Tetap Sehat di Rumah Selama Social Distancing

Wahyu ArdiyantoOktober 28, 2020

Tetap sehat di rumah selama social distancing

RumahCom – Selama pandemi Covid-19, semua orang fokus pada pencegahan penyebaran penyakit terus. Mulai dari menggunakan masker, rajin cuci tangan, hingga social distancing. Pemerintah juga menyarankan agar semua orang tetap di rumah dan menghindari aktivitas lain yang kurang penting.

Namun selama social distancing di rumah Anda juga harus tetap menjaga kesehatan dengan baik. Waktu yang lebih lama di rumah tentu harus dimanfaatkan untuk kegiatan produktif. Anda harus menghindari makan makanan tidak sehat seperti junk food, gorengan, dan yang tinggi gula.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Selain itu olahraga juga perlu rutin dilakukan agar tubuh tetap bugar dan sehat. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan di rumah agar tetap sehat selama social distancing? Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Tidur yang cukup

1. Tidur yang cukup

Disarankan untuk tidak tidur melebihi jam 12 malam. (Foto: Pixabay.com)

Selama social distancing, Anda harus memiliki jam tidur yang baik. Walau selalu berada di rumah, bukan berarti menjadi alasan Anda boleh tidur larut dan bangun pada siang hari. Hal tersebut akan mengganggu jam biologis saat tidur.

Hasilnya tubuh akan menjadi mudah lelah, cepat mengantuk, pikiran tidak fokus, bahkan lebih parahnya bisa menyebabkan gangguan jantung hingga stroke. Hal tersebut tentu dapat mengganggu kinerja Anda saat siang hari.

Waktu tidur yang baik adalah selama 7 hingga 9 jam. Anda juga harus memiliki waktu tidur yang konsisten sehingga tubuh bisa tidur dan bangun di waktu yang sama. Disarankan untuk tidak tidur melebihi jam 12 malam.

Agar lebih mudah untuk tidur Anda harus memiliki tubuh dan pikiran yang rileks. Misalnya dengan membaca buku atau mendengarkan musik bisa membuat seseorang jadi cepat tidur.

2. Makan makanan yang seimbang

2. Makan makanan yang seimbang

Anda perlu menyediakan bahan makanan yang sehat seperti sayur, daging, ikan, telur, dan banyak lagi lainnya. (Foto: Pixabay.com)

Pola makan saat di rumah juga penting untuk dijaga. Walau sibuk bekerja di rumah, bukan berarti Anda hanya bisa membeli makanan cepat saji. Makanan tersebut biasanya tinggi lemak dan kalori yang kurang baik bagi kesehatan. Anda perlu menyediakan bahan makanan yang sehat seperti sayur, daging, ikan, telur, dan banyak lagi lainnya.

Agar tidak bosan, cobalah untuk membuat resep baru. Anda bisa memanfaatkan waktu selama di rumah untuk berkreasi dan bereksperimen dengan masakan-masakan baru. Namun pastikan Anda memasak makanan yang kaya nutrisi, mineral, dan tinggi serat sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

3. Rutin olahraga

3. Rutin olahraga

Anda bisa melakukan olahraga pada pagi hari, selain udara yang segar sinar matahari pagi juga sangat baik untuk tubuh. (Foto: Pixabay.com)

Salah satu cara yang efektif agar tetap sehat selama di rumah tentu saja dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih bugar, mood meningkat, fokus, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa melakukan olahraga pada pagi hari, selain udara yang segar sinar matahari pagi juga sangat baik untuk tubuh.

Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan mulai dari lompat tali, bersepeda, lari, renang, yoga, dan banyak lagi lainnya. Walau berat saat awal melakukan olahraga rutin namun manfaatnya sangat baik untuk tubuh.

4. Jalin komunikasi dengan orang lain

4. Jalin komunikasi dengan orang lain

Komunikasi yang baik dengan sahabat atau keluarga ternyata bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Pixabay.com)

Selama social distancing banyak aktivitas yang dikurangi bahkan dilarang demi menghindari resiko penyebaran virus. Hal ini bagi sebagian orang sangat berat karena mereka perlu hubungan sosial yang baik. Oleh karena itu memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain tentu perlu dilakukan.

Komunikasi yang baik dengan sahabat atau keluarga ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan bisa mencegah gangguan penyakit jantung dan stroke. Hubungi sahabat atau saudara Anda saat ada waktu kosong melalui telepon biasa atau video call.

Sumber: Heartandstroke.ca

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

RumahCom – Pemerintah tengah menata kawasan Pulau Komodi di NTT untuk dijadikann Taman Komodo Jurassic Park. Kementerian PUPR menjamin penataan kawasan ini menitikberatkan pada keamanan dan habitat

Lanjutkan membacaOktober 27, 2020

Keberlanjutan Pandemi Tak Surutkan Komitmen Pengembang

RumahCom – Seolah menjadi hal lumrah apabila para pengembang memilih untuk wait and see dalam menyikap situasi di masa pandemi. Lesunya perekonomian diikuti daya beli masyarakat yang menurun ditenga

Lanjutkan membacaOktober 27, 2020

Pengembang Optimistis Bisnis Properti Akan Membaik

RumahCom – Kalangan pengembang tetap optimistis menggarap proyeknya saat situasi pandemi terlebih dengan situasi bisnis yang mulai menggeliat setelah pelonggaran PSBB di Jakarta. PT Synthesis Develo

Lanjutkan membacaOktober 27, 2020

Masukan