Ada Peningkatan Land Value Yang Signifikan Di Sekitar Kawasan TOD

Oktober 16, 2020

RumahCom – Ada banyak efisiensi dan efektivitas dalam pengembangan kawasan TOD. Hasil studi ADB di kota-kota ASEAN juga menunjukan ada peningkatan land value untuk  properti di jangkauan kawasan TOD.

Pemerintah telah menggaungkan untuk pengembangan hunian berbasis sarana transportasi publik atau transit oriented development (TOD) untuk mengatasi berbagai problem di kawasan perkotaan. Berbagai aturan hingga proyek percontohan pun telah disisapkan dan pemerintah juga terus mendorong kalangan pengembang untuk menerapkan konsep TOD ini.

Ada banyak efisiensi dari pengembangan kawasan TOD perkotaan seiring semakin langka dan mahalnya lahan-lahan perkotaan sehingga penggunaannya harus optimal. Pengembangan konsep TOD juga sangat positif berdasarkan hasil studi yang dilakukan Asian Development Bank (ADB) mengenai kawasan berorientasi TOD.

Studi ADB tahun 2019 mengenai kawasan TOD menyebutkan, terjadi peningkatan harga mencapai 30 persen pada properti  komersial dalam catchment (jangkauan) area di kawasan TOD kota-kota di Asia Tenggara yaitu Jakarta, Bangkok, dan Manila. Untuk moda raya terpadu (MRT) Jakarta misalnya, peningkatan nilai properti komersial di catchment area-nya mencapai 30 persen.

Menurut Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar, studi ADB ini telah mengungkapkan kenaikan nilai properti di sebuah area yang tadinya belum ada sarana transportasi publik dan langsung meningkat setelah adanya transportasi publik masal seperti MRT.

Adanya MRT membuat kemudahan dalam mobilitas. Lalu bagaimana dampak MRT pada kenaikan properti? Jawabannya ada di video berikut ini ya.

“Tentunya ini menjadi fakta yang menarik, karena peningkatan nilai lahan atau land value capture di tiga kota yaitu Jakrta, Bangkok, dan Manila bisa naik hingga 30 persen dalam radius 700-800 m dari stasiun MRT sementara untuk properti residensial kenaikannya mencapai lima persen. Sebaliknya nilai properti di luar jangkauan transportasi publik malah turun hingga 15 persen dari harga eksisting dan harga residensial turun hingga delapan persen,” ujarnya.

Berdasarkan studi ini, jelas William, bisa disimpulkan kalau transportasi publik masal perkotaan bisa membuat efektivitas dan land value menjadi meningkat. Land value di kawasan-kawasan yang dilintasi transportasi publik seperti MRT akan terus meningkat signifikan untuk berbagai kebutuhan properti komersial maupun residensial.

Hal ini juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengembangkan kawasan berorientasi TOD di sekitaran stasiun MRT. Ada banyak efektivitas yang bisa didapatkan dengan pengembangan kawasan TOD karena mengintegrasikan transportasi publik, bangunan, ruang-ruang publik, dan kegiatan maupun lifestyle masyarakat.

Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai panduan rancang kota (PRK) di kawasan TOD Stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, dan Blok M-ASEAN. Panduan ini juga akan diterapkan pada desain proyek MRT fase kedua untuk rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Ancol.

“Ada banyak manfaat dari pengembangan kawasan TOD khususnya di sepanjang stasiun MRT. Selain mengurangi kemacetan dengan signifikan karena mengurangi kendaraan pribadi juga bisa mereduksi polusi udara, mendorong efisiensi, penghematan bahan bakar, aktivitas berjalan kaki yang lebih tinggi, dan sebagainya. Juga akan banyak bisnis dan perekonomian yang tumbuh di dalam kawasan TOD,” beber William.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kabar Baik, Program Sejuta Rumah Bidik Milenial!

RumahCom – Generasi Milenial kini jadi salah satu target program sosialisasi Program Sejuta Rumah yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Sekretaris Ditjen Perumahan

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Ruas Tol Layang Kepala Gading-Pulogebang Ditargetkan Rampung Pertengahan Tahun Depan

RumahCom – Kementerian PUPR terus mengebut pekerjaan enam ruas jalan tol dalam Kota Jakarta. Pandemi membuat pekerjaan infrastruktur ini molor tapi ditargetkan untuk ruas Kelapa Gading-Pulogebang ak

Lanjutkan membacaOktober 15, 2020

Mengenal Arsitektur Gotik

RumahCom - Arsitektur Gotik memiliki ciri khas yang cukup unik dibandingkan bangunan lainnya. Kubah bergaris dengan banyak lengkungan runcing menjadi ciri yang paling mudah dilihat dari arsitektur ini

Lanjutkan membacaOktober 16, 2020

Kegiatan Belajar Menyenangkan untuk Anak di Rumah

RumahCom - Kegiatan belajar di rumah tetap bisa dilakukan dengan menyenangkan. Tujuannya agar anak tidak mudah bosan dan menangkap pembelajaran dengan cepat.Di masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar

Lanjutkan membacaOktober 16, 2020

Manfaat Cahaya Matahari yang Masuk ke Dalam Rumah

RumahCom - Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah memberi banyak manfaat. Mulai dari rumah yang ramah lingkungan, kesehatan tubuh, bahkan hingga meningkatkan produktivitas kerja.Sinar matahari suda

Lanjutkan membacaOktober 16, 2020

Masukan