Seperti Ini Caranya Membuat Ruang Keluarga Terasa Lebih Luas

Wahyu ArdiyantoOktober 26, 2020

Cara membuat ruang keluarga terasa lebih luas

RumahCom – Umumnya ruang keluarga dianggap hampir sama dengan ruang tamu. Padahal sebenarnya tidak seperti itu, ruang keluarga lebih mengarah pada private room yang Anda gunakan untuk berkumpul atau bersantai bersama keluarga. Sedangkan ruang tamu merupakan bagian rumah yang Anda sediakan untuk menyambut tamu.

Memang tidak ada salahnya pula, jika Anda menggunakan satu ruangan yang sama untuk 2 fungsi yang berbeda. Apalagi tipe dan desain rumah yang berbeda-beda pasti memengaruhi bentuk ruangan yang Anda miliki. Tergantung bagaimana Anda memilih dan membagi ruangan rumah untuk memiliki fungsi masing-masing.

Masalahnya muncul apabila ruangan rumah Anda tidak berbentuk simetris. Ruang keluarga akan menjadi terasa sempit dan memanjang, hal ini membuat Anda dan keluarga kehilangan ruang yang cukup untuk berkumpul bersama. Namun, jangan biarkan keterbatasan ruang menjadi penghambat Anda untuk berkreasi.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati keterbatasan tersebut.

1. Menciptakan batas pemisah ruang

Memang terdengar seperti hal yang sia-sia, karena ruangan yang sempit justru dibuat batas pemisah. Jangan khawatir, ini adalah sebuah cara logis yang bisa Anda terapkan. Coba bayangkan sebuah ruangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang tidak terlalu luas.

Bila Anda membagi sama rata keduanya dengan sekat pemisah, akan tercipta 2 ruangan baru yang bisa Anda gunakan untuk fungsi yang berbeda.

2. Menyesuaikan tata letak perabotan

Cara ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Mulailah memisahkan perabotan berdasarkan ukurannya. Upayakan untuk menempatkan perabotan besar pada bagian tepi ruangan. Lakukan penataan ulang untuk perabotan kecil yang Anda miliki.

Jangan lupa untuk menyimpan benda-benda yang tidak diperlukan pada tempatnya untuk menghemat lebih banyak ruang. Anda juga perlu memperhatikan letak perabotan agar tidak menjadi penghalang saat orang keluar-masuk.

3. Memilih furniture yang cocok untuk ruangan Anda

Ini memerlukan kemampuan Anda untuk menilai furnitur mana yang pantas dan cocok ditempatkan pada ruangan. Memilih meja yang tepat untuk diletakkan pada ruang keluarga, atau kursi seperti apa yang layak untuk diduduki tamu Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih sofa berbentuk L yang cocok diletakkan pada sudut ruangan. Sofa tipe ini lebih fit dengan kondisi ruangan dengan banyak siku. Selain itu, Anda juga bisa membeli meja multifungsi dengan banyak rak di dalamnya untuk menyimpan barang lain.

4. Memasang cermin besar pada dinding

Cermin akan menimbulkan kesan ruangan lebih luas saat diletakkan di ruang sempit. Distribusi atau penyaluran cahaya dalam ruangan menjadi lebih lancar. Sehingga sudut-sudut ruangan menjadi lebih terang.

Itulah sebabnya beberapa cafe atau pusat pertokoan di mall banyak menggunakan cermin untuk menyiasati ruangan yang sempit. Namun Anda harus lebih berhati-hati menempatkan posisi cermin apabila masih memiliki anak balita, karena bisa saja ketika mereka bermain tak sengaja memecahkan cermin tersebut.

5. Menambahkan karpet dengan motif pola

Dalam dunia fashion, mungkin Anda sudah pernah tahu bahwa pakaian dengan strip horizontal akan membuat orang yang kurus menjadi tampak lebih berisi, sedangkan pakaian berpola vertikal akan membuat orang yang berisi akan membuatnya tampak lebih kurus.

Konsep ini ternyata bisa Anda gunakan saat memilih karpet untuk ruangan keluarga yang sempit. Apalagi ruangan Anda memanjang dan berukuran kurang lebar. Sebaiknya gunakanlah karpet bermotif dengan pola strip vertikal yang dapat menciptakan kesan ruang yang lebih lebar, dan berlaku juga sebaliknya.

Sumber: Apartmenttherapy.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ada Perubahan Kuota Dana FLPP Untuk 28 Bank Penyalur

RumahCom – Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin mengungkapkan, kuota dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang dialokasikan untuk 28 bank pen

Lanjutkan membacaOktober 24, 2020

Pemerintah Beri Pesan Ini Untuk Pengembang Rumah Bersubsidi

RumahCom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberi pesan kepada pengembang agar pembangunan rumah bersubsidi harus memiliki kualitas bangunan dan pelayanan yang baik."Tidak han

Lanjutkan membacaOktober 24, 2020

Ini yang Perlu Dilakukan Saat akan Membeli Rumah Baru

RumahCom - Memiliki rumah baru tentu menjadi cita-cita banyak orang. Namun saat akan membeli rumah, kadang-kadang kita menjadi tidak teliti hingga ada beberapa hal yang terlewatkan. Hal ini tentu akan

Lanjutkan membacaOktober 24, 2020

Masukan