Mengapa Ruangan di Lantai Atas Rumah Lebih Panas?

November 5, 2020

RumahCom – Lantai atas pada rumah biasanya jauh lebih panas. Ada banyak hal yang menyebabkan hal tersebut mulai dari sirkulasi udara yang kurang baik hingga kerusakan pada rumah.

Rumah berlantai dua biasanya memiliki perbedaan temperatur udara yang berbeda pada setiap ruangannya. Ruangan pada lantai dasar umumnya lebih sejuk dibandingkan ruangan di lantai dua. Anda bahkan lebih sering memilih untuk menghabiskan waktu di lantai bawah, daripada berpanas-panasan di atas.

Faktor fisik seperti bentuk rumah dan tinggi bangunan memang mempengaruhi perbedaan temperatur pada setiap rumah. Namun, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan temperatur udara di lantai dua rumah Anda lebih panas. Berikut ini beberapa identifikasi penyebab panas tersebut,

1. Anda Hanya Memiliki Pendinginan Zona Tunggal

Ini berhubungan dengan panas yang naik ke lantai atas rumah Anda. Panas dari lantai bawah terakumulasi dalam jumlah besar, kemudian naik perlahan dan berkumpul di lantai atas. Umumnya hal ini terjadi apabila rumah Anda cukup besar dan luas. Meskipun memasang AC atau filter ventilasi, tetap saja udara terasa panas. Hal ini tidak berhubungan sama sekali dengan kualitas AC yang Anda miliki. Prinsip termodinamika sederhana bisa menyelesaikan persoalan ini.

Anda perlu membagi beberapa zona pendingin di lantai dua rumah. Caranya adalah dengan memasang kipas di langit-langit rumah. Kipas membantu mendistribusikan udara secara lebih baik sehingga pergerakan udara menjadi lancar. Ruangan pun terasa lebih sejuk dan nyaman untuk ditempati.

2. AC Anda Sudah Usang

Faktor berikutnya adalah umur dan kelayakan guna AC atau filter udara yang Anda miliki. Rata-rata penggunaan maksimal AC adalah 15 tahun. Semakin lama Anda tidak menggantinya, maka semakin buruk kualitas udara di dalam ruangan. Selain itu, pekalah terhadap perbedaan temperatur udara di tiap lantai karena fungsi AC yang tidak maksimal.

Membersihkan dan merawat AC juga menjadi bagian penting dalam menjaga temperatur udara. AC yang lebih sering dirawat memiliki umur ekonomis lebih panjang bila dibandingkan AC yang dibiarkan begitu saja. Bahkan daya tahannya  bisa mencapai 20-25 tahun. Namun, sebaiknya Anda mengganti AC yang sudah usang agar sirkulasi udara tetap lancar.

Penting sebelum beli rumah, pahami 5 hal yang penting perlu dipertimbangkan saat membeli rumah agar tak salah pilih. Selengkapnya lihat di video berikut ini.

3. Keretakan Dak Bangunan

Batas antara lantai dasar dan lantai di atasnya disebut dengan dak. Bagian ini menjadi fondasi yang menyangga bangunan di atasnya. Keretakan pada bagian dak memang tidak sepenuhnya disadari oleh Anda. Apalagi jika retaknya kecil dan kasar mata, tentu sulit untuk mendeteksinya. Namun siapa sangka kalau keretakan tersebut bisa menjadi sumber panas yang merambat dari lantai bawah rumah. Umumnya retakan tersebut memang kecil, namun perlahan membesar dan berpotensi merusak rumah. Keretakan ini terjadi karena terjadi kesalahan pada saat proses pembangunan, guncangan akibat gempa, atau karena rumah yang sudah tua.

4. Loteng Anda Terisolasi

Beberapa dari Anda mungkin memiliki ruang  loteng pada lantai paling atas rumah. Ruang tersebut umumnya Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan layaknya gudang. Namun yang perlu Anda ketahui, semakin banyak Anda menumpuk barang di loteng, maka semakin banyak panas yang terkumpul di area tersebut. Tentu hal ini bisa diperparah apabila loteng Anda tidak memiliki ventilasi yang cukup. Bisa dibayangkan betapa panasnya berada di ruang tersebut, dan tentu Anda tidak mau berlama-lama berada di sana. Penyebab lainnya muncul akibat bahan atap yang tidak menyerap panas. Panas yang berada dalam ruangan tertahan di dalam, menyebabkan kenaikan temperatur udara.

Sumber: Accoastal.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Menjaga Kebersihan Diri Sendiri di Rumah Selama Pandemi

RumahCom - Virus Corona telah menginfeksi lebih dari 400 ribu orang di Indonesia dan menyebabkan banyak kematian. Nilai tersebut terus bertambah seiring belum ditemukannya jalan keluar penawar virus.

Lanjutkan membacaNovember 4, 2020

KPA: Hak Milik Apartemen untuk WNA Cacat Hukum

RumahCom - Sekretaris Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Dewi Kartika mengatakan, pemberian hak milik untuk warga negara asing (WNA) atas satuan rumah susun atau apartemen seperti tercantum d

Lanjutkan membacaNovember 4, 2020

Mau Cari Rumah Subsidi? Begini Caranya!

RumahCom – Rumah bersubsidi merupakan alternatif hunian bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).Rumah tersebut adalah tempat tinggal yang tidak dikenakan pajak dan memiliki bunga rendah

Lanjutkan membacaNovember 4, 2020

Cara Menjaga Hewan Peliharaan Selama Pandemi Covid-19

RumahCom - Hewan peliharaan perlu dijaga kesehatannya agar tetap aktif dan sehat walau pandemi Covid-19 sedang berlangsung.Hewan sudah dianggap sebagai salah satu anggota keluarga di rumah. Oleh karen

Lanjutkan membacaNovember 5, 2020

Masukan