Inilah Kegiatan Menyenangkan Bersama Keluarga di Rumah

Wahyu ArdiyantoOktober 28, 2020

Inilah Kegiatan Menyenangkan Bersama Keluarga di Rumah

RumahCom – Menjalin hubungan yang baik dengan anggota keluarga lain perlu dilakukan. Agar ikatan yang terjalin semakin kuat dan baik bagi keluarga Anda. Komunikasi yang saling terbuka menjadi salah satu cara yang paling efektif.

Anda perlu membuat semua anggota keluarga nyaman, termasuk anak-anak, agar mereka bisa terbuka terhadap yang lain. Dengan begitu seluruh anggota keluarga bisa menyampaikan keluh kesah mereka.

Untuk melatih agar anak jadi lebih terbuka, Anda bisa mengajak mereka melakukan berbagai kegiatan menyenangkan di dalam rumah. Jangan biarkan anak-anak larut dalam benda-benda elektronik. Selain tidak sehat, hal tersebut membuat anak jadi semakin tertutup.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Dampaknya tentu anak akan menghindari aktivitas sosial. Oleh karena itu berikut adalah kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di rumah bersama keluarga.

1. Membuat mainan kardus

1. Membuat mainan kardus

Anda bisa menjadikan kardus tersebut menjadi rumah-rumahan atau jadi bentuk mobil yang ukurannya besar. (Foto: Lifehack.org)

Anak-anak tentu sangat menyukai mainan, baik itu murah atau mahal mereka tampak senang memilikinya. Salah satu cara untuk membuat mainan untuk anak di rumah adalah dengan menggunakan kardus bekas. Kardus tentu bisa dengan mudah Anda dapatkan di rumah atau membelinya di toko bekas.

Memanfaatkan kardus jadi mainan tentu jauh lebih murah dan menyenangkan. Anda bisa menjadikan kardus tersebut menjadi rumah-rumahan atau jadi bentuk mobil yang ukurannya besar.

Kemudian Anda bisa mengajak anak-anak untuk ikut membantu membuat mainan tersebut demi melatih kreativitas serta anak jadi lebih aktif. Mainan tersebut tentu sangat menyenangkan buat mereka sehingga layak Anda coba.

2. Mewarnai bersama

2. Mewarnai bersama

Biarkan anak mewarnai gambar tersebut sesuka mereka, jangan dipaksa untuk terlalu mengikuti aturan yang kaku. (Foto: Lifehack.org)

Anak-anak sangat menyukai sesuatu yang colorful, sehingga mengajak mereka untuk mewarnai adalah pilihan yang tepat. Kegiatan ini selain melatih kreativitas dan imajinasi anak, bisa dimanfaatkan untuk memperkuat daya ingat mereka.

Saat mewarnai cobalah ajak mereka untuk menanyakan warna apa saja yang digunakan. Hal ini tentu baik juga untuk menjalin komunikasi yang baik. Anda bisa membeli buku bergambar yang siap diwarnai.

Biarkan anak mewarnai gambar tersebut sesuka mereka, jangan dipaksa untuk terlalu mengikuti aturan yang kaku. Anda juga bisa membantu anak membuat gambar yang ingin mereka warnai. Jadi tidak melulu menggunakan buku yang sudah siap digambar saja.

3. Mainkan board game

3. Mainkan board game

Berbagai board game yang bisa Anda mainkan bersama anak mulai dari monopoli, tebak kata, ular tangga, dan banyak lagi lainnya. (Foto: Lifehack.org)

Permainan board game juga disenangi oleh anak-anak. Permainan ini bisa dilakukan oleh banyak orang sehingga ada komunikasi yang terbangun saat bermain. Anda juga bisa mengenali minat dan bakat anak saat bermain.

Karena board game melatih banyak hal seperti kerja sama, pengambilan keputusan, hingga memecahkan masalah. Memang tampak cukup rumit untuk anak-anak, namun layak dicoba. Berbagai board game yang bisa Anda mainkan bersama anak mulai dari monopoli, tebak kata, ular tangga, dan banyak lagi lainnya.

Permainan tersebut dapat dilakukan bersama-sama. Anda juga bisa mengajak anak untuk bermain beberapa kali agar mereka mengetahui peraturannya dengan jelas.

4. Bersantai bersama sambil menonton film

4. Bersantai bersama sambil menonton film

Saat mereka bercerita cobalah untuk mancing mereka mengingat apa saja yang terjadi di dalam film tersebut. (Foto: Lifehack.org)

Menonton film jadi hal yang paling menyenangkan yang bisa dilakukan bersama dengan anak-anak. Mereka bisa menikmati berbagai film animasi atau film keluarga bersama. Film-film tersebut baik untuk kreativitas, imajinasi, daya ingat, dan kemampuan komunikasi anak.

Biasanya setelah menonton film mereka akan coba untuk menceritakannya kembali kepada Anda. Saat mereka bercerita cobalah untuk mancing mereka mengingat apa saja yang terjadi di dalam film tersebut.

Sumber: Lifehack.org

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

RumahCom – Pemerintah tengah menata kawasan Pulau Komodi di NTT untuk dijadikann Taman Komodo Jurassic Park. Kementerian PUPR menjamin penataan kawasan ini menitikberatkan pada keamanan dan habitat

Lanjutkan membacaOktober 27, 2020

Keberlanjutan Pandemi Tak Surutkan Komitmen Pengembang

RumahCom – Seolah menjadi hal lumrah apabila para pengembang memilih untuk wait and see dalam menyikap situasi di masa pandemi. Lesunya perekonomian diikuti daya beli masyarakat yang menurun ditenga

Lanjutkan membacaOktober 27, 2020

Pengembang Optimistis Bisnis Properti Akan Membaik

RumahCom – Kalangan pengembang tetap optimistis menggarap proyeknya saat situasi pandemi terlebih dengan situasi bisnis yang mulai menggeliat setelah pelonggaran PSBB di Jakarta. PT Synthesis Develo

Lanjutkan membacaOktober 27, 2020

Masukan