Perusahaan Ini Ajak Pengembang Siapkan Pengolahan Sampah Biodigester

Boy LeonardNovember 2, 2020

Perusahaan Ini Ajak Pengembang Siapkan Pengolahan Sampah Biodigester

RumahCom – Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sampah, PT Mountrash Avatar Indonesia, mengajak pengembang untuk membangun perumahan yang dilengkapi fasilitas pengolahan sampah dengan metode biodigester di setiap rumah.

“Sampah organik tidak boleh keluar dari rumah. Developer seharusnya membangun biodegester di setiap rumah. Sampah bisa diolah untuk menghasilkan listrik, bisa untuk memasak, hingga mengisi baterai mobil listrik,” ujar CEO Mountrash Gideon W. Ketaren dalam keterangannya, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Senin, 2 November 2020.

Gideon menerangkan, fasilitas pengolahan sampah lebih bermanfaat karena berguna untuk mengolah sampah yang dihasilkan dari perumahan atau pemukiman warga. Ke depan, dirinya berharap semua pengembang properti melengkapi fasilitas green building dalam setiap perumahan untuk mengolah sampah.

Menurut pendiri startup pengelolaan sampah tersebut, sampah di perumahan tak boleh dibawa keluar dan harus diolah agar digunakan kembali di kawasan tersebut. Hal ini sekaligus mengajak partisipasi warga dalam mengatasi sampah dan sekaligus mendayagunakan dengan pengolahan di perumahan.

Gideon menilai, pengolahan sampah di setiap rumah bisa dimulai dengan membangun biodigester yaitu pengolahan sampah dengan metode mengubah limbah organik menjadi biogas.

Untuk itu, setiap pengembang yang membangun perumahan baru wajib menyertakan biodigester atau fasilitas lainnya sehingga semua sampah organik dari rumah bisa diolah dan dimanfaatkan lagi di setiap rumah warga tersebut.

Gideon menjelaskan, pembangunan fasilitas pengolah sampah biodigester sejalan dengan konsep green building sekaligus menciptakan ekonomi sirkular. Selain listrik, sampah organik juga bisa diolah menjadi pupuk organik dan pakan ternak sehingga bisa dimanfaatkan lagi.

“Inilah ekonomi sirkular yang menumbuhkan aktivitas ekonomi baru. Pemerintah seperti DKI Jakarta dan wilayah lainnya, perlu menerapkan aturan agar sampah perumahan bisa dioptimalkan lagi. Salah satunya dengan biodigester,” tuturnya.

Gagasan biodigester dan fasilitas pengolahan sampah ini disampaikan Gideon dalam diskusi bersama dengan peserta pelatihan bank sampah digital bagi perwakilan komunitas masyarakat se-DKI Jakarta, termasuk para generasi muda. Pelatihan tersebut digelar selama 2 hari pada 27–28 Oktober 2020, dengan dihadiri perwakilan dari Biro Ekonomi Pemprov DKI Jakarta.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

Sumber foto utama: Unsplash.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

8 Kiat Developer Pilih Kontraktor

RumahCom – Dalam mengembangkan proyek, pengembang properti umumnya menggandeng kontraktor untuk melakukan pekerjaan secara teknis dan fisik bangunan.Untuk memudahkan proses pengerjaan, kewajiban pen

Lanjutkan membacaNovember 23, 2018

Pengembang Berstrategi di Hunian Mewah

RumahCom – Pengembang berstrategi di hunian mewah sebagai dampak terbitnya insentif baru berupa pelonggaran PPnBM atau Pajak Penjualan Atas Barang Mewah bagi hunian senilai Rp30 miliar. Meski dampak

Lanjutkan membacaJuni 24, 2019

Perlukah Pengembang Beri Diskon Pembelian Properti?

RumahCom-Menggairahkan sektor properti pasca pemilu sudah dilakukan pemerintah. Saatnya para pengembang juga melakukan hal yang sama dan tidak hanya bergantung pada stimulus fiskal. Memberikan promo s

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2020

Masukan