Berkegiatan Seru Di Rumah Dengan Museum Home Kit

November 4, 2020

RumahCom – Berbagai cara perlu dilakukan untuk menciptakan kegiatan yang positif saat kita harus berada di rumah karena pandemi Covid-19. Museum Macan meluncurkan paket seni Macan Home Kit untuk merangsang berbagai kreasi maupun inspirasi seni bagi seluruh anggota keluarga.

Situasi pandemi Covid-19 harus disiasati oleh para orang tua dengan menciptakan berbagai kegiatan di rumah supaya anak-anak bahkan seluruh penghuni rumah tidak merasa bosan. Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum Macan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, meluncurkan Macan Home Kit untuk seri lokakarya kegiatan menarik yang bisa dilakukan di rumah.

Paket seni ini terdiri dari peralatan kesenian dan tautan untuk mengakses tutorial video panduan yang dibuat oleh para perupa Indonesia dari berbagai disiplin. Mencakup berbagai media seni, ide dan proses kreatif, dari rumah kita bisa dipandu oleh para perupa untuk memulai proyek seni kita sendiri dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi konsultasi kelompok yang diadakan secara virtual bersama para perupa sekaligus untuk meninjau karya yang kita buat.

Terbitan perdana Macan Home Kit: Seri Perupa akan menampilkan perupa kontemporer Citra Sasmita, Ruth Marbun, dan Agam Dwi Cahyo (Magafaka), serta kolektif keramik Kandura Studio. Citra Sasmita dikenal dengan refleksinya yang unik tentang perempuan Bali dalam konteks masyarakat kontemporer.

Ruth Marbun, seorang perupa yang dikenal dengan teknik mencoreng (mark-making) yang emosional akan mengajak peserta untuk membuat “mesin waktu” yang artistik. Peserta juga bisa belajar langsung dari kolektif keramik Kandura Studio termasuk diajari membuat perabot rumah tangga khas kolektif tersebut dan nantinya bisa mengirimkan kreasinya untuk melalui proses pembakaran dan penyelesaian di Kandura Studio.

Beberapa kegiatan menarik lainnya yang bisa kita dapatkan yaitu, menggunakan perasaan sebagai panduan untuk melukis. Dalam Home Kit ini akan ada tujuh kartu yang berisi kata dan visual inspirasional yang dirancang oleh Citra Sasmita untuk menuntun kita dalam memvisualisasikan dan membayangkan memori personal yang terkait obyek dan tempat tertentu untuk menjadi sebuah karya lukisan.

Proses visualisasi dengan bimbingan ini juga akan mengeksplorasi sejumlah gagasan filosofis yang terkandung dalam lukisan tradisional Bali dan merupakan titik awal untuk menciptakan lukisan yang menggambarkan pembuatnya. Dalam Home Kit ini juga terdapat kanvas lukis, serangkaian cat akrilik, kuas, dan tautan untuk mengakses video tutorial oleh Citra Sasmita.

“Saya akan mengajak peserta untuk mengeksplorasi perasaan dan memori pribadi mereka sebagai cara untuk memulai sebuah karya, sebuah awal baru untuk setiap peserta. Nantinya kita dapat mendiskusikan proses berkarya sehingga ada banyak umpan balik tentang karya artistik yang dihasilkan,” ujarnya. Khusus untuk Home Kit ini diperuntukan bagi peserta dengan usia 17 tahun ke atas.

Untuk penyediaan Macan Home Kit ini, Museum Macan menjalin kemitraan dengan Tesla Paints, sebuah perusahaan cat akrilik asal Semarang. Dengan pengalaman memproduksi peralatan kesenian unutk perupa, Tesla Paints telah melihat potensi yang besar dan sebuah pasar baru dari para pecinta seni yang mulai menekuni melukis dan aktivitas keseniann lainnya sebagai hobi.

