Cara Menjaga Rumah Tetap Aman Selama Musim Hujan

Boy LeonardNovember 6, 2020

Rumah Aman Saat Hujan

RumahCom – Musim hujan bisa menyebabkan beberapa masalah pada rumah. Anda bisa mencegahnya dengan memeriksa bagian rumah sebelum musim hujan sehingga tidak ada bagian rusak yang bisa menjadi saluran masuknya air.

Pada saat musim hujan, banyak orang yang menantikannya. Udara tentu jadi terasa lebih dingin serta percikan hujan terkadang membuat suasana menjadi terasa lebih tenang. Anda mungkin akan merasakan nyaman saat menyaksikan tetesan air hujan menyentuh permukaan tanah dan daun-daunan di halaman rumah Anda. Tetapi musim hujan ternyata bisa mendatangkan beberapa masalah pada rumah.

Hujan yang turun deras dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan banyak kerusakan pada rumah, terlebih saat terjadinya banjir. Misalnya dinding yang retak, halaman terendam air, hingga kerusakan pada furnitur rumah. Selain itu udara yang jauh lebih lembab akan menyebabkan kerusakan lain pada bagian rumah, bahkan bisa memicu pertumbuhan jamur dan lumut. Oleh karena itu ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk menjaga rumah saat musim hujan, berikut di antaranya.

Periksa bagian rumah sebelum musim hujan

Sebelum musim hujan datang, sebaiknya Anda memperhatikan detail kerusakan pada rumah. Mengetahui letak kerusakan dapat memudahkan Anda dalam proses perbaikannya. Pada saat musim hujan datang, kerusakan tersebut bisa menjadi sumber masuknya air ke dalam rumah. Hal ini tentu berbahaya karena air yang masuk bisa mengakibatkan korsleting rumah.

Menambal dan Menutup Lubang Keretakan

Amati kerusakan dan kebocoran pada langit-langit rumah Anda. Begitu Anda menyadari terdapat kebocoran, segera untuk melakukan perbaikan. Anda bisa menutup lubang yang bocor serta melapisi ya dengan cat pelapis tahan air. Selain itu, bersihkan saluran pembuangan air pada pipa plafon di atap Anda. Bila diperlukan hubungi spesialis ledeng dan pipa untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Melakukan pengecatan

Pengecatan bertujuan untuk melapisi bagian rumah yang paling sering terkena hujan secara langsung. Misalnya bagian eksterior rumah, dinding, atau pagar rumah Anda. Memilih cat dengan kualitas paling baik memang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya tidak semua cat tahan air dan bisa digunakan pada setiap tekstur permukaan. Pengecatan juga mencegah Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk renovasi rumah di kemudian hari.

Pintu dan Jendela

Bagian ini merupakan daerah paling terdampak saat hujan turun. Percikan air hujan dalam waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan karat dan keropos. Pastikan Anda telah melapisi kusen pintu dan jendela dengan cat khusus yang tahan air.

Instalasi Listrik

Membungkus kabel dengan lapisan tahan air adalah bisa Anda lakukan untuk memastikan keamanan rumah. Memastikan tidak ada kabel listrik yang terkelupas, posisi kabel yang tidak terlilit, merupakan sebagian kecil penanganan yang perlu Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah korsleting pada peralatan elektronik dan mengurangi resiko tersengat listrik ketika musim hujan tiba. Selain itu, perbaikilah kerusakan yang terjadi pada instalasi listrik setelah musim hujan berakhir.

Pencegahan Serangga

Memiliki kondisi fisik yang prima menjadi prioritas Anda saat menghadapi cuaca hujan yang dingin. Anda tentu tidak mau terkena infeksi serangga seperti nyamuk pembawa penyakit malaria atau demam berdarah. Sering-sering melakukan kontrol serangga agar terhindar dari potensi serangan berlebih di kemudian hari. Memastikan tidak ada genangan air di halaman rumah adalah cara yang bisa Anda lakukan, karena nyamuk berkembang biak di daerah yang memiliki banyak air.

Drainase

Anda perlu membersihkan pipa saluran pembuangan air secara rutin. Tumpukan sampah bisa menjadi penghambat air ketika mengalir. Segera bersihkan sumbatan sampah tersebut, agar aliran lebih lancar dalam membuang air hujan ke luar dari rumah.

Sumber: Reliancegeneral.co.in
Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

 Adaptasi ‘New Normal’, Ini Isu Utama Untuk Keamanan Hunian

RumahCom – Virus korona masih melanda berbagai negara di dunia dan menyebabkan bencana global alias pandemi. Sejumlah prediksi pun bermunculan terkait kondisi dunia usai pandemi Covid-19 atau di mas

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Selamatkan Furnitur Saat Musim Hujan dengan 5 Cara Ini

RumahCom - Memasuki musim hujan, ada banyak persiapan yang harus Anda dan banyak orang lain lakukan. Misalnya mengecek atap yang bocor, saluran air, memindahkan barang-barang di halaman rumah, dan ban

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2020

Tips Menjaga Kesehatan Diri dan Keluarga Saat Musim Hujan

RumahCom - Cuaca hujan membuat suhu udara menjadi jauh lebih dingin serta membuat nyamuk menjadi semakin banyak di rumah. Hal tersebut berpotensi menyebabkan berbagai macam gangguan penyakit.Kondisi c

Lanjutkan membacaNovember 4, 2020

Masukan