Pilihan Pola dan Nuansa Kamar yang Lebih Tenang

Boy LeonardNovember 3, 2020

Pola Dinding Kamar

RumahCom – Kamar yang tenang dan nyaman sangat dipengaruhi oleh konsep desain yang Anda gunakan. Cobalah untuk menggunakan konsep alam atau memadukan warna-warna terang agar mendapat nuansa kamar yang nyaman.

Anda pasti menginginkan suasana kamar yang tenang dan damai. Jauh dari hiruk pikuk luar yang yang berisik dan mengganggu menjadi keinginan bagi banyak orang akan sebuah kamar. Saat-saat sendiri dalam kamar juga merupakan momen terbaik yang Anda punya untuk sejenak melepas penat. Sayangnya, Anda belum memiliki kamar tidur dengan nuansa demikian karena keterbatasan karena masih menggunakan konsep kamar yang biasa, dinding polos, dan perabotan ala kadarnya.

Kamar tidur tentu harus didesain dengan pola dan paduan warna tertentu agar bisa memberikan rasa tenang dan nyaman. Desain tersebut tentu harus disesuaikan dengan karakteristik, kebutuhan, dan keinginan Anda sebagai pengguna kamar. Sebagai referensi, berikut disajikan beberapa cara membuat kamar menjadi lebih tenang dan nyaman.

Biarkan Nuansa Alam Menemani Tidur Anda

Pola Dinding Kamar

(Foto: Pixabay.com)

Anda disarankan untuk memilih nuansa kamar tidur sesuai dengan hasrat untuk tinggal seperti berada di alam bebas. Anda bisa memilih konsep pegunungan, pantai, hutan, atau ragam kondisi alam lainnya untuk diterapkan pada kamar tidur. Anda perlu mengambil waktu sejenak untuk membayangkan hal tersebut. Kemudian gambarkan detail tertentu pada imajinasi Anda sehingga bisa diketahui konsep alam seperti apa yang diinginkan. Mulai dari warna dan tekstur, serta material tempat yang sedang Anda pikirkan. Sampaikan hal tersebut pada ahli desain interior untuk membuat konsep sama pada ruangan kamar tidur Anda.

Tempatkan Sebuah Lemari

Pola Dinding Kamar

(Foto: Pixabay.com)

Bila Anda adalah tipikal orang dengan mood yang berubah-ubah, anda bisa menempatkan sebuah lemari di kamar. Lalu letakkan benda-benda yang bisa mengembalikan mood Anda agar kembali ceria. Benda tersebut bisa berupa foto, pigura, lukisan, atau barang-barang pribadi Anda yang punya cerita indah pada masanya. Ketika Anda kembali dari pekerjaan dan masuk ke dalam kamar, mood Anda akan kembali seperti sedia kala.

Menciptakan Spektrum Warna

Pola Dinding Kamar

(Foto: Pixabay.com)

Langkah selanjutnya adalah memilih warna kamar yang tepat untuk amar Anda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan spektrum warna untuk memilih kombinasi warna yang maksimal. Pilihlah warna-warna yang memiliki kekuatan untuk menenangkan Anda seperti putih, abu-abu, krem, dan lain sebagainya. Jangan batasi diri Anda untuk memilih warna lain yang Anda inginkan. Setelah itu, carilah susunan yang pas untuk warna-warna tersebut, seperti memadukan warna netral putih dengan hijau, atau kombinasi lebih dari dua warna. Hal ini akan membuat kamar Anda memiliki warna seperti diri Anda.

Pilih Beberapa Pola

Pola Dinding Kamar

(Foto: Pixabay.com)

Bagian selanjutnya adalah memilih pola yang tepat bagi lansekap ruang kamar tidur yang telah Anda pilih. Beberapa elemen seperti air, tanah, dan batu bisa diinterpretasikan sebagai sebuah pola. Agar lebih membuat nyaman dan menenangkan, Anda lebih baik menggunakan saduran pola organik, abstrak, atau pola tanaman. Hindari untuk menggunakan pola geometris yang umum digunakan pada kamar tidur biasa.

Dengan warna dan pola yang telah Anda imajinasikan. Biarkan ahli desain interior untuk memandu Anda memilih dekorasi yang tepat untuk material, serta hiasan dinding dekorasi untuk kamar. Bagi Anda yang dalam waktu dekat ini akan melakukan dekorasi, sebaiknya turut memperhatikan pilihan elemen kamar lainnya seperti bantal, guling, atau sprei yang sesuai. Tujuannya untuk mendapatkan  kombinasi terbaik akan didapatkan untuk mewujudkan kondisi kamar seperti yang Anda impikan sejak lama.

Sumber: Realsimple.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Jenis-Jenis Pencahayaan untuk Kamar Tidur Nyaman

RumahCom - Memilih lampu kamar untuk dipasang di kamar tidur Anda tentunya tidak bisa disamakan dengan lampu yang ada di ruang kerja atau lampu di ruang makan. Agar kamar menjadi lebih nyaman dan s

Lanjutkan membacaOktober 24, 2016

Jangan Salah Posisikan Tempat Tidur. Ini Panduannya!

RumahCom - Kamar tidur merupakan area yang penting dalam hunian. Untuk mendekorasi sebuah kamar tidur diperlukan ketelitian. Apalagi fungsi kamar tak lain untuk tempat beristirahat bagi penghuni. K

Lanjutkan membacaApril 28, 2017

Inilah Ukuran Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

RumahCom - Ukuran tempat tidur di Indonesia terdiri dari 5 jenis. Mulai dari yang terkecil yakni single size bed hingga yang terbesar super king bed.Lelah setelah beraktivitas seharian tentu membutuhk

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2020

Masukan