Catat, 6 Benda Ini Berpotensi Menyebabkan Penyakit

Boy LeonardNovember 3, 2020

Benda Penular Penyakit

RumahCom – Di rumah ada banyak sekali benda yang bisa menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab penyakit. Membersihkannya secara rutin adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan.

Situasi pandemi ini menyebabkan setiap orang menjadi lebih peduli pada kesehatan. Penyebaran virus yang terjadi bisa melalui media apa saja. Tanpa kita sadari, benda-benda di sekitar justru lebih kotor dan menyimpan lebih banyak bakteri serta kuman berbahaya. Seringkali kita lupa untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan peralatan tersebut. Tangan kita menjadi tidak steril sehingga kita lebih mudah terserang penyakit.

Berikut ini adalah benda-benda yang berpotensi menjadi sumber penyakit.

1. Handphone

Benda Penular Penyakit(Foto: PIxabay.com)

Hampir bisa dipastikan, Anda menggunakan handphone dalam waktu yang cukup lama. Intensitas penggunaan handphone Anda sangat memengaruhi banyak tidaknya bakteri yang terkumpul pada bagian layar atau touchpad. Apalagi bila Anda memiliki aktivitas yang padat, Sadar atau tidak setiap jabatan dan sentuhan pada benda, memindahkan kuman dan bakteri dalam jumlah besar ke tangan Anda. Lalu setelah itu, Anda menggunakan handphone, bisa dibayangkan betapa kotornya handphone tersebut.

Ada baiknya Anda rutin membersihkan bagian permukaan touchscreen atau touchpad handphone. Lebih disarankan untuk menggunakan cairan alkohol khusus layar, dan mengusapkannya perlahan, sehingga lebih aman untuk diaplikasikan pada handphone.

2. Remote TV

Benda Penular Penyakit

Seringkali kita lupa untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan peralatan tersebut. Tangan kita menjadi tidak steril sehingga kita lebih mudah terserang penyakit.

(Foto: Pixabay.com)

Tidak dapat dipungkiri bahwa benda satu ini merupakan alat yang paling sering Anda gunakan saat berada di rumah. Apalagi untuk Anda yang hobi menonton TV.Hal ini menyebabkan remot TV berpotensi menjadi benda paling kotor di rumah. Tidak secara kasat mata memang, namun intensitas perpindahan tangan saat menggunakan remote menjadi media berkumpulnya kuman dan bakteri.

3. Gagang Pintu Toilet

Benda Penular Penyakit

(Foto: PIxabay.com)

Pegangan atau gagang pintu toilet sering sekali disentuh oleh orang yang keluar masuk toilet. Anda tidak mengetahui apa yang sedang orang lain lakukan saat di dalam. Anda juga tidak tahu apakah mereka mencuci tangan atau tidak ketika meninggalkan toilet.  Oleh karena itu, Anda bisa mulai membersihkan gagang toilet rumah dengan menggunakan antiseptik cair secara teratur.

4. Spons Cucian

Benda Penular Penyakit

(Foto: PIxabay.com)

Spons digunakan sebagai alat pembersih untuk mencuci piring atau gelas. Namun sayangnya, hal tersebut justru menjadikannya sebagai media berkumpulnya kotoran bekas cucian piring. Anda tentu tidak menyadari bahkan cenderung acuh pada potensi bakteri E. Coli yang mungkin saja tertinggal di dalam spons. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti spons secara berkala, untuk menghindari bakteri berbahaya lainnya.

5. Tas Belanja yang dipakai berulang

Benda Penular Penyakit

(Foto: PIxabay.com)

Setiap saat Anda memindahkan belanjaan ke dalam tas belanja, bakteri jahat dari bungkus daging, buah, ikan, atau sayur ikut berpindah masuk ke dalam. Ketika tiba di rumah, tas belanja tersebut akan Anda kosongkan, lalu dibiarkan begitu saja. Panas yang terkumpul akibat suhu ruangan menumbuhkan bakteri jahat yang ada di dalam tas belanja.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin mencuci tas belanja setelah dipakai dengan menggunakan sabun. Selain itu, pisahkan tas belanja sesuai keperluan masing-masing. Jangan menggabungkan tas belanja Anda untuk seluruh kebutuhan rumah, untuk mencegah perpindahan bakteri silang antara belanjaan yang Anda bawa.

6. Mainan Anjing dan Mangkuk Makanannya

Benda Penular Penyakit

(Foto: PIxabay.com)

Sebenarnya ini berlaku untuk setiap hewan peliharaan yang Anda miliki. Namun, air liur anjing memang sudah terkenal sangat kotor dan menyimpan banyak sekali bakteri di dalamnya. Di samping itu, mangkuk makanan mereka juga hampir sama kotornya dengan mainan yang sering mereka gigit. Maka dari itu, sering-seringlah membersihkan mainan anjing Anda atau mangkuk makanannya ketika selesai dipakai.

Sumber: Thespruce.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Waspadai 7 Barang di Kamar yang Berpotensi Buruk Bagi Kesehatan Anda

RumahCom – Kamar tidur merupakan ruang privasi yang wajib dijaga kenyamanannya tanpa melupakan faktor kebersihan dan kesehatannya. Namun tahukah Anda bahwa sejumlah barang di kamar berpotensi member

Lanjutkan membacaNovember 17, 2017

Cara Membuat Rumah Bebas Debu

RumahCom - Debu merupakan salah satu penyebab berbagai macam di rumah. Anda harus menciptakan rumah bebas debu agar menjamin kesehatan diri dan keluarga.Apakah keluarga Anda ada yang memiliki penyakit

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Tips Olahraga yang Mudah dan Murah di Rumah

RumahCom - Memiliki tubuh yang sehat adalah sebuah kewajiban. Namun untuk tetap sehat tidak perlu melakukan aktivitas olahraga dengan peralatan mahal.Menjaga tubuh tetap sehat memang menjadi tanggung

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Masukan