Keuntungan dari Rumah yang Diotomatisasi

Boy LeonardNovember 6, 2020

Otomatisasi Rumah

RumahCom – Konsep otomatisasi yang diterapkan pada rumah memberi banyak keuntungan mulai dari tagihan listrik yang tidak boros hingga rasa nyaman di dalam rumah.

Konsep otomatisasi pada rumah merupakan fenomena baru di masyarakat. Konsep ini memperkenalkan prinsip kemudahan dan ketepatan dalam menjalani kehidupan di rumah melalui bantuan teknologi. Seluruh peralatan elektronik bisa terhubung secara langsung pada perangkat pribadi milik Anda.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mematikan tombol lampu, menyalakan AC, atau mencari remote saat akan menyalakan televisi. Cukup dengan smartphone yang Anda miliki, seluruh aktivitas tersebut bisa dengan mudah Anda lakukan. Berikut ini adalah keuntungan yang Anda dapatkan dari otomatisasi rumah.

1. Menurunkan tagihan pembayaran listrik Anda

Otomatisasi Rumah

(Foto: Pixabay.com)

Seperti yang Anda ketahui, seluruh peralatan rumah terhubung pada sebuah jaringan yang disebut hub. Jaringan inilah yang kemudian bisa Anda akses untuk menyalakan atau mematikan perangkat elektronik di dalam rumah. Jadi ketika Anda ingin bepergian dalam waktu yang cukup lama, Anda tidak perlu khawatir ada lampu, kipas, atau AC yang masih menyala.

Anda hanya perlu mematikan seluruh perangkat elektronik melalui smartphone. Kemudahan ini tentu berdampak pada penurunan tagihan listrik Anda setiap bulannya. Karena otomatisasi rumah membantu Anda menekan pemborosan energi pada saat tidak diperlukan.

2. Menjaga keluarga Anda Tetap Aman

Otomatisasi Rumah

(Foto: Pixabay.com)

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan keamanan rumah melalui konsep otomatisasi ini. Salah satunya adalah melalui sistem keamanan pintu dan jendela. Anda bisa memasang kunci elektronik yang memungkinkan pintu untuk dikunci dan dibuka melalui smartphone. Fitur ini meminimalisir terjadinya kehilangan kunci atau pencurian di rumah Anda.

Kunci elektronik ini juga memiliki alaram penanda yang menginformasikan pintu ketika dibuka secara paksa, sehingga meningkatkan keamanan rumah saat Anda berada di luar. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan memasang kamera pengawas untuk memudahkan pengawasan.

3. Lebih Nyaman Berada di Rumah

Otomatisasi Rumah

(Foto: Pixabay.com)

Merasakan kebahagian dalam rumah adalah salah satu benefit lain yang bisa Anda dapatkan. Sistem otomatisasi memungkinkan Anda untuk mengatur cahaya lampu dan temperatur udara ketika Anda berada di salah satu ruang pada rumah. Atau ketika Anda pulang dari kerja dan merasakan kesal yang luar biasa, sebuah musik menenangkan hati akan otomatis berputar begitu Anda melangkahkan kaki ke dalam rumah. Anda juga tidak perlu membuang tenaga secara berlebihan untuk sekedar menyalakan dan mengatur suhu ruangan di lantai dua rumah Anda. Cukup buka smartphone Anda  dan masalah terselesaikan.

4. Menciptakan hiburan keren di rumah

Otomatisasi Rumah

(Foto: Pixabay.com)

Selain menjaga keamanan dan kenyamanan tinggal dalam rumah, Anda juga bisa berkreasi untuk menciptakan hal baru. Melalui sistem otomatisasi Anda dapat membuat bioskop kecil di rumah. Caranya adalah dengan mengkombinasikan speaker bersuara jernih serta pengaplikasian cahaya lampu sesuai dengan film yang diputar pada televisi Anda.

Cara berikutnya dengan menyambungkan fitur otomatisasi ke jam weker yang biasa Anda pakai. Pengaturan suara alarm dapat Anda ubah menjadi musik-musik lain yang lebih lembut dibandingkan suara alarm yang bising. Anda juga bisa menerapkan otomatisasi pada pintu garasi rumah Anda sehingga lebih mudah untuk memasukkan atau mengeluarkan kendaraan.

Dengan semua benefit yang telah ditawarkan, tentu membuat Anda ingin dan tertarik untuk menerapkan sistem otomatisasi pada rumah. Instalasi jaringan ini juga bisa dipasangkan dengan sistem untuk menjangkau area lebih luas lagi. Pastikan juga Anda tidak lupa untuk membeli perangkat pendukung otomatisasi lainnya seperti speaker, kamera, atau kabel dan sensor penghubung yang memungkinkan fasilitas tersebut bisa tersambung ke perangkat smartphone Anda.

Sumber: Automation.com, Reliancegeneral.co.in
Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Wow, Rumah Mungil di Gang Sempit Cipulir Dapat Penghargaan dari New York!

RumahCom - Ada yang menarik dari sebuah rumah kecil di tengah pemukiman padat kota Jakarta sampai-sampai menarik mata dunia. Rumah ini bernama 'The Twins', dan desainnya mendapatkan penghargaan dari a

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2020

Cara Memasukkan Cahaya Alami ke dalam Rumah

RumahCom - Cahaya alami sangat baik untuk rumah. Selain bisa menjadi pencahayaan utama saat siang hari, cahaya alami ternyata baik bagi tubuh terutama saat pagi hari.Rumah yang nyaman adalah impian se

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Inilah Penyebab Kebakaran di Rumah dan Cara Mencegahnya

RumahCom - Ada berbagai macam penyebab kebakaran di dalam rumah. Melakukan pemeriksaan secara rutin pada alat-alat yang berpotensi menyebabkan kebakaran adalah salah satu cara mencegah terjadinya keba

Lanjutkan membacaOktober 2, 2020

Masukan