Tol Cimanggis-Cibitung Segera Beroperasi, Ini Dampaknya Untuk Kawasan Jabodetabek

Oktober 13, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR akan segera mengoperasikan jalan tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km. Jalan tol ini merupakan bagian dari enam ruas tol JORR 2 yang akan memperlancar arus lalu lintas kawasan Jabodetabek hingga mengurangi biaya logistik.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera mengoperasikan jalur jalan tol baru di ruas Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km. Jalan tol ini memulai pembangunannya pada tahun 2015 lalu setelah sebelumnya mangkrak selama empat tahun karena lambatnya proses pembebasan lahan.

Jalan tol ini akan semakin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Megapolitan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan jalan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) hingga JORR 2 yang saat ini proses kontsruksinya terus dikebut. Jalan tol Cimanggis-Cibitung ini akan tersambung dengan tol dalam kota maupun JORR.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, jalan tol Cimanggis-Cibitung ini terdiri dari dua seksi yaitu Seksi 1A ruas Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya/Transyogi (3,17 km) dan Seksi 2 Ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung (23,01 km).

“Untuk yang Seksi 1A pekerjaannya sudah hampir rampung dan saat ini tengah dilakukan proses uji laik fungsi (ULF) yang dilaksanakan oleh tim evaluasi dari lintas instansi Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Kepolisian. Untuk Seksi 2 progres konstruksinya mencapai 73,2 persen dan ditargetkan bulan Maret tahun depan sudah bisa operasional,” ujarnya.

Inilah kebijakan pemerintah yang akan bantu masyarakat agar punya rumah. Selengkapnya nonton yuk di video berikut ini.

Jalan tol Cimanggis-Cibitung ini merupakan ruas tol yang paling ditunggu oleh masyarakat karena akan menambah kelancaran traffic tol Jabodetabek khususnya enam ruas tol yang juga saling terintegrasi sehingga bisa menjadi solusi kemacetan di ruas JORR 1 yang sudah sangat padat.

Kehadiran tol berbiaya Rp3,5 triliun ini juga akan memberikan dampak yang penting untuk mendukung jalur logistik menuju ke kawasan industri. Dengan makin lengkapnya jaringan tol sebagai akses utama kawasan Jabodetabek, selain memperlancar lalu lintas dan memangkas waktu perjalanan sekaligus juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi megapolitan Jakarta dan sekitarnya.

Adapun keenam ruas jalan tol JORR 2 antara lain tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,4 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,6 km), Cimanggis-Cibitung (26,18 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

“Jalan tol Cimanggis-Cibitung ini dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways. Pembangunannya dilakukan dua arah dan masing-masing arah terdiri dari tiga lajur dengan menggunakan perkerasan beton (rigid pavement). Tol ini akan memiliki tujuh pintu masuk dan keluar di Cimanggis, On/Off Transyogi, Cikeas, Narogong, Setu Selatan, Setu Utara, dan On/Off Cibitung,” jelas Endra.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Keuntungan Menggunakan Teknologi Rumah Pintar

RumahCom - Teknologi pada rumah pintar memberi banyak keuntungan mulai dari fungsi pengawasan, keamanan, hingga mampu menghemat penggunaan energi.Di ranah digital, semuanya sudah terkoneksi dengan int

Lanjutkan membacaOktober 12, 2020

SiKasep, SiKumbang, Hingga SiPetruk Bikin Aplikasi Rumah Subsidi Makin Lengkap

RumahCom – PPDPP terus melengkapi aplikasi teknologi untuk kemudahan masyarakat maupun pihak lain mengakses perumahan bersubsidi. Berbagai aplikasi yang dikembangkan juga bukan hanyan memudahkan tap

Lanjutkan membacaOktober 12, 2020

Gandeng Swasta Hingga Akademisi, Pemerintah Serius Kembangkan TOD

RumahCom – Pengembangan konsep hunian yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas hingga transportasi publik (TOD) terus didorong oleh pemerintah. Konsep hunian TOD diyakini bisa mengatasi berbagai

Lanjutkan membacaOktober 12, 2020

Memulai Bisnis Properti Nggak Perlu Ratusan Juta, Seperti Ini Caranya

RumahCom – Banyak yang ingin memiliki maupun berinvestasi di sektor properti tapi terkendala dengan harganya yang cukup tinggi. Pengembang PT Prioritas Land Indonesia mengkreasikan pola bayar yang m

Lanjutkan membacaOktober 12, 2020

Masukan