REI Optimistis, Covid Berlalu, Harga Properti Kembali Tinggi

RumahCom – Realestat Indonesia optimistis harga properti akan melonjak begitu pandemi Covid-19 usai. Mereka yakin bahwa masyarakat akan memandang properti dengan harga tinggi saat virus Corona mereda.

“Memang dari masyarakat sendiri melihatnya bahwa ketika pandemi Covid berakhir pasti akan terjadi lonjakan harga properti,” ujar Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida dalam diskusi daring, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Rabu, 28 Oktober 2020.

Totok menilai, potensi terjadi lonjakan harga yang disebabkan sejak 2013 sampai hari ini relatif harga properti stagnan. Biasanya harga stagnan dalam sektor properti terjadi selama 2-3 tahun, tapi sekarang terjadi dalam 6–7 tahun.

Dia melanjutkan, masyarakat juga menyaksikan investor asing sudah melakukan persiapan untuk membuka perumahan baru di Indonesia, misalnya di Tangerang Selatan, sehingga muncul optimisme.

Totok mengatakan, penjualan properti pada kuartal II sempat turun, tetapi pada kuartal III sudah meningkat lagi. Dia mengilustrasikan, Summarecon menjual tiga klaster perumahan yang langsung habis dalam sehari. Kemudian, Ciputra melakukan penjualan akhir-akhir ini sangat laku keras.

“Yang namanya pandemi pasti awal dan akhir, kita optimistis melalui pameran Property Fiesta Virtual Expo 2020 penjualannya luar biasa karena masyarakat sudah menilai sendiri inilah momentum yang tepat untuk membeli properti,” tuturnya.

Totok memperkirakan, tren peningkatan investasi properti berlanjut sampai dengan akhir 2020. “Selama ini investasi properti mengalami peningkatan dan ini akan berlanjut sampai dengan akhir tahun.”

Menurut dia, hal ini dikarenakan para pengembang mengikuti perkembangan kabar terkait kehadiran dan distribusi vaksin Covid-19 di Indonesia. “Begitu vaksinasi Covid dilaksanakan secara massal, pasti perekonomian berjalan.”

Tren investasi yang dibidik oleh para pengembang saat ini memang lebih mengarah ke harga properti maksimal Rp1,5 miliar, baik itu rumah tapak maupun high rise.

“Nilai properti mereka tidak lebih dari harga tersebut, karena melihat kondisi pandemi Covid-19,” kata dia.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

Sumber foto utama: Unsplash.com

KIRIM KOMENTAR