Sektor Properti Yang Tetap Tumbuh Saat Pandemi

Oktober 19, 2020

RumahCom – Sektor properti masih mencatatkan angka pertumbuhan yang positif terhadap PDB saat situasi pandemi Covid-19. Sudah sangat tepat pemerintah menjadikan properti sebagai leading sector  karena industri ikutan yang mencapai 170-an sektor sehingga bisa menggerakkan perekonomian.

Sektor properti masih mencatatkan pertumbuhan yang positif terhadap PDB Indonesia sebesar 2,3 persen. Hal ini menunjukan bisnis properti dengan 170-an industri ikutannya telah bisa menggerakkan perekonomian di saat situasi bisni menghadapi banyak kendala akibat pandemi Covid-19.

Hal ini harus bisa dimanfaatkan untuk terus mendorong perekonomian bisa lebih bergerak. Pemerintah juga telah menyadari ini dengan menyebut properti sebagai leading sector dan akan terus memberikan berbagai stimulus maupun regulasi untuk merangsang sektor ini terus bergerak dan berimbas pada sektor lainnya.

Menurut Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury, dengan berbagai tantangan yang dihadapi sektor properti khususnya pada periode kuartal kedua 2020 ini, nyatanya properti masih bisa menyumbang pertumbuhan positif dan ini bisa dijadikan penggerak saat situasi krisis saat ini.

“Dari sektor pembiayaan properti masih ada peluang tumbuh yang cukup besar dan itu tidak terlepas dari berbagai stimulus yang dikeluarkan pemerintah termasuk stimulus untuk Bank BTN sebesar Rp1,5 triliun untuk memperbesar penyaluran KPR. Pembiayaan perumahan yang lebih besar akan semakin meningkatkan sektor riil dan ekonomi akan semakin bergerak,” ujarnya.

Bank BTN misalnya, masih mencatatkan pertumbuhan KPR yang positif mencapai 5,65 persen hingga bulan Agustus 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan penambahan alokasi untuk penyaluran KPR bersubsidi, Bank BTN juga telah menjadi institusi terbesar untuk pembiayaan program pembangunan sejuta rumah dengan menyumbang hampir 800 ribu unit dari total realisasi program sejuta rumah.

Temukan alasan mereka membeli rumah menggunakan KPR lewat video berikut ini.

“Untuk itu kami terus mengembangkan berbagai fitur baru untuk terus mendorong penyerapan produk KPR kami, misalnya fitur graduated payment mortgage (GPM) untuk KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) yang baru saja kami rilis,” imbuhnya.

Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN Hirwandi Gafar menambahkan, untuk terus meningkatkan pertumbuhan KPR Bank BTN, berbagai inovasi produk dan promo khusus yang menarik juga terus diberikan sehingga masyarakat yang selama ini menunda bisa segera merealisasikan pembelian rumahnya.

“Kami juga terus menjalin kerja sama dengan pengembang untuk mengeluarkan program maupun promo cara bayar yang menarik. Hingga saat ini ada banyak proyek perumahan yang telah menjalin kerja sama dengan kami sehingga ada lebih banyak kemudahan yang didapatkan bila membeli saat ini. Bila properti tetap bergairah saat situasi pandemi ini, perekonomian nasional kita akan lebih baik,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ada Peningkatan Land Value Yang Signifikan Di Sekitar Kawasan TOD

RumahCom – Ada banyak efisiensi dan efektivitas dalam pengembangan kawasan TOD. Hasil studi ADB di kota-kota ASEAN juga menunjukan ada peningkatan land value untuk  properti di jangkauan kawasan TO

Lanjutkan membacaOktober 16, 2020

Saat Pandemi, Sektor Properti Masih Tumbuh 2,3 Persen

RumahCom – Sektor properti masih mencatatkan pertumbuhan positif saat situasi pandemi sementara sektor lain negatif. Karena itu pemerintah akan terus memberikan stimulus dan relaksasi untuk terus me

Lanjutkan membacaOktober 16, 2020

Hingga Q3 2020, Seluruh Sektor Properti Masih Stagnan

RumahCom – Pasar properti untuk periode triwulan ketiga 2020 belum menunjukann pergerakan yang berarti. Di hampir semua sektor properti situasinya masih stagnan hingga periode ini walaupun ada beber

Lanjutkan membacaOktober 16, 2020

Subsektor Logistik Indonesia Masih Tangguh, Ini Buktinya

RumahCom – JLL indonesia merilis fakta bahwa tingkat okupansi subsektor properti logistik secara rata-rata berada di kisaran 89 persen hingga kuartal III/2020.Head of Research Jones Lang LaSalle (JL

Lanjutkan membacaOktober 16, 2020

Stimulus Sektor Properti Mampu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

RumahCom - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) makin gencar menggenjot penyaluran kredit di sektor perumahan meskipun pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi, dalam tiga bulan terakhir menuju akhir 2020. Me

Lanjutkan membacaOktober 16, 2020

Masukan