Pemerintah Juga Kembangkan Stimulus Pembiayaan Perumahan Untuk Non MBR, Seperti Apa?

Oktober 20, 2020

RumahCom – Pemerintah terus menggodok program stimulus fiskal untuk memudahkan kalangan non MBR mengakses perumahan. Saat ini program perumahan baru menyentuh kalangan MBR sementara kalangan non MBR juga banyak yang kesulitan terhadap akses pembiayaan perumahan.

Pemerintah telah mengeluarkan rupa-rupa program perumahan untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sejak tahun 2015 lalu misalnya, pemerintah telah mengeluarkan program pembangunan sejuta rumah dengan memberikan program KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk MBR dengan bunga fixed 5 persen selama tenor kreditnya.

Bukan hanya ini, program perumahan yang lain juga ada bantuan prasarana sarana utilitas (PSU) untuk kalangan pengembang yang membangun rumah bersubsidi, program subsidi bantuan uang muka (SBUM), subsidi selisih bunga (SSB), Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), dan program lainnya.

Hampir semua program ini ditujukan untuk kalangan MBR dengan gaji di bawah Rp5 juta/bulan. Sementara itu, program pemerintah untuk sektor perumahan ingin bisa menyentuh sebanyak-banyaknya kalangan pekerja baik untuk segmen MBR maupun non MBR. Karena pada kenyataannya, kalangan non MBR yang bergaji di bawah Rp10 juta pun mengalami kesulitan mengakses pembiayaan perumahannya.

Menurut Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Rumah Umum dan Komersial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khresnariza Harahap, pemerintah juga terus berupaya untuk memberikan akses pembiayaan kepada kalangan pekerja non MBR tapi untuk itu dibutuhkan data yang lengkap terkait kalangan ini.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

“Sekarang untuk MBR bisa mengakses perumahan menggunakan aplikasi Sistem Informasi KPR Bersubsidi Perumahan (SiKasep) sementara untuk yang non subsidi belum ada dan ini juga menjadi concern pemerintah. Untuk itu dibutuhkan data sehingga kami bisa merumuskan kebijakan maupun memberikan stimulus fiskal yang tepat bukan hanya untuk MBR tapi yang non MBR juga,” ujarnya.

Berbagai data ini seperti minat masyarakat terkait produk perumahan komersial, penghasilan yang menentukan kesanggupan daya beli maupun cicilan per bulannya, hingga lokasi terkait kantong-kantong pekerja yang membutuhkan hunian. Dalam hal ini juga termasuk kalangan pekerja honorer yang dikategorikan sebagai semi fixed income yang akan diberikan program KPR Honorer.

Menurut Khresna, di Jakarta saja ada sekitar tiga juta warga yang memiliki penghasilan di atas Rp6 juta dari kalangan swasta dan ini merupakan pasar yang besar sehingga oleh pemerintah akan diupayakan supaya bisa mengakses KPR. Beberapa usulan juga terus muncul terkait program bantuan stimulus fiskal untuk kalangan non MBR ini namun semuanya membutuhkan data yang lengkap.

“Salah satu usulannya yaitu menawarkan konsep rumah tumbuh sehingga yang dibayar sesuai dengan kemampuan dan seiring peningkatan penghasilan rumahnya bisa terus dikembangkan. Usulan lainnya dengan debit guarantee yang mengharuskan pengembang membeli kembali produknya untuk yang gagal bayar. Beberapa pola lainnya juga terus dikembangkan tapi semuanya butuh data supaya stimulus untuk kalangan non MBR ini juga bisa segera keluar,” tandasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Cara yang Tepat untuk Menjaga Rumah tetap Segar

RumahCom - Udara segar di dalam rumah tentu membuat siapapun merasa jadi jauh lebih nyaman. Rumah yang memiliki udara segar bisa mendukung aktivitas Anda dan keluarga dengan baik.Rasanya menjaga rumah

Lanjutkan membacaOktober 19, 2020

Inilah Cara Meningkatkan Kenyaman Rumah

RumahCom - Kenyamanan di dalam rumah adalah hal yang terpenting untuk dicapai. Anda bisa mendapatkanya rumah yang nyaman mulai dari menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan.Setiap orang pasti memi

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Cara Agar Selalu Bahagia di Rumah

RumahCom - Aktivitas yang dilakukan secara terus menerus memang akan membuat bosan dan jenuh. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa aktivitas untuk diri sendiri hingga melakukan sesuatu yang

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Tips Olahraga yang Mudah dan Murah di Rumah

RumahCom - Memiliki tubuh yang sehat adalah sebuah kewajiban. Namun untuk tetap sehat tidak perlu melakukan aktivitas olahraga dengan peralatan mahal.Menjaga tubuh tetap sehat memang menjadi tanggung

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Hitung-hitungan Tapera Untuk Bonus Demografi Tahun 2025

RumahCom – Indonesia sudah memasuki masa bonus demografi yang puncaknya akan terjadi pada tahun 2025 mendatang. Hal ini membawa kesempatan yang besar untuk sektor properti dan akan berimbas pada ter

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Masukan