Menurut CEO Tesla Paints Anthony Sukanto, dalam beberapa tahun terakhir pihaknya telah melebarkan sayap untuk menyediakan peralatan kesenian bagi perupa profesional maupun pecinta seni lainnya dan perusahaannya memiliki visi untuk membuat cat akrilik yang bisa diakses olehh semua perupa.

“Kolaborasi kami dengan Museum Macan melambangkan visi kami tersebut dan untuk membuka akses terhadap peralatan kesenian yang berkualitas bagi pecinta seni di seluruh Indonesia. Dengan akses ini kami harap para pecinta seni bisa mengekspresikan aspirasi seni maupun beristirahat sejenak dari rutinitas yang padat,” katanya.

Statusnya sebagai karyawan lepasan mengganjal pengajuan KPR untuk miliki rumah. Lalu bagaimana cara ia bisa mewujudkan rumah idamannya? simak video berikut ini.

Untuk peserta guru maupun orang tua, telah disiapkan juga Macan Home Kit: Seri Edukasi. Para guru maupun orang tua bisa menjelajahi berbagai karya yang telah dipamerkan di museum juga mempelajari berbagai teknik kesenian termasuk seni grafis, pewarnaan kertas, komposisi abstrak, dan pembuatan kolase.

Menurutu Aprina Murwanti, Kepala Departemen Edukasi dan Program Museum Macan, Macan Home Kit menyiapkan berbagai paket untuk berbagai umur yang beragam mulai anak hingga dewasa. Hal ini tidak terlepas dari visi Museum Macan kalau seni bisa memperkaya kehidupan seseorang khususnya pada keadaan yang penuh ketidakpastian seperti saat ini.

“Seri Perupa maupun Seri Edukasi akan diluncurkan secara reguler untuk membangkitkan kreativitas peserta. Dengan Macan Home Kit ini kita memiliki kebebasan untuk memilih waktu dan tempat untuk memulai proyek kesenian mereka. Melalui inisiatif ini kami juga ingin memberikan sarana untuk setiap orang bisa mengekspresikan kreativitasnya di masa pandemi ini,” bebernya.

Paket Macan Home Kit ini bisa dibeli di laman Tokopedia Shopatmacan seharga Rp475 ribu. Dapatkan juga berbagai diskon, promo, maupun kemudahan lainnya untuk anggota Macan Society dalam setiap transaksi melalui situs resmi Museum Macan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pandemi Bikin Properti Komersial Makin Murah

RumahCom – Kalangan pengembang terus menyesuaikan produk yang diluncurkan dengan kebutuhan pasar. Salah satunya produk komersial ruko yang diluncurkan pengembang SML di BSD City yang menyasar segmen

Lanjutkan membacaNovember 3, 2020

Pengembang Ubah Desain Properti Gara-gara Pandemi, Mengapa?

RumahCom – Para pengembang mengubah desain rumah dan apartemennya karena pandemi Covid-19. Bagaimana hal ini bisa terjadi?Salah satu pengembang teratas di Australia menyarankan industri pengembangan

Lanjutkan membacaNovember 3, 2020

Realisasi Program Sejuta Rumah Hingga Oktober

RumahCom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, hingga Oktober 2020, program sejuta rumah sudah mencapai 601.637 unit.Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Kha

Lanjutkan membacaNovember 3, 2020

6 Permainan Seru Saat Malam Hari Bersama Keluarga

RumahCom - Pada saat malam hari atau bahkan ketika mati listrik banyak orang yang merasa terbatas untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Hal ini tentu menyebabkan rasa bosan dan jenuh saat malam har

Lanjutkan membacaNovember 4, 2020

Begini Kolaborasi Pengembang-Perbankan Bikin Program Libur Bayar

RumahCom – Pandemi Covid-19 membuat kalangan pengembang dan perbankan meningkatkan kolaborasinya untuk membuat berbagai promo kemudahan bagi konsumen. Seperti Bank BTN yang meluncurkan program KPR H

Lanjutkan membacaNovember 4, 2020

Masukan