Memastikan Keamanan Hewan Peliharaan di Rumah

Boy LeonardNovember 3, 2020

Keamanan Hewan Peliharaan

RumahCom – Meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah memang penuh risiko. Anda bisa melakukan langkah pencegahan sebelum meninggalkan rumah terlebih dahulu.

Memelihara hewan di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika hewan tersebut sudah Anda anggap seperti bagian dari keluarga. Tentu Anda sangat menyayanginya dan tak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada mereka.

Umumnya, hewan domestik seperti anjing dan kucing menjadi pilihan utama untuk dijadikan peliharaan. Namun saat Anda sedang tidak di rumah, maka hewan peliharaan tersebut menjadi kurang aman. Ada banyak risiko yang mengancam hewan peliharaan saat Anda tinggalkan. Untuk itu berikut ini adalah beberapa cara memastikan keamanan hewan peliharaan saat Anda tidak di rumah.

1. Memasang Kamera Pengawas di Sekeliling Rumah

Kamera pengawas dapat membantu Anda mengawasi keadaan rumah. Selain itu, Anda juga lebih leluasa untuk mengamati hewan peliharaan sekaligus memantau aktivitas mereka. Anda juga bisa menggunakan kamera pengawas yang langsung terhubung pada smartphone atau perangkat elektronik lainnya sehingga pengawasan dapat Anda lakukan secara real-time dari jarak jauh sekalipun.

2. Menitipkan pada Tetangga

Untuk mencegah terjadinya kerusakan  di dalam rumah, Anda bisa menitipkan peliharaan kepada tetangga sekitar. Pastikan terlebih dahulu kalau mereka bisa diandalkan dan tidak keberatan apabila Anda menitipkan hewan di rumahnya. Selain itu, bisa membiarkan peliharaan untuk tetap di rumah, namun memberikan info kepada tetangga bahwa Anda tidak berada di rumah. Apabila ada yang terjadi pada peliharaan atau rumah Anda, si tetangga tadi bisa memberitahukan secara langsung.

3. Memastikan terlebih dahulu kondisi ruangan dalam rumah

Sebelum Anda meninggalkan peliharaan di dalam rumah, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu seluruh isi rumah. Menjauhkan barang-barang yang berpotensi mendatangkan bahaya bagi peliharaan merupakan prioritas utama. Hindari juga untuk meletakkan makanan pada tempat-tempat yang bisa di jangkau peliharaan Anda. Anda tentu tidak mau rumah berantakan dan kotor ketika Anda pulang.

4. Mempersiapkan makanan secukupnya

Berikanlah makanan yang secukupnya bagi peliharaan Anda. Perkirakan waktu kepulangan Anda dengan porsi makanan yang diberikan. Jangan sampai mereka kelaparan dan mulai mengacak-acak isi rumah Anda. Selain itu, sediakan pula air secukupnya untuk mencegah kehausan karena tidak ada sumber air yang bisa mereka jangkau.

5. Menggunakan gadget pintar khusus peliharaan

Apabila Anda memang benar-benar menyayangi hewan peliharaan dan tidak bisa jauh dari mereka, bisa menggunakan gadget khusus yang dirancang layaknya telepon atau panggilan video. Hewan peliharaan akan mengenali suara Anda ketika menelpon, kemudian mencari sumber suara. Pada titik sumber suara keluar Anda bisa memulai panggilan video otomatis yang langsung terhubung ke perangkat elektronik seperti laptop atau handphone. Anda bisa melihat langsung kondisi mereka serta mengobati rasa kangen karena tidak bertemu.

6. Memasang Alat Pendeteksi Asap Atau Karbon Monoksida

Cara ini mungkin terlihat tak lazim untuk diterapkan di rumah. Karena umumnya alat tersebut dipasang pada fasilitas umum seperti kantor atau rumah sakit. Namun apabila ingin menggunakannya untuk memberikan rasa aman bagi hewan peliharaan, Anda bisa lebih tenang ketika bepergian. Potensi kebakaran dan keracunan asap bisa dihindari lebih dini.

Pada intinya, Anda sangat memprioritaskan keselamatan hewan peliharaan Anda. Apalagi status “bagian dari keluarga” yang telah Anda sematkan pada mereka. Berdasarkan beberapa cara tadi sebaiknya Anda memilih memasang kamera sebagai prioritas utama karena kelebihannya dibandingkan cara lain.

Sumber: Reolink.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Membuat Rumah Lebih Sejuk dengan Tanaman Rambat

RumahCom - Pada saat musim panas, beberapa daerah di Indonesia akan terasa sangat panas. Bahkan di musim hujan sekalipun saat matahari bersinar terik, rasa panas tetap menyengat. Hal ini membuat sebag

Lanjutkan membacaOktober 25, 2020

Tetap Sehat di Rumah Selama Social Distancing

RumahCom - Selama pandemi Covid-19, semua orang fokus pada pencegahan penyebaran penyakit terus. Mulai dari menggunakan masker, rajin cuci tangan, hingga social distancing. Pemerintah juga menyarankan

Lanjutkan membacaOktober 28, 2020

Ide Halaman Belakang yang Nyaman untuk Anjing Anda

RumahCom - Anjing membutuhkan area bermain yang nyaman dan aman bagi mereka. Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling digemari. Hewan ini sangat dekat dengan manusia, jinak, aktif sehi

Lanjutkan membacaOktober 29, 2020

Masukan