Bingung Pilih Desain Rumah? Ini Daftar Desain Arsitektur yang Bisa Dipilih

Oktober 14, 2020

RumahCom – Memilih desain untuk rumah memang cukup sulit. Namun dalam memilih desain ada beberapa pertimbangan seperti material, luas, hingga lokasi rumah.

Merencanakan pembangunan rumah membutuhkan waktu yang sangat panjang. Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan agar memiliki rumah yang diidamkan. Salah satu kesulitan saat perencanaan membangun rumah adalah memilih desain yang tepat. Anda mungkin memiliki satu pilihan desain yang diinginkan, namun bisa jadi desain tersebut bukan pilihan yang tepat bagi Anda.

Pada dasarnya memilih desain arsitektur sebuah rumah dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari material bangunan, lokasi rumah yang akan dibangun, hingga jumlah orang yang akan menempatinya. Beragam faktor tersebut tentu membuat Anda bingung memilih desain mana yang paling tepat untuk rumah. Oleh karena itu berikut disajikan beberapa pilihan desain rumah yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda.

1. Cape cod

(Foto: Mymove.com)

(Foto: Mymove.com)

Desain cape cod bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menekan anggaran pembangunan rumah seminimal mungkin. Rumah dengan desain cape cod tampak sederhana dan tidak membutuhkan banyak barang atau ornamen yang sering kali menguras uang di kantong. Cape cod memiliki desain dengan denah terbuka dan berbentuk persegi panjang.

Rumah ini terdiri dari ruang tamu utama terdiri dari dapur dan ruang tamu, dengan beberapa kamar tidur. Karena denah terbuka dan desainnya yang sederhana, rumah ini cenderung lebih mudah untuk dirawat. Bahan utama yang digunakan pada rumah ini adalah kayu. Material ini biasanya memiliki harga yang murah namun memiliki daya tahan yang sangat tinggi.

2. Craftsman

(Foto: Mymove.com)

(Foto: Mymove.com)

Jika Anda menyukai rumah yang memiliki pesona dan karakter yang kuat, maka gaya craftsman bisa menjadi pilihan yang tepat. Rumah ini cukup unik karena ada banyak ornamen-ornamen kecil di dalamnya. Selain itu rumah ini memiliki cukup banyak jendela dengan beberapa pilar di bagian depan. Tipe atapnya pun cukup unik seakan membentuk beberapa lapisan atap.

Pada bagian depan rumah, Anda akan menemui kayu yang cantik dan dipenuhi oleh berbagai bunga. Hal ini membuat rumah craftsman terlihat sangat ramah, hangat, dan nyaman. Rumah ini sangat cocok untuk keluarga yang cukup besar. Selain kesan yang hangat, keluarga akan nyaman berkomunikasi karena denahnya yang terbuka.

3. Rumah Modern dengan halaman luas

(Foto: Mymove.com)

(Foto: Mymove.com)

Gaya rumah ini mungkin yang paling banyak ditemui, terlebih di daerah-daerah perkotaan. Rumah bergaya modern dengan berbagai teknologi canggih dipadukan dengan halaman luas yang dipenuhi banyak tanaman mungkin menjadi salah satu rumah impian Anda. Selain kehadiran teknologi yang memudahkan aktivitas, rumah ini mampu mendukung mereka yang peduli dengan lingkungan. Kehadiran halaman rumah membuat Anda bebas untuk menanam berbagai macam tanaman yang membuat udara rumah menjadi jauh lebih segar.

Selain itu rumah modern banyak yang menggunakan kaca sebagai dinding rumahnya. Selain nampak lebih mewah, kehadiran kaca ternyata bisa menjadi media untuk pencahayaan alami ke rumah. Artinya Anda bisa mengurangi penggunaan lampu sehingga mengurangi penggunaan energi.

4. Kolonial

(Foto: Mymove.com)

(Foto: Mymove.com)

Arsitektur kolonial menampilkan rumah dengan gaya klasik yang mampu membangkitkan nostalgia. Gaya ini sudah ada sejak tahun 1600-an, jadi tidak bergantung pada tren yang selalu berubah. Hal ini membuktikan, hingga kini banyak orang yang gaya kolonial walau sudah berumur sangat tua.

Rumah ini memiliki konstruksi yang kokoh hingga membuatnya tahan terhadap berbagai kondisi. Hal yang unik dari rumah kolonial adalah tampilannya yang megah serta keberadaan jendela yang banyak. Kemegahan dan kemewahan rumah ini didukung dengan keberadaan pilar yang berada tepat di bagian depan rumah.

Sumber: Mymove.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tol Cimanggis-Cibitung Segera Beroperasi, Ini Dampaknya Untuk Kawasan Jabodetabek

RumahCom – Kementerian PUPR akan segera mengoperasikan jalan tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km. Jalan tol ini merupakan bagian dari enam ruas tol JORR 2 yang akan memperlancar arus lalu lint

Lanjutkan membacaOktober 13, 2020

Begini Aplikasi SiPetruk Menjamin Kualitas Perumahan Bersubsidi

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP PPDPP, tengah menyiapkan aplikasi baru SiPetruk setelah SiKasep dan SiKumbang. Aplikasi ini akan semakin memudahkan semua pihak yang membutuhkan akses ke

Lanjutkan membacaOktober 13, 2020

Pengembang Australia Ini Jadikan Indonesia Pasar Pertama Launching Proyeknya

RumahCom – Pengembang Australia Crown Group sangat confident untuk meluncurkan produk terbarunya saat situasi pandemi Covid-19. Indonesia dijadikan kota pertama untuk peluncuran produk terbarunya in

Lanjutkan membacaOktober 13, 2020

Membangun Rumah Tahan Gempa

RumahCom - Beberapa saat lalu peneliti dari ITB dan BMKG menyatakan masyarakat harus mewaspadai kedatangan gempa bumi dan tsunami. Gempa bumi memang sering terjadi di Indonesia, hal ini membuat masyar

Lanjutkan membacaOktober 14, 2020

Masukan