Manfaat Cahaya Matahari yang Masuk ke Dalam Rumah

Oktober 16, 2020

RumahCom – Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah memberi banyak manfaat. Mulai dari rumah yang ramah lingkungan, kesehatan tubuh, bahkan hingga meningkatkan produktivitas kerja.

Sinar matahari sudah terbukti bermanfaat baik bagi rumah. Banyak aspek positif dari cahaya matahari yang rasanya sulit untuk diabaikan. Mulai dari pencahayaan alami yang mengurangi penggunaan lampu listrik hingga cahaya matahari mampu membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. Hal yang menjadi permasalahan adalah bagaimana caranya agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan baik.

Sebagai sumber utama cahaya di bumi, sinar matahari ternyata memiliki manfaat penting, termasuk di dalam rumah. Sinar matahari mampu membunuh virus dan bakteri dengan baik, mencegah udara yang terlalu lembab, dan mampu membasmi jamur. Untuk itu sinar matahari ternyata sangat diperlukan. Selain itu apalagi manfaat dari sinar matahari? Simal penjelasannya berikut ini.

1. Ramah lingkungan

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sinar matahari mampu mengganti lampu listrik saat siang hari. Hal ini membuat pemanfaatan sinar matahari menjadi salah satu langkah untuk menyelamatkan lingkungan. Dengan berkurangnya pemakaian energi, maka penggunaan bahan bakar dan eksploitasi lingkungan juga turut berkurang. Hal yang mudah seperti ini ternyata memberi manfaat yang besar bagi lingkungan.

Selain itu, sinar matahari akan sangat baik jika rumah memiliki insulasi. Istilah insulasi merupakan metode untuk menyerap panas yang dihasilkan oleh matahari. Tujuannya agar rumah tidak terlalu panas saat musim panas, dan terlalu dingin saat musim dingin. Hal ini akan mendorong Anda untuk mengurangi pemanas ruangan yang menggunakan energi listrik dalam jumlah besar.

2. Bermanfaat bagi kesehatan

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Sejak dulu, Anda pasti dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Ternyata hal tersebut bermanfaat bagi kesehatan. Paparan sinar matahari memberi banyak manfaat kesehatan. Mulai dari peningkatan vitamin B dan D, baik untuk kesehatan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat udara menjadi lebih segar.

3. Ekonomis

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Pemanfaatan cahaya matahari sebagai penerangan di kala siang ternyata berdampak juga dari sisi ekonomi. Tagihan listrik yang biasanya cukup banyak untuk lampu dan alat penerangan lainnya, maka kini Anda bisa lebih menghemat. Matahari di Indonesia bisa bersinar cerah sepanjang hari sekitar 12 jam. Waktu yang panjang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menggunakan pencahayaan dengan sinar matahari.

Cara agar matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan baik adalah dengan membuat jendela lebih terbuka. Jika memiliki tirai, maka bukalah tirai tersebut saat pagi hari. Selain itu, rumah yang memiliki dinding kaca lebih mempermudah cahaya masuk ke dalam rumah.

4. Manfaat psikologi

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Selain untuk kesehatan tubuh, cahaya matahari ternyata mampu memberi dampak positif secara psikologi. Kesan yang hangat dan tenang tentu cocok bagi mereka yang menyukai suasana nyaman dan lembut. Kegiatan seperti membaca buku atau menggambar tentu lebih menarik dan menenangkan bila ada cahaya matahari.

Tidak hanya rasa hangat dan tenang saja, sinar matahari ternyata mampu memberi rasa optimisme di dalam rumah. Kondisi ini bagi beberapa bisa menimbulkan kesan energik dan positif sehingga efektif untuk kegiatan-kegiatan yang produktif. Sebuah studi yang dilakukan oleh Loyola University menemukan bahwa orang yang bekerja di bawah sinar matahari memiliki kekuatan kognitif jangka pendek yang lebih baik daripada mereka yang bekerja dalam gelap. Dengan begitu tentu Anda mendapatkan manfaat dengan meningkatnya produktivitas kerja.

Sumber: Cherwellwindows.co.uk

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Refe16rensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Segala Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Desain Industrial

RumahCom - Rumah gaya industrial saat ini sedang menjadi tren. Gaya ini berfokus pada fungsi, penggunaan barang hasil daur ulang, sentuhan logam, hingga penggunaan warna yang netral.Gaya hidup modern

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Keuntungan Menerapkan Gaya Industrial Pada Rumah

RumahCom - Ada banyak keuntungan dari menerapkan gaya industrial pada rumah. Mulai dari hemat anggaran hingga ruangan rumah yang lebih sederhana dan tampak luas.Gaya industrial saat ini tengah menjadi

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Pandemi Belum Pergi, Ini Kata Pengembang Soal Pasar Perumahan

RumahCom – Minat masyarakat untuk membeli rumah, hingga akhir kuartal III/2020, tetap ada meski pandemi COVID-19 belum sirna.Commercial and Business Development Director AKR Land Alvin Andronicus me

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Kabar Baik, Program Sejuta Rumah Bidik Milenial!

RumahCom – Generasi Milenial kini jadi salah satu target program sosialisasi Program Sejuta Rumah yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Sekretaris Ditjen Perumahan

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Ruas Tol Layang Kepala Gading-Pulogebang Ditargetkan Rampung Pertengahan Tahun Depan

RumahCom – Kementerian PUPR terus mengebut pekerjaan enam ruas jalan tol dalam Kota Jakarta. Pandemi membuat pekerjaan infrastruktur ini molor tapi ditargetkan untuk ruas Kelapa Gading-Pulogebang ak

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Masukan