Taman Anggrek Kebun Raya Bogor Bakal Keren Seperti Ini

Oktober 28, 2020

RumahCom – Penataan kawasan Taman Anggrek di Kebun Raya Bogor bukan hanya merevitalisasi dari sisi bangunan tapi banyak faktor penting lainnya terkait fungsi ruang terbuka hingga ekologis. Karena itu LIPI dan Kementerian PUPR berpatokan pada masterplan detil untuk menjadikan kawasan ini menjadi tempat terbaik termasuk untuk wisata.

Program revitalisasi dan penataan kawasan wisata maupun tempat-tempat ikonik terus dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementerian PUPR saat ini tengah menyelesaikan tahap akhir penataan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan Taman Anggrek Bogor tidak hanya untuk memberikan dampak positif dari sisi kelengkapan prasarana fisik dan keindahan ruang terbuka hijau publik tapi juga untuk memaksimalkan kontribusi kawasan ini sebagai ruang terbuka hijau untuk konservasi air, tanah, hingga perbaikan kualitas udara kawasan perkotaan.

“Kawasan Kebun Raya Bogor ini sebagai salah satu kawasan konservasi tumbuhan secara ex-situ untuk pelestarian spesies di luar habitat alaminya. Tempat ini juga diharapkan bisa menjadi daerah tangkapan air dan memperkecil aliran permukaan (run off) selama mungkin saat musim hujan,” katanya.

Dengan banyaknya fungsi penting dari kawasan ini, pengelolaan kebun raya yang berada di bawah kewenangan LIPI akhirnya juga didukung oleh Kementerian PUPR. Beberapa hal yang terus ditingkatkan yaitu kualitas infrastruktur di area kebun raya dan ini telah dimulai dengan pembuatan masterplan (rencana induk), perencanaan teknis terperinci, dan lainnya. Sementara itu LIPI membuat konsep pengelolaan dan pengembangan kebun raya secara nasional sesuai roadmap dan kebutuhannya.

Cari tau ulasan wilayah pasar properti kawasan SCBD; Sawangan, Bojongsari, Cinere, dan Depok lewat video berikut ini.

Ruang lingkup penataan kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor akan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, hingga mekanikal elektrikal plumbing (MEP). Saat ini tengah dibangun rumah kaca induk seluas 6.813 m2 dan Laboratorium Kultur Jaringan seluas 1.560 m2. Dengan fasilitas yang tersedia ini Taman Anggrek Bogor memiliki fungsi konservasi tumbuhan, penelitian, dan layak menjadi tujuan wisata edukasi.

Proyek penataan ini telah dimulai sejak akhir tahun 2019 lalu dan hingga saat ini progres fisiknya telah mencapai 76 persen dengan target selesai pada akhir tahun ini. Biaya pembangunan proyek ini berasal dari APBN tahun anggaran 2020 sebesar Rp35 miliar.

“Kebun Raya Bogor ini memiliki luas mencapai 87ha dengan jumlah koleksi tumbuhan mencapai 12.531 spesimen. Pengembangan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor ini lebih menekankan pada pelaksanaan lima fungsi kebun raya yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan. Dengan program tersebut selain menambah luasan ruang terbuka hijau juga memberikan manfaat bagi keberlangsungan fungsi ekologis dan sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat,” beber Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah Kegiatan Menyenangkan Bersama Keluarga di Rumah

RumahCom - Menjalin hubungan yang baik dengan anggota keluarga lain perlu dilakukan. Agar ikatan yang terjalin semakin kuat dan baik bagi keluarga Anda. Komunikasi yang saling terbuka menjadi salah sa

Lanjutkan membacaOktober 28, 2020

Cara Menjaga Atap Rumah Agar Lebih Tahan Lama

RumahCom - Teriknya panas matahari, angin kencang, serta guyuran hujan yang datang bisa membuat kualitas atap rumah menurun. Lambat laun ketahanan atap pun berkurang, sehingga potensi kerusakan pada a

Lanjutkan membacaOktober 28, 2020

Beberapa Hal Yang Buat Bisnis Properti Menggeliat: Pelonggaran Perjalanan Hingga Omnibus Law

RumahCom – Beberapa pelonggaran terkait pembatasa aktivitas yang dilakukan karena pandemi Covid-19 telah memberikan angin segar bagi bisnis properti. UU Cipta Kerja yang baru diberlakukan juga diyak

Lanjutkan membacaOktober 28, 2020

Asosiasi Pengembang Ini Akan Buat Rating Kualitas Perumahan

RumahCom – Kalangan pengembang melalui asosiasi bisa saling mengingatkan antar anggota terkait bisnis hingga kualitas produk. Asosiasi Himperra DKI Jakarta akan membuat rating dan piala bergilir unt

Lanjutkan membacaOktober 28, 2020

Masukan