Kegiatan Belajar Menyenangkan untuk Anak di Rumah

Oktober 16, 2020

RumahCom – Kegiatan belajar di rumah tetap bisa dilakukan dengan menyenangkan. Tujuannya agar anak tidak mudah bosan dan menangkap pembelajaran dengan cepat.

Di masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan dari sekolah. Semua kegiatan pembelajaran hanya bisa dilakukan dari rumah. Hal ini tentu menjadi kesulitan sendiri bagi orang tua bagaimana caranya agar anak mendapatkan kualitas belajar yang sama dengan di sekolah. Terlebih orang tua harus mengajarkan banyak pelajaran yang tentu bisa membuat pusing dan melelahkan.

Namun hal tersebut bukan berarti sulit untuk dilakukan. Anak tetap bisa belajar dengan baik di rumah jika dilakukan secara menyenangkan. Kegiatan belajar yang menyenangkan tentu membuat anak jadi jauh lebih tertarik sehingga mereka bisa fokus pada hal yang diajarkan. Selain itu itu, pada usia yang masih kecil anak-anak memang harus lebih banyak bermain namun tetap mendapatkan hal-hal yang baik untuk dipelajari. Berikut ini adalah kegiatan belajar yang menyenangkan untuk anak di rumah yang bisa Anda lakukan.

1. Permainan Pembelajaran

(Foto: Verywellfamily.com)

(Foto: Verywellfamily.com)

Anak bisa belajar dengan baik melalui metode permainan namun mengharuskan anak tetap berpikir. Permainan semacam ini biasanya tetap menyenangkan bagi anak namun mereka secara tidak mempelajari banyak hal. Misalnya Anda bisa mengajarkan tebak gambar, puzzle, mencocokkan warna, buku bergambar, dan banyak lagi lainnya. Permainan tersebut membuat imajinasi mereka bisa berkembang dengan baik.

Namun Anda harus membantu metode dasarnya terlebih dahulu. Bantu mereka untuk mengenali jenis-jenis warna, huruf, angka, hewan, dan lainnya. Dengan begitu anak bisa dengan cepat belajar permainan tadi. Metode ini menjadi cara paling tepat bagi anak untuk mempelajari hal-hal mendasar yang diajarkan di sekolah.

2. Belajar Bahasa Inggris dengan Phonics

(Foto: Verywellfamily.com)

(Foto: Verywellfamily.com)

Bahasa Inggris menjadi dasar pembelajaran yang harus dimiliki setiap anak. Namun terkadang anak kesulitan melakukannya karena tidak tahu bagaimana cara membaca yang baik. Anda bisa menggunakan metode phonics agar mereka mampu mengenali jenis huruf berdasarkan suara yang dihasilkan. Dengan begitu anak bisa siap untuk belajar mengeja dan membaca dalam bahasa Inggris.

Namun mempelajari phonics tidak harus duduk diam tanpa henti membantu mereka mengeja. Hal tersebut tentu akan membuat anak cepat bosan. Maka lakukanlah dengan cara-cara yang menyenangkan. Misalnya mencari sesuatu yang berasal dari huruf tertentu, menebak huruf, membuat jurnal sendiri, dan banyak lagi lainnya,

3. Belajar Menulis

(Foto: Verywellfamily.com)

(Foto: Verywellfamily.com)

Menulis adalah keterampilan yang akan digunakan oleh anak-anak sepanjang mereka bersekolah. Jika mereka mampu menulis dengan baik, maka mempermudah kegiatan-kegiatan belajar lainnya. Namun anak tidak bisa cepat belajar menulis jika mereka tidak mengenali huruf-huruf yang biasa digunakan.

Oleh karena itu ajarkan anak huruf-huruf alfabet, kemudian bantu mereka menuliskannya dalam sebuah kertas. Tidak perlu harus rapi, tulisan acak dan berantakan tidak menjadi masalah yang penting mereka mengenali bentuk tulisan tersebut. Kemudian ajak mereka untuk membentuk huruf tersebut pada Play Doh, sehingga mereka tetap bermain dan belajar. Setelah itu baru Anda membantu mereka untuk merangkai huruf tersebut menjadi sebuah kata-kata.

4. Belajar Berhitung

(Foto: Verywellfamily.com)

(Foto: Verywellfamily.com)

Mengajari anak berhitung juga penting untuk kemampuan matematika anak. Jangan biarkan pelajaran ini menjadi hal yang menyebalkan dan menakutkan bagi mereka. Justru Anda bisa mengajarkan anak cara berhitung dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan mereka sukai. Hal ini akan membuat anak lebih cepat menangkap apa yang diajarkan, tidak mudah bosan, tetap antusias, dan cepat memahami matematika dengan baik.

Jangan biarkan anak belajar berhitung dengan hanya melafalkannya saja. Menurut penelitian, anak akan mudah cepat berpikir jika ada objek yang dipraktekkan sebagai alat hitung. Objek yang digunakan sebaiknya mainan-mainan penuh warna yang menyenangkan juga.

Sumber: Verywellfamily.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Segala Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Desain Industrial

RumahCom - Rumah gaya industrial saat ini sedang menjadi tren. Gaya ini berfokus pada fungsi, penggunaan barang hasil daur ulang, sentuhan logam, hingga penggunaan warna yang netral.Gaya hidup modern

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Keuntungan Menerapkan Gaya Industrial Pada Rumah

RumahCom - Ada banyak keuntungan dari menerapkan gaya industrial pada rumah. Mulai dari hemat anggaran hingga ruangan rumah yang lebih sederhana dan tampak luas.Gaya industrial saat ini tengah menjadi

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Pandemi Belum Pergi, Ini Kata Pengembang Soal Pasar Perumahan

RumahCom – Minat masyarakat untuk membeli rumah, hingga akhir kuartal III/2020, tetap ada meski pandemi COVID-19 belum sirna.Commercial and Business Development Director AKR Land Alvin Andronicus me

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Kabar Baik, Program Sejuta Rumah Bidik Milenial!

RumahCom – Generasi Milenial kini jadi salah satu target program sosialisasi Program Sejuta Rumah yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Sekretaris Ditjen Perumahan

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Ruas Tol Layang Kepala Gading-Pulogebang Ditargetkan Rampung Pertengahan Tahun Depan

RumahCom – Kementerian PUPR terus mengebut pekerjaan enam ruas jalan tol dalam Kota Jakarta. Pandemi membuat pekerjaan infrastruktur ini molor tapi ditargetkan untuk ruas Kelapa Gading-Pulogebang ak

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Masukan