Masyarakat Sangat Berharap Dengan Program DP Nol Rupiah Pemprov DKI Jakarta

Oktober 20, 2020

RumahCom – Ekspektasi masyarakat yang tinggi akan program DP nol rupiah yang dicanangkan oleh Gubernur Anies Baswedan harus bisa dijawab oleh Pemprov DKI. Ada banyak potensi dari wilayah Jakarta yang bisa dimaksimalkan untuk pengembangan hunian masyarakatnya.

Saat masa pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta tahun 2017 lalu, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang terpilih untuk masa jabatan 2017-2022. Dalam salah satu janji kampanyenya, pasangan ini mengeluarkan program perumahan untuk masyarakat Jakarta dengan program DP nol rupiah.

Di tengah berbagai kontroversi program DP nol rupiah ini, Gubernur Anies telah berupaya untuk merealisasikan janji kampanyenya dengan meresmikan program hunian nol rupiah di Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit dan Bandar Kemayoran, Pademangan, Jakarta Timur, juga di Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat.

Jakarta Chamber of Commerce & Industry atau Kadin DKI Jakarta mengapresiasi program perumahan dari Pemprov DKI Jakarta ini. Tapi menurut Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi, program yang baik ini masih jauh dari ekspektasi masyarakat yang sangat berharap dengan kemudahan DP nol rupiah sehingga bisa memudahkan masyarakat mengakses huniannya.

“Kami tentunya memahami berbagai kendala dalam pelaksanaan program ini terlebih harga lahan di Jakarta yang sudah sangat mahal. Tapi dengan ekspektasi masyarakat yang begitu besar mestinya pemerintah lebih fokus pada pelaksanaan program ini. Sejauh ini untuk masa jabatan yang sudah masuk tahun ketiga, kami melihat program ini baru berjalan sekitar 30 persen dan itu tentunya masih jauh dari yang diharapkan,” ujarnya.

Pelemahan bisnis properti yang diperparah dengan situasi pandemi seharusnya bisa terus meningkatkan semangat pemprov untuk menjalankan program yang sangat diminati oleh masyarakat ini. Banyaknya penundaan proyek fisik akibat pandemi seharusnya juga bisa menjadi evaluasi untuk menjalankan program ini dengan lebih baik.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Diana juga mengapresiasi Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria yang menyatakan akan melibatkan pihak swasta untuk bersama-sama membangun Jakarta. Bahkan, untuk penataan kawasan kumuh juga disebut Riza memiliki potensi yang besar dan itu bisa menjadi kesempatan untuk kalangan pengembang ikut menggarapnya.

Jakarta juga memiliki beberapa kelebihan terkait potensi perekonomiannya yang besar. Saat situasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pemerintah menerapkan relaksasi PSBB di Jakarta, pergerakan kunjungan ke berbagai sentra ekonomi di Jakarta selalu menunjukan peningkatan yang terlihat dari laporan traffic Google.

“Di Kadin DKI Jakarta ada banyak anggota kami yang juga berkecimpung di berbagai asosiasi perumahan. Kami selalu mendorong pengusaha di sektor pengembangan properti ini untuk selalu menjalin sinergi dengan pihak pemerintah termasuk untuk pengembangan kawasan transit oriented development (TOD) karena bisa meningkatkan efisiensi lahan yang sudah sangat tinggi harganya dan mendukung program pemerintah pusat,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cara Agar Selalu Bahagia di Rumah

RumahCom - Aktivitas yang dilakukan secara terus menerus memang akan membuat bosan dan jenuh. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa aktivitas untuk diri sendiri hingga melakukan sesuatu yang

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Tips Olahraga yang Mudah dan Murah di Rumah

RumahCom - Memiliki tubuh yang sehat adalah sebuah kewajiban. Namun untuk tetap sehat tidak perlu melakukan aktivitas olahraga dengan peralatan mahal.Menjaga tubuh tetap sehat memang menjadi tanggung

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Hitung-hitungan Tapera Untuk Bonus Demografi Tahun 2025

RumahCom – Indonesia sudah memasuki masa bonus demografi yang puncaknya akan terjadi pada tahun 2025 mendatang. Hal ini membawa kesempatan yang besar untuk sektor properti dan akan berimbas pada ter

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Pemerintah Juga Kembangkan Stimulus Pembiayaan Perumahan Untuk Non MBR, Seperti Apa?

RumahCom – Pemerintah terus menggodok program stimulus fiskal untuk memudahkan kalangan non MBR mengakses perumahan. Saat ini program perumahan baru menyentuh kalangan MBR sementara kalangan non MBR

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Masukan