Begini Cara yang Tepat Berkebun Saat Musim Hujan 

Boy LeonardNovember 6, 2020

Begini Cara yang Tepat Berkebun Saat Musim Hujan

RumahCom – Saat musim hujan datang, banyak tanaman-tanaman yang perlu mendapat perlakuan tertentu agar tetap tumbuh dengan baik. Misalnya tanah yang perlu digemburkan, pemindahan tempat agar tidak terlalu banyak mendapat air, hingga membuat kebun dengan konsep vertikal.

Mungkin sebelumnya Anda mengira bahwa berkebun di musim hujan adalah hal yang tidak mungkin. Selain karena takut terkena hujan, Anda juga mengira bahwa kebun tidak membutuhkan perawatan saat hujan datang. Padahal tetap Anda tetap bisa berkebun dengan beberapa cara.Namun, tentu saja akan ada usaha yang lebih banyak dibanding di musim kemarau.

Untungnya di Indonesia hanya ada musim hujan dan musim kemarau, Anda tak perlu berhadapan dengan musim salju, musim gugur, atau musim lainnya yang tak ada di Indonesia. Dengan demikian penyesuaian pada aktivitas berkebun tetap mudah dilakukan. Berikut ini adalah cara berkebun saat musim hujan tiba.

Memastikan Tidak Ada Tanah yang Menyumbat

Jika dalam suatu pot ada tanah yang mengeras, maka tanah ini akan menyumbat saluran air. Akibatnya drainase tanaman akan terganggu sehingga menimbulkan genangan air. Jika ini terus terjadi selama musim hujan, maka jangan kaget bila tanaman mati karena tanaman yang tergenang air sepanjang hari.

Genangan air tersebut dapat membuat tanaman terlalu banyak mendapat suplai air hingga akhirnya membusuk. Terutama untuk tanaman-tanaman yang membutuhkan air sedikit seperti sukulen tentu perlu dilakukan penyesuaian agar tetap aman saat musim hujan. Pastikan Anda menggemburkan tanah agar tidak terlalu padat dan menyumbat, sehingga aliran air tetap lancar.

Intensitas Penyiraman yang Tepat

Anda harus tahu kapan harus menyiram tanaman dan dengan intensitas bagaimana. Disarankan untuk paling banyak menyiram tanaman satu kali selama 15 hari. Namun pada saat musim hujan, tanaman tentu akan terus terkena air sepanjang hari. Oleh karena itu beberapa tanaman yang tidak membutuhkan air yang banyak harus segera Anda pindahkan ke tempat yang memiliki kanopi. Dengan demikian tanaman tersebut mendapat suplai air yang secukupnya saja.

Menambahkan Cacing Tanah

Cacing tanah akan sangat membantu Anda, yaitu dengan memastikan kondisi tanah menjadi tanah yang dibutuhkan oleh tanaman. Keberadaan cacing tanah akan membantu tanah menjadi lebih gembur. Hal ini disebabkan oleh aktivitas cacing yang bergerak di dalam tanah sambil membuat rongga-rongga. Selain itu cacing akan membantu dekomposisi pada bahan-bahan organik yang berasal dari tanaman. Misalnya daun-daun yang berguguran akan dimakan oleh cacing tanah dan menjadi pupuk organik.

Membiarkan Tanaman Dikelilingi Binatang Kecil

Binatang kecil yang dimaksud antara lain katak atau kodok dan cicak. Jika mereka berada di sekitar tanaman-tanaman Anda, maka jangan usir mereka. Alasannya adalah, binatang-binatang ini akan memakan insekta dan serangga yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Akan ada banyak serangga yang berkembangbiak selama musim hujan. Oleh karena itu memastikan katak atau kodok dan cicak di sekitar tanaman adalah ide yang sangat bagus.

Membuat Kebun Vertikal

Kebun vertikal atau penataan pot secara vertikal bisa memastikan tidak ada genangan air di tanaman Anda. Sistem ini membuat tanaman bisa tumbuh dengan baik walau berada di lahan yang terbatas. Anda juga bisa melindungi tanaman-tanaman tersebut dengan menanamnya di dalam rumah. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi tanaman yang rusak atau bahkan mati akibat suplai air yang terlalu banyak saat musim hujan.

Sumber: Gardenbagan.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sekarang, Berkebun Bisa Dilakukan di Kantor

RumahCom - Berkebun tak hanya bisa dilakukan di rumah atau pada lahan luas. Jika Anda mau, di kantor pun Anda bisa berkebun. Tak ada salahnya mencoba berkebun di kantor. Menurut penelitian Norwegia

Lanjutkan membacaDesember 27, 2016

Cegah Tanaman Kering Saat Kemarau

RumahCom - Salah satu yang menjadi kendala di musim kemarau adalah berkuranganya sumber air yang Anda miliki. Aliran air yang keluar tak lagi keluar sederas di musim hujan. Mau tak mau Anda harus m

Lanjutkan membacaMaret 21, 2017

Mengenal Jenis Tanaman Rambat untuk Rumah dan Cara Menanamnya

RumahCom - Tanaman rambat mampu meningkatkan estetik rumah, selain itu kehadiran tanaman ini membuat rumah menjadi jauh lebih sejuk.Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman rambat? Mungkin Anda tidak

Lanjutkan membacaSeptember 10, 2020

Memanfaatkan Atap Rumah Menjadi Kebun

RumahCom - Berkebun di atap rumah menjadi solusi bagi mereka yang suka merawat tanaman tapi memiliki keterbatasan lahan. Bagi sebagian orang, berkebun menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Bi

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2020

Masukan