinding pemisah. Anda dapat menggunakan papan vertikal beberapa sentimeter untuk memisahkan ruang, seperti ruang tamu dengan ruang makan. Ini memungkinkan untuk membuat ruangan khusus Anda sendiri sambil mempertahankan. Pemisah ruang dari kayu tentu membuat suasana interior dalam rumah semakin hangat dan natural.

Pintu dan tangga

Cara Memanfaakan Ornamen Kayu

(Foto: Pixabay.com)

Pintu pada rumah biasanya terbuat dari kayu, namun hal ini berbeda jika Anda menggunakan kaca. Banyak orang memilih untuk melapisi pintu dengan lapisan cat, sementara yang lain membiarkan struktur kayu tetap terlihat. Hal ini membuat setiap guratan dan goresan kayu bisa terlihat. Kesan natural yang dimunculkan tentu membuat rumah jadi jauh lebih nyaman dan tenang.

Tidak hanya untuk pintu saja, hal ini juga berlaku untuk tangga. Tangga kayu sangat indah dan perawatannya juga dinilai cukup rendah. Dan dengan sentuhan cat, tangga lama Anda juga dapat diubah seluruhnya menjadi jauh lebih baik.

Furniture Kayu

Cara Memanfaakan Ornamen Kayu

(Foto: Pixabay.com)

Kebanyakan furnitur sejak dulu hingga kini masih menggunakan elemen kayu. Coba lihat meja di ruang makan, lemari pakaian, kursi, dan furniture lainnya di rumah. Hampir seluruh furnitur tersebut terbuat dari kayu. Kayu memiliki banyak warna, hasil akhir, dan bentuk. Pilih kayu kosong jika Anda menyukai tampilan Skandinavia atau pilih mahoni untuk gaya retro. Elemen rumah yang menggunakan furnitur kayu tentu membuat terasa hangat dan ramah.

Dekorasi Kayu

Cara Memanfaakan Ornamen Kayu

(Foto: Pixabay.com)

Dekorasi kayu bisa Anda pilih untuk mempercantik rumah Anda. Ada banyak pilihan yang bisa dipilih mulai dari rak buku, kursi, mangkuk, vas bunga, dan banyak lagi lainnya. Memberi sentuhan kayu pada rumah bisa Anda kustomisasi sendiri tanpa harus terpaku pada aturan yang terlalu mengikat.

Pilih kayu yang tepat

Memilih kayu untuk dekorasi rumah memang jadi pilihan yang tepat sekaligus cenderung lebih murah. Namun Anda tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih kayu untuk rumah. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari keawetan, daya tahan, bobot, ukuran, dan perawatan.

Kayu cenderung mudah rusak jika berada di lingkungan dengan udara yang begitu lembab. Kondisi ini membuat kayu mudah lapuk dan cepat rusak. Demikian juga jika berada di lingkungan yang terlalu kering, kayu akan cepat rapuh dan keropos. Oleh karena itu pilihlah lokasi yang ideal untuk dekorasi kayu Anda.

Sumber: Dmlights.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inspirasi Desain Interior untuk Rumah 60m2

RumahCom – Tinggal di rumah berukuran mungil menuntut Anda untuk lebih kreatif dalam menata ruangan. Selain memilih perabot yang fungsional dan praktis, penataan denah ruangan juga harus diperhatika

Lanjutkan membacaMei 25, 2018

Inilah 5 Tren Desain Interior yang Mulai Ditinggalkan. Cek Rumah Anda!

RumahCom - Jaman terus berganti, demikian juga dengan tren yang terus silih berganti, tak terkecuali tren desain interior. Cepatnya perubahan tren disebabkan banyak faktor, misalnya penemuan material

Lanjutkan membacaNovember 5, 2017

Mengenal Karakteristik Desain Skandinavian yang Kekinian

RumahCom – Desain interior gaya Scandinavian kini tengah booming. Pasalnya, desainnya yang simpel, fungsional, dan sedap dipandang dianggap cocok untuk gaya urban masa kini. Gaya desain ini umumnya

Lanjutkan membacaNovember 16, 2017

Masukan