Ini Cara yang Tepat untuk Menjaga Rumah tetap Segar

Boy LeonardOktober 19, 2020

Rumah Tetap Segar

RumahCom – Udara segar di dalam rumah tentu membuat siapapun merasa jadi jauh lebih nyaman. Rumah yang memiliki udara segar bisa mendukung aktivitas Anda dan keluarga dengan baik.

Rasanya menjaga rumah tetap bersih seringkali sulit untuk dilakukan. Beberapa orang bahkan cenderung abai untuk membersihkan rumah. Hasilnya, rumah menjadi tampak kotor dan memiliki udara yang kurang sedap. Hal ini tentu berpengaruh buruk tidak hanya pada estetika dan kenyamanan rumah, namun bisa mengganggu kesehatan seseorang. Penting rasanya untuk menjaga rumah tetap segar dan bersih sepanjang hari.

Biasanya penyebab rumah menjadi kotor dan bau datang dari dapur yang kurang bersih, sampah yang berserak, hewan peliharaan yang tidak terawat, hingga ruangan yang kurang rapi. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja jika ingin mendapatkan rumah yang tenang dan nyaman. Karena rumah bersih dan udaranya yang segar bisa mendukung kegiatan di rumah dengan baik. Oleh karena itu berikut adalah cara yang tepat dalam menjaga rumah tetap segar dan bersih.

Hilangkan sumber bau

 Rumah Tetap Segar

(Foto: Pixabay.com)

Cara paling efektif untuk menjaga rumah tetap wangi dan segar adalah menghilangkan sumber baunya. Ada banyak sumber bau di dalam rumah mulai dari dapur, kamar mandi, sampah, sisa makanan di kulkas, karpet kotor, dan banyak lagi lainnya. Anda harus segera membersihkan sumber-sumber bau tersebut secara rutin sehingga rumah menjadi lebih segar.

Pastikan sumber bau tersebut benar-benar dihilangkan hingga tidak bersisa. Sisa-sisa sampah organik terkadang masih menimbulkan bau walau sudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan cairan pembersih kimia sehingga kotoran tersebut tidak tersisa. Lakukan pemeriksaan setidaknya seminggu sekali untuk mencegah sumber bau muncul kembali di dalam rumah.

Menggunakan pewangi ruangan

 Rumah Tetap Segar

(Foto: Pixabay.com)

Pewangi ruangan menjadi cara paling efektif dalam menyingkirkan bau dengan cepat. Lilin wangi, semprotan pengharum, dan gantungan pengharum adalah beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan di rumah. Mendapatkannya pun tidak sulit, Anda bisa membelinya di toko atau supermarket terdekat.

Lilin yang memiliki aroma wangi efektif untuk menghilangkan bau yang berasal dari memasak, penggunaan toilet, dan bahkan asap rokok. Di sisi lain, semprotan pengharum ruangan bagus di setiap bagian rumah. Anda juga bisa menggunakan dupa jika ingin menghilangkan bau busuk yang cukup menyengat.

Letakkan tanaman di dalam rumah

 Rumah Tetap Segar

(Foto: Pixabay.com)

Beberapa tanaman ternyata dapat digunakan sebagai pembersih udara. Kehadiran tanaman di rumah akan membuat udara menjadi terasa lebih segar dan tidak pengap. Selain membuat ruangan jadi lebih segar, tanaman di dalam rumah bisa menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh pernapasan manusia.

Beberapa tanaman yang dapat menyegarkan udara dengan baik adalah bunga lili, pohon palem, geranium, melati, gardenia, kayu putih, dan anggrek korsase. Anda bisa menempatkan tanaman tersebut di berbagai tempat di dalam rumah. Selain bermanfaat bagi udara, kehadiran tanaman tentu akan memperindah interior rumah dengan baik.

Ventilasi udara yang baik

 Rumah Tetap Segar

(Foto: Pixabay.com)

Sirkulasi udara yang baik membuat rumah menjadi jauh lebih segar. Hal ini disebabkan ada perputaran udara sehingga kondisi udara di dalam rumah selalu diganti dengan udara segar. Oleh karena itu Anda perlu memasang ventilasi udara dengan baik agar mendapatkan udara segar di rumah.

Ventilasi yang baik seringkali diabaikan oleh pemilik rumah. Padahal fungsinya bisa membuat udara di dalam rumah jadi jauh lebih segar. Anda bisa menempatkan ventilasi di seluruh penjuru ruangan. Sebaiknya ventilasi dipasang pada bagian luar rumah dengan area terbuka dan tidak ada penghalang.

Sumber: Freshhomeguide.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Manfaat Luar Biasa Memasang Aquarium Di Rumah

RumahCom - Akuarium cocok bagi Anda yang ingin memelihara hewan di rumah, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diri.Sejak bulan Maret 2020, dunia dilanda pandemi Covid-19. Hal ini menyebabkan

Lanjutkan membacaJuli 23, 2020

Buat Rumah Lebih Nyaman dengan Menambah Aksesoris Berikut

RumahCom - Menghadirkan suasana yang nyaman dan tenang di dalam rumah, tidak memerlukan berbagai perabotan mahal. Cukup menambah beberapa aksesoris yang tepat, bisa meningkatkan rasa nyaman dan tenang

Lanjutkan membacaSeptember 10, 2020

Membuat Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

RumahCom - Udara sejuk di rumah tentu sangat nyaman untuk beristirahat. Karena penggunaan AC kurang baik bagi kesehatan dan lingkungan, bisa mencoba beberapa alternatif lain untuk membuat rumah terasa

Lanjutkan membacaOktober 19, 2020

Masukan