Inilah Cara Meningkatkan Kenyaman Rumah

Boy LeonardOktober 20, 2020

Tips Rumah Lebih Nyaman

RumahCom – Kenyamanan di dalam rumah adalah hal yang terpenting untuk dicapai. Anda bisa mendapatkanya rumah yang nyaman mulai dari menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan.

Setiap orang pasti memiliki rumah idaman masing-masing. Namun rumah idaman tidak selalu nyaman untuk ditempati. Hubungan antara keindahan, kebersihan, dan kerapian rumah merupakan bentuk terbaik dari kenyamanan itu sendiri. Hal yang paling penting adalah bagaimana Anda dapat menata perabotan sesuai pada tempat kegunaannya. Rumah yang nyaman ditentukan oleh beberapa kriteria, antara lain seperti berikut ini.

  • Bersih

Kebersihan rumah merupakan cerminan diri pemiliknya. Alangkah baik jika Anda selalu membersihkan perabotan, lantai, dan seluruh sudut rumah secara teratur. Rumah bersih pasti terhindar dari debu dan kotoran serta penyakit. Tentu menyenangkan bila pola kebersihan Anda terapkan mulai sekarang

  • Aman

Rumah yang nyaman tentunya harus aman. Baik secara internal maupun eksternal. Aman secara internal artinya rumah tersebut  sehat untuk ditinggali, sedangkan aman secara eksternal merujuk kepada keadaan lingkungan di luar rumah.

  • Kelancaran aerasi dan drainase

Aerasi merujuk kepada kondisi rumah dengan ventilasi yang baik, sehingga udara masuk keluar dengan lancar. Sedangkan drainase mengarah pada proses pembuangan limbah atau air dari dalam rumah, sehingga tidak menyebabkan penumpukan di kemudian hari

  • Hubungan kekeluargaan yang baik

Kriteria ini sangat bergantung pada suasana rumah tangga masing-masing keluarga. Karena bisa saja rumahnya nyaman, namun penghuni di dalamnya tidak harmonis. Sehingga menjadi penting untuk mewujudkan keharmonisan antara setiap penghuni di dalam sebuah rumah.

Terlepas dari beberapa kriteria di atas, Anda sebenarnya dapat melakukan beberapa cara untuk memastikan rumah tetap nyaman sepanjang hari. Tujuannya tentu agar Anda bisa tetap memiliki mood yang baik sehingga tetap produktif seperti biasa.

1. Desain Interior

Tips Rumah Lebih Nyaman

(Foto: Pixabay.com)

Anda bisa mulai mengganti warna cat dinding rumah untuk menambah rasa nyaman saat beristirahat. Pilihlah warna-warna yang lebih terang atau kombinasikan beragam warna dengan tepat untuk menghadirkan kesan ceria dalam rumah Anda. Selain itu, ubah letak posisi perabotan dalam ruangan, agar menghadirkan pemandangan baru yang lebih baik. Jangan lupa pula untuk menambahkan beberapa pernak-pernik hiasan pada bagian rumah yang terlihat kosong.

2. Memaksimalkan ruang yang ada

Tips Rumah Lebih Nyaman

(Foto: Pixabay.com)

Apabila Anda memiliki ruang kosong tak terpakai dalam rumah, sebaiknya mengalihfungsikan ruangan tersebut menjadi area baru dalam rumah. Seperti kantor pribadi, ruang gym, atau kamar bermain anak. Dengan begitu ada suasana baru dalam rumah yang tentu membuat Anda semakin merasa nyaman.

3. Hadirkan bunga atau tanaman

Tips Rumah Lebih Nyaman

(Foto: Pixabay.com)

Anda bisa menempatkan bunga hidup atau tanaman hias ke dalam rumah. Pilihlah tanaman yang enak dipandang, seperti bunga kertas ragam warna, sukulen, tanaman penyegar ruangan, dan banyak lagi lainnya. Selain menambah nilai estetika dalam ruangan. Keberadaan bunga atau tanaman hias dapat menstimulasi mood baik. Jadi cocok sekali bagi Anda yang punya kesulitan mengontrol mood ketika berada dalam rumah.

4. Peliharaan

Tips Rumah Lebih Nyaman

(Foto: Pixabay.com)

Kucing atau anjing adalah hewan domestik yang sangat tepat untuk dijadikan peliharaan. Keberadaan peliharaan dalam rumah tentunya menghadirkan suasana baru. Namun jika Anda kurang menyukai peliharaan  yang bergerak bebas, disarankan untuk memelihara burung dalam sangkar atau ikan dalam akuarium.

5. Barang-barang Antik dan Berkesan

Tips Rumah Lebih Nyaman

(Foto: Pixabay.com)

Setiap perabotan tentu memiliki sejarahnya masing-masing. Ada baiknya jika Anda memisahkan barang barang personal dengan furniture lainnya. Selain lebih layak untuk ditempatkan di ruang berbeda. Pemisahan tersebut juga berguna untuk menjaga privasi Anda sebagai pemilik rumah. Karena tidak semua orang bisa bebas menikmati barang personal milik Anda.

Sumber: Houzz.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Manfaat Luar Biasa Memasang Aquarium Di Rumah

RumahCom - Akuarium cocok bagi Anda yang ingin memelihara hewan di rumah, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diri.Sejak bulan Maret 2020, dunia dilanda pandemi Covid-19. Hal ini menyebabkan

Lanjutkan membacaJuli 23, 2020

Membuat Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

RumahCom - Udara sejuk di rumah tentu sangat nyaman untuk beristirahat. Karena penggunaan AC kurang baik bagi kesehatan dan lingkungan, bisa mencoba beberapa alternatif lain untuk membuat rumah terasa

Lanjutkan membacaOktober 19, 2020

Ini Cara yang Tepat untuk Menjaga Rumah tetap Segar

RumahCom - Udara segar di dalam rumah tentu membuat siapapun merasa jadi jauh lebih nyaman. Rumah yang memiliki udara segar bisa mendukung aktivitas Anda dan keluarga dengan baik.Rasanya menjaga rumah

Lanjutkan membacaOktober 19, 2020

Masukan