Ini Caranya Mengatur Dokumen Agar Tidak Berantakan

November 10, 2020

RumahCom – Kertas dokumen merupakan barang penting yang biasanya ada di rumah. Namun seringkali seseorang abai dan menaruh kertas sembarangan.

Kertas memang terlihat ringan dan tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya di rumah. Namun, bila terus menerus dibiarkan tentu akan menumpuk dan membuat ruang kerja menjadi berantakan. Anda juga akan kesulitan untuk menemukan kertas atau dokumen yang ingin dipakai bekerja. Oleh karena itu, perlu perhatian khusus dari Anda untuk mengatur dan menyusun kertas serta dokumen sehingga terlihat lebih rapi saat disimpan.

Ada 2 tipe kertas yang perlu Anda pahami. Pertama adalah  kertas atau dokumen yang belum Anda Gunakan. Tipe kertas ini mencakup keseluruhan kertas yang belum Anda proses. Contohnya seperti kertas tagihan listrik, air, atau pajak. Beberapa dokumen pekerjaan yang belum Anda lihat juga masuk ke dalam kategori ini. Pisahkan kertas tersebut dalam satu wadah khusus agar memudahkan Anda ketika memprosesnya satu per satu.

Kedua adalah kertas atau dokumen yang harus Anda simpan. Pada kategori ini, kertas atau dokumen ini mencakup keseluruhan file yang telah Anda lihat dan putuskan untuk disimpan. Bisa saja hasil laporan keuangan yang Anda buat untuk disetorkan pada atasan Anda, atau catatan jadwal presentasi selama sebulan penuh. Alangkah lebih baik bila Anda memasukkan dokumen tersebut ke dalam wadah khusus, dan menandai dokumen tersebut dengan tanggal atau penanda khusus lainnya.

Ketiga yakni kertas atau dokumen yang Ingin Anda simpan. Kategori berikut ini merujuk pada beberapa kertas atau dokumen yang memang ingin Anda simpan. Bisa saja berupa dari rekan, saudara, atau dari kantor. Anda ingin menyimpan kertas tersebut karena memiliki pengalaman dan kenangan khusus di dalamnya. Jadikan dalam satu file untuk kemudian disimpan pada rak atau lemari.

Apabila Anda telah memahami pembagian kategori tadi, langkah selanjutnya adalah melakukan pengkategorian serta penataan kertas atau dokumen. Anda bisa mengikuti beberapa tahapan berikut ini untuk menata kertas di rumah.

1. Mengkategorikan Kertas Anda

Mulailah dengan menyusun kertas Anda berdasarkan beberapa kategori, misalnya kertas presentasi, proposal proyek, laporan keuangan, atau tagihan. Anda juga bisa menambahkan kategori lain sesuai dengan keinginan. Pengkategorian kertas memudahkan Anda mencari kertas yang tepat bila dibutuhkan. Setelah itu Anda bisa menyimpan kertas berdasarkan kategori tadi agar lebih mudah ditemukan.

2. Susun Kertas Tegak Berdiri

Selanjutnya adalah menyusun kertas pada tempatnya dengan posisi tegak berdiri. Letakkan kertas yang telah Anda pisahkan berdasarkan kategorinya di box atau rak penyimpanan. Ini akan membantu Anda untuk melihat berapa banyak kertas yang Anda miliki. Selain itu, ruangan Anda akan tertata lebih rapi. Pastikan Anda juga memberi label pada folder penyimpanan kertas agar mudah menemukan kertas yang ingin digunakan.

3. Sediakan Kotak Tunggu

Pisahkan kertas atau dokumen yang belum Anda proses sama sekali. Jangan menggabungkan keseluruhan dokumen ke dalam satu tempat penyimpanan. Baru ketika Anda telah memproses dokumen tersebut, Anda dapat memutuskan dokumen mana yang ingin disimpan atau dibuang.

Saat Anda menyimpan seluruh dokumen atau kertas yang dimiliki berdasarkan kategorinya masing-masing. Anda bisa menentukan berapa banyak tempat yang tersedia untuk menyimpan tambahan kertas di kemudian hari. Ketika ruang yang Anda sediakan mulai penuh, itu adalah saat yang tepat untuk mulai menyortirnya kembali dan memutuskan untuk membuang kertas yang tidak perlu. Pengecekan secara rutin sangat perlu Anda lakukan, untuk mencegah penumpukan.

Sumber: Realsimple.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kementerian PUPR Siap Operasikan Tol BORR Simpang Yasmin-Kayu Manis

RumahCom – Pemerintah terus mengumumkan pengoperasian jalan tol yang masuk ke dalam proyek strategis nasional. Kali ini jalan tol BORR yang akan dioperasikan untuk memudahkan aksesibilitas hingga me

Lanjutkan membacaNovember 9, 2020

Saatnya Merawat Perangkat Elektronik Di Rumah, Ini Panduannya

RumahCom – Perangkat elektronik di rumah merupakan bagian penting untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Karena itu penggunaan maupun maintenance berbagai perangkat peralatan rumah tangga harus tep

Lanjutkan membacaNovember 9, 2020

Kolaborasi Pengembang-Perbankan, Bisa Libur Bayar Dua Tahun

RumahCom – Kolaborasi pengembang dan perbankan kembali dilakukan dan kali ini antara LRT City dengan Bank BTN. Kerja sama ini menghasilkan skema pembiayaan khusus dengan berbagai kemudahan untuk mem

Lanjutkan membacaNovember 9, 2020

Ini Cara Kreatif untuk Membersihkan Dapur

RumahCom - Membersihkan dapur membutuhkan waktu yang cukup banyak. Oleh karena itu diperlukan cara-cara kreatif untuk membersihkan dapur dalam waktu yang singkat.Ada banyak hal yang bisa Anda kerjakan

Lanjutkan membacaNovember 10, 2020

Masukan