Membuat Rumah Lebih Sejuk dengan Tanaman Rambat

Wahyu ArdiyantoOktober 25, 2020

Membuat Rumah Lebih Sejuk dengan Tanaman Rambat

RumahCom – Pada saat musim panas, beberapa daerah di Indonesia akan terasa sangat panas. Bahkan di musim hujan sekalipun saat matahari bersinar terik, rasa panas tetap menyengat. Hal ini membuat sebagian besar orang berpikir untuk menggunakan pendingin ruangan di dalam rumah, misalnya AC.

Padahal penggunaan AC yang berlebih tidak baik untuk lingkungan serta membuat tagihan listrik jadi meningkat. Pilihan yang baik dan tepat dalam membuat rumah jadi jauh lebih dingin adalah dengan menghalangi sinar matahari langsung ke rumah. Salah satu caranya dengan menggunakan tanaman rambat.

Tanaman rambat menjadi pilihan terbaik jika Anda tidak memiliki cukup ruang untuk menanam pohon. Kehadiran tanaman rambat akan seperti dinding hijau yang menghalangi sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah.

Tanaman rambat, seperti kebanyakan tanaman lain mampu membuat udara di dalam rumah jadi lebih sejuk. Tanaman ini mampu menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia.

Ramah Lingkungan dan Mengurangi Tagihan Listrik

Seperti dibahas sebelumnya, penggunaan pendingin ruangan yang berlebihan akan membuat tagihan listrik menjadi meningkat. Selain itu ada dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan. Memilih tanaman rambat tentu menjadi solusi yang lebih ramah lingkungan. Kehadiran tanaman rambat mampu membuat ruangan dalam rumah jadi lebih sejuk namun tidak ada biaya tambahan dan tidak ada kerusakan lingkungan yang ditimbulkan.

Mempercantik Rumah

Selain baik untuk kesejukan di dalam rumah, tanaman rambat juga mampu memberi nilai estetika yang tinggi. Jika Anda menggunakan tanaman rambat pada bagian dinding luar, maka rumah akan tampak lebih cantik. Ada berbagai pilihan tanaman rambat yang bisa Anda pilih disesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa tanaman rambat juga akan sangat cantik saat berbunga dan berbuah. Misalnya ada anggur dan kacang-kacangan. Kedua tanaman tersebut juga bisa Anda manfaatkan buahnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Persiapan Tanam

Sama seperti tanaman lainnya, tanaman rambat juga memerlukan persiapan sebelum ditanam. Hal ini agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan optimal dalam memberi kesejukan dalam rumah. Pertama Anda harus menentukan tanaman rambat jenis apa yang Anda pilih. Ada banyak sekali jenis tanaman rambat, Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan tempat untuk ditanam.

Kemudian Anda menyiapkan penyangga tempat tanaman untuk tumbuh. Contohnya anggur membutuhkan penyangga agar bisa tumbuh dengan baik. Anda juga bisa mengatur sedemikian rupa agar tanaman bisa tumbuh sebagai dinding atau sebagai kanopi. Tentu keduanya memiliki keunggulan yang sama dalam mendinginkan rumah.

Memilih Tanaman yang Sesuai

Jika Anda masih cukup kesulitan dalam memilih tanaman yang sesuai untuk rumah, maka cobalah untuk melakukan eksperimen. Sebelumnya Anda harus memilih dulu apakah tanaman rambat digunakan sebagai dinding rumah atau kanopi. Kemudian lihat bagaimana perkembangan tanaman tersebut, apakah cukup lebat dan cepat atau sebaliknya. Setelah itu Anda harus merasakan juga apakah dengan kehadiran tanaman rambat yang Anda pilih rumah terasa lebih sejuk atau tidak.

Setelah mengetahui hasilnya dan kurang puas, Anda bisa mengganti jenis tanaman rambatnya semusim kemudian. Banyak tanaman rambat tahunan, seperti bunga bulan dan mandevilla, adalah tanaman tropis yang tumbuh cepat dengan bunga berwarna cerah yang dapat menahan kerasnya musim panas di selatan.

Sumber: Miraclegro.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ada Perubahan Kuota Dana FLPP Untuk 28 Bank Penyalur

RumahCom – Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin mengungkapkan, kuota dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang dialokasikan untuk 28 bank pen

Lanjutkan membacaOktober 24, 2020

Pemerintah Beri Pesan Ini Untuk Pengembang Rumah Bersubsidi

RumahCom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberi pesan kepada pengembang agar pembangunan rumah bersubsidi harus memiliki kualitas bangunan dan pelayanan yang baik."Tidak han

Lanjutkan membacaOktober 24, 2020

Ini yang Perlu Dilakukan Saat akan Membeli Rumah Baru

RumahCom - Memiliki rumah baru tentu menjadi cita-cita banyak orang. Namun saat akan membeli rumah, kadang-kadang kita menjadi tidak teliti hingga ada beberapa hal yang terlewatkan. Hal ini tentu akan

Lanjutkan membacaOktober 24, 2020

Masukan