Mengenal Southern Architecture, Rumah Kebun Khas Amrik

Boy LeonardOktober 29, 2020

Southern Architecture, Rumah Kebun Khas Amrik

RumahCom – Southern architecture menjadi salah satu rumah yang unik di Amerika. Namun saat ini jumlah rumah yang menerapkan arsitektur ini sudah jauh berkurang.

Southern architecture disebut juga sebagai “arsitektur antebellum,” yang didefinisikan sebagai rumah-rumah besar di area pertanian atau perkebunan. Rumah ini memiliki beranda besar yang melingkari, miring, tangga eksterior, jendela besar, dan kolom-kolom yang terinspirasi desain khas Yunani. Antebellum sendiri berarti sebelum perang dalam bahasa Latin, yang menandakan rumah ini dibangun sebelum perang sipil pada tahun 1860an.

Di Amerika sendiri ada banyak gaya arsitektur yang diterapkan pada rumah-rumah setempat. Mulai dari Eropa, Yunani, Mediterania, dan banyak lagi lainnya. Namun bagi mereka yang tinggal di area perkebunan, lebih memilih membangun rumah dengan gaya southern architecture.

Gaya ini dipilih karena lebih praktis dan sederhana, serta mampu memenuhi kebutuhan para petani di sana. Serambi yang besar memberi perlindungan bagi panasnya matahari di daerah bagian selatan, jendela besar memungkinkan angin sepoi-sepoi melewati rumah, begitu pula tangga dan lorong luar. Selain itu dan langit-langit tinggi memungkinkan panas naik di dalam rumah sehingga menjaga ruang tamu tetap dingin.

Elemen yang Utama dari Southern Architecture

Rumah dengan desain ini hanya sedikit tersisa, sehingga jarang untuk bisa ditemui. Namun ada beberapa ciri khusus yang membuat Anda bisa mengenali southern architecture. Ciri-ciri khusus tersebut antara  lain:

Bentuk eksterior persegi dan simetris

Sebagian besar rumah bergaya southern architecture memiliki struktur persegi dengan pintu depan berpusat di tengah. Pintu pada bagian luar sering kali diapit oleh jendela tinggi atau memiliki French door  untuk memudahkan akses ke ruang tamu di luar. French door sendiri adalah sebuah pintu yang biasanya sepasang dengan konstruksi ringan menggunakan panel kaca memanjang.

Ruang bawah tanah yang ditinggikan

Hujan deras dan badai sering terjadi di bagian selatan Amerika, sehingga banyak rumah yang memiliki ruang bawah tanah sebagai langkah antisipasi. Ruang bawah tanah ini tidak hanya melindungi ruang utama dari banjir, tetapi juga menyediakan ruang penyimpanan tambahan bagi penghuninya.

Teras yang besar

Mungkin elemen yang paling dikenali dari rumah bergaya southern architecture adalah serambi melingkar yang menyediakan area teduh untuk duduk bersantai. Pada hari-hari yang sangat panas, teras yang besar ini mampu memberi  perlindungan dari matahari, dan selama musim hujan, mereka melindungi ruangan di dalam rumah dari hujan dan banjir.

Pilar yang terinspirasi dari gaya Yunani

Terinspirasi dari bangunan gaya Yunani yang terkenal, banyak rumah dengan gaya southern architecture memiliki pilar yang kokoh dan megah di bagian luar rumah. Pilar tersebut digunakan untuk menopang beranda atau balkon lantai dua. Kehadiran pilar pada rumah juga membuatnya menjadi lebih kokoh dan megah.

Langit-langit rumah yang tinggi

Langit-langit tinggi berkubah tidak hanya membuat rumah southern architecture tampak megah, tetapi juga membantu mengurangi panas dan kelembaban yang menumpuk di dalam rumah. Tingginya langit-langit rumah membuat panas naik ke atas, sehingga dibuat kubah untuk menangkap udara panas di atas ruang keluarga. Hal ini membuat rumah tetap terasa sejuk walau saat musim panas sekalipun.

Tangga yang berkelok

Bagian eksterior rumah biasanya terdapat sepasang tangga yang berkelok menuju ke pintu depan. Tangga ini memperkuat bentuk persegi dan simetris dari rumah. Hal ini juga memperkuat kesan megah dari rumah southern architecture.

Sumber: Thespruce.com

Foto utama: Thespruce.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Tips Mendesain Taman Minimalis

RumahCom - Taman minimalis sangat cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman. Taman minimalis juga tidak luas, sehingga mudah dalam perawatannya. Membuat taman minimalis, A

Lanjutkan membacaOktober 27, 2014

Wow, Rumah Mungil di Gang Sempit Cipulir Dapat Penghargaan dari New York!

RumahCom - Ada yang menarik dari sebuah rumah kecil di tengah pemukiman padat kota Jakarta sampai-sampai menarik mata dunia. Rumah ini bernama 'The Twins', dan desainnya mendapatkan penghargaan dari a

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2020

Mengenal Arsitektur Mediterania

RumahCom - Rumah dengan gaya arsitektur Mediterania dulunya hanya sebuah rumah yang memanfaatkan tanah liat dan jerami sebagai material bangunan. Namun kini, rumah Mediterania menjadi simbol kemewahan

Lanjutkan membacaOktober 7, 2020

Cara Menjaga Atap Rumah Agar Lebih Tahan Lama

RumahCom - Teriknya panas matahari, angin kencang, serta guyuran hujan yang datang bisa membuat kualitas atap rumah menurun. Lambat laun ketahanan atap pun berkurang, sehingga potensi kerusakan pada a

Lanjutkan membacaOktober 28, 2020

Masukan