Membuat Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

Boy LeonardOktober 19, 2020

Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

RumahCom – Udara sejuk di rumah tentu sangat nyaman untuk beristirahat. Karena penggunaan AC kurang baik bagi kesehatan dan lingkungan, bisa mencoba beberapa alternatif lain untuk membuat rumah terasa lebih sejuk.

Memiliki rumah yang sejuk tentu menjadi keinginan hampir semua orang. Rumah dengan kondisi udara yang sejuk terasa lebih nyaman sehingga aktivitas tetap lancar. Selain itu udara sejuk juga membuat Anda tidak cepat berkeringat dan terkadang membuat badan tidak nyaman.

Biasanya setiap orang menggunakan AC sebagai cara untuk mempertahankan kesejukan rumah. Padahal penggunaan AC secara terus menerus sepanjang hari tidak sehat bagi tubuh. Selain itu AC juga membuat anggaran listrik selalu membengkak setiap bulannya. AC jadi pilihan yang kurang ramah lingkungan karena kandungan pendingin pada AC ternyata bisa merusak lapisan udara. Oleh karena itu Anda perlu mencari alternatif untuk mendinginkan ruangan tanpa menggunakan AC. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Ubah warna interior rumah

Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

(Foto: Pixabay.com)

Umum sekali melihat bagian dalam rumah yang dicat menggunakan warna-warna terang, seperti putih, kuning, dan hijau. Namun, ternyata warna-warna tersebut lebih cocok digunakan di luar ruangan, karena sifatnya yang memantulkan panas. Jadi mulailah dengan mengganti warna interior rumah Anda untuk mendapatkan suhu dan kelembaban ruangan yang lebih nyaman. Anda bisa memilih warna-warna yang sedikit gelap karena bisa menyerap panas dengan baik.

Tak ada AC, Kipas pun jadi

Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

(Foto: Pixabay.com)

Tidak perlu biaya mahal untuk mengubah ruangan rumah menjadi tempat lebih nyaman untuk ditinggali. Cukup siapkan wadah berisikan es batu atau bunga es, lalu posisikan di depan kipas angin Anda dengan jarak yang tepat. Anda akan merasakan udara sejuk dengan butiran es ketika kipas dinyalakan.  Cara ini tentu bisa Anda lakukan saat sedang beristirahat karena udara yang sangat panas. Ketika es habis Anda bisa segera menggantinya.

Biarkan udara malam masuk melalui ventilasi

Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

(Foto: Pixabay.com)

Terkadang Anda pasti berpikir bahwa angin malam yang masuk dari luar rumah sangat berbahaya. Namun sebenarnya angin malam membawa udara  dengan tekanan lebih rendah dibandingkan udara dalam ruangan sehingga membuat suhu ruangan lebih nyaman untuk ditinggali. Jadi, jangan tutup semua ventilasi dengan rapat biarkan beberapa terbuka agar udara bisa masuk ke dalam rumah.

Ubah posisi barang dan benda dalam ruangan rumah

Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

(Foto: Pixabay.com)

Selain memperbaharui pemandangan dan mencegah kebosanan pada bagian dalam rumah. Mengubah posisi barang dan benda sangat membantu untuk memperlancar proses keluar masuknya udara dari dalam ke luar rumah. Jangan Biarkan barang-barang yang besar seperti lemari menghalangi jalur keluar masuk udara, karena akan membuat kondisi rumah semakin panas.

Pintu dan jendela adalah sumber utama udara bersih

Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

(Foto: Pixabay.com)

Memilih pintu dan jendela yang tepat adalah mutlak bagi Anda yang ingin memiliki kenyamanan menghirup udara segar dalam rumah. Hindari untuk memilih kusen pintu dan jendela dengan pori-pori kayu yang rapat. Sebaliknya,gunakan bahan pintu dan jendela yang lebih fleksibel sehingga tidak menghambat udara masuk ke dalam rumah.

Mulailah memperhatikan diri saat berada di rumah.

Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

(Foto: Pixabay.com)

Gantilah pakaian Anda ketika baru sampai dari luar rumah. Gunakan bahan pakaian yang menyerap keringat. Ganti secara berkala sprei, gorden, dan taplak meja. Anda juga bisa menyediakan semangkuk air berisi es di bawah tempat tidur, untuk menyejukkan bagian kaki jika suhu kamar terasa lebih hangat.

Pencahayaan yang tepat

Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

(Foto: Pixabay.com)

Salah satu elemen lain jika ingin rumah Anda terasa lebih sejuk adalah dengan menyesuaikan penggunaan lampu  pada setiap ruangan. Gunakan lampu tidur dengan warna redup atau remang-remang, karena  hal tersebut dipercaya akan menstimulasi otak Anda untuk menurunkan panas tubuh.

Sumber: Hufftpost.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pilih Air Cooler atau AC? Ketahui bedanya!

RumahCom - Jika Anda tak ingin seluruh ruangan di rumah menggunakan AC - mungkin dengan alasan sedikit berhemat - air cooler tentunya bisa menjadi pilihan. Berbeda dengan kipas angin yang memang h

Lanjutkan membacaAgustus 29, 2016

Agar AC Rumah Tahan Hingga 10 Tahun

RumahCom - AC (air conditioner) atau pendingin ruang kini menjadi kebutuhan utama dalam sebuah hunian, apalagi di daerah tropis seperti Indonesia. Bukan tidak mungkin dalam satu rumah sebuah AC dinyal

Lanjutkan membacaFebruari 24, 2017

Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memasukkan Jendela Pada Desain Rumah

Rumah.com - Jendela menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah rumah. Fungsi utamanya sebagai bagian dari sirkulasi udara agar rumah selalu mendapatkan udara segar. Sementara fungsi la

Lanjutkan membacaAgustus 12, 2020

Masukan