Keuntungan Menerapkan Gaya Industrial Pada Rumah

Boy LeonardOktober 15, 2020

Keuntungan Desain Industrial

RumahCom – Ada banyak keuntungan dari menerapkan gaya industrial pada rumah. Mulai dari hemat anggaran hingga ruangan rumah yang lebih sederhana dan tampak luas.

Gaya industrial saat ini tengah menjadi tren, banyak tempat yang menggunakan konsep ini karena menarik dan unik. Gaya ini juga sering diterapkan pada interior cafe dan restoran. Namun seiring perkembangan zaman, gaya industrial menjadi gaya favorit masyarakat untuk diterapkan pada rumah. Tampilan yang menarik dan dewasa menjadi faktor utama mengapa gaya ini jadi pilihan banyak orang.

Di masa lalu, orang Eropa menggunakan bangunan pabrik yang tidak digunakan sebagai tempat tinggal mereka. Mereka membiarkan tampilan bangunannya tanpa dipoles atau diubah sedikitpun. Hal inilah yang membuat gaya industrial terlihat menarik dan berbeda dengan gaya lainnya. Selain terlihat menarik ada beberapa keuntungan yang didapat dari menerapkan gaya rumah ini, berikut di antaranya.

 Menghemat banyak anggaran Anda

Keuntungan Desain Industrial - 0

(Foto: Roohome.com)

Hal pertama yang biasanya dipertimbangkan dalam menerapkan sebuah desain adalah anggaran yang tersedia. Bagi Anda yang ingin memiliki hunian menarik namun dengan budget yang rendah, maka desain industri menjadi desain yang paling tepat untuk diterapkan.

Kebanyakan dari desain industrial menggunakan barang-barang hasil reklamasi yang digunakan kembali. Misalnya barang-barang dari logam yang didaur ulang tentu sangat menghemat anggaran Anda. Jadi menerapkan desain industrial di rumah bisa menghemat anggaran Anda.

Tampilan yang sederhana

Keuntungan Desain Industrial - 0

(Foto: Roohome.com)

Desain dengan gaya industrial biasanya tampil sederhana dan apa adanya. Tidak membutuhkan banyak barang yang terlalu mewah dan berlebihan. Hal ini membuat kesan yang didapat dari rumah ini tampak dewasa dan maskulin. Mulai dari ruang yang cukup terbuka, tampilan yang sederhana, dan kesan polos yang kuat.

Gaya terbuka pada desain industrial bisa dilakukan pada plafon. Biasanya pada plafon terdapat kayu berjajar atau pipa terbuka. Meski terlihat aneh namun ini merupakan ciri khas gaya industrial. Hal ini juga membuat ruangan Anda terlihat menarik dan berbeda dari yang lain.

Selain itu gaya industrial cenderung apa adanya dan tidak terlihat penuh dengan barang-barang. Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa pada awal gaya industrial, masyarakat Eropa menggunakan bekas pabrik sebagai tempat tinggalnya. Mereka bahkan tidak memberi sentuhan pada bangunan pabrik sehingga batu bata di dinding pabrik terlihat begitu nyata.

Demikian juga pada bagian kamar yang cenderung tampak bersih dan sederhana. Penampilan sederhana sebuah ruangan terkadang terlihat jauh lebih baik dan lebih nyaman. Gaya industrial merupakan salah satu gaya yang dapat membuat suatu ruangan di rumah Anda terasa nyaman. Dekorasi kamar industrial membuat ruangan terlihat sederhana dan terasa lebih luas.

Unsur alam yang menenangkan

Keuntungan Desain Industrial - 0

(Foto: Roohome.com)

Sebagai tempat tujuan saat penat, tentu rumah perlu menjadi tempat yang nyaman dan menyejukkan. Salah satu cara menjadikan rumah sebagai tempat bersantai adalah dengan menambahkan elemen alam pada ruangan.

Dengan gaya industrial, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana menghadirkan nuansa alam ke dalam ruangan. Karena batu bata, kayu, besi, dan alumunium menjadi elemen yang digunakan dalam gaya ini sehingga tampak natural. Anda juga tidak perlu ragu untuk menambahkan tanaman-tanaman di dalam rumah sehingga tampak lebih menyatu dengan alam.

Penampilan Dewasa dan Maskulin

Keuntungan Desain Industrial - 0

(Foto: Roohome.com)

Pria tentunya menginginkan tampilan dewasa dan maskulin bukan? Dan terkadang ini menjadi kendala dalam memilih desain interior untuk rumah mereka. Biasanya desain lainnya terlihat jauh lebih feminim dan manis.

Desain industrial merupakan salah satu desain paling cocok untuk diaplikasikan sebagai desain interior rumah Anda. Perpaduan warna dan penampilan dalam gaya industrial akan terlihat jauh lebih dewasa dan maskulin. Biasanya gaya industrial menggunakan warna netral tidak terlalu menonjol dan tampak tenang. Meski tampilan gaya industrial lebih dewasa dan maskulin bukan berarti gaya ini hanya bisa diterapkan oleh pria saja. Jika Anda seorang wanita yang menyukai tampilan yang keren dan dewasa maka Anda juga bisa memilih desain industrial sebagai desain interior rumah.

Sumber: Roohome.com

Foto utama: Roohome.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Langkah Membuat Ruangan Bergaya Industrial

RumahCom - Desain ruangan bergaya industrial tidak hanya memberikan kesan maskulin, tetapi juga memberikan suasana hunian yang misterius dan berbeda. Bagaimana tidak, konsep industrial sejatinya me

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2016

Tips Desain: Ubah Bangunan Lama Jadi Lebih Modern

RumahCom – Pernahkah Anda terpikir untuk mengubah bangunan lama atau bangunan bekas industri menjadi sebuah tempat tinggal? Jangan salah, metode ini sedang menjadi tren di dunia desain interior, loh

Lanjutkan membacaOktober 3, 2017

Segala Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Desain Industrial

RumahCom - Rumah gaya industrial saat ini sedang menjadi tren. Gaya ini berfokus pada fungsi, penggunaan barang hasil daur ulang, sentuhan logam, hingga penggunaan warna yang netral.Gaya hidup modern

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Masukan