Aplikasi e-FLPP Versi Baru Dirilis Awal 2021, Ada Fitur Baru Apa Saja?

Boy LeonardNovember 9, 2020

Aplikasi e-FLPP Versi Baru Dirilis Awal 2021, Ada Fitur Baru Apa Saja

RumahCom – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) akan merilis aplikasi e-FLPP versi 2 pada awal 2021. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tingginya target penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) 2021.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) segera merilis aplikasi terkait Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yakni sistem e-FLPP versi 2 pada 2021 yang merupakan pengembangan dari e-FLPP pada 2018.

“Rencananya sistem ini akan diimplementasikan pada Januari 2021,” tutur Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Senin, 9 November 2020.

Arief menilai, pengembangan sistem e-FLPP v.2 ini merupakan upaya dari PPDPP untuk terus meningkatkan pelayanan kepada mitra kerja, yaitu Bank Pelaksana dalam menyalurkan dana FLPP dan sebagai upaya dari PPDPP untuk mengantisipasi tingginya target penyaluran dana FLPP tahun 2021 sebesar 157.500 unit serta pengoptimalan SDM yang ada.

Sistem e-FLPP V.1 yang diluncurkan pertama kali pada 3 Agustus 2016 bertujuan untuk menghindari adanya human error dalam pengujian data calon debitur dana FLPP yang disampaikan oleh Bank Pelaksana, tertib administrasi, maupun penyalahgunaan data.

Apabila sebelumnya batas waktu pencairan dana FLPP maksimal selama 7 hari kerja secara manual, maka dengan pemanfaatan sistem e-FLPP batas waktu pencairan FLPP maksimal bisa 3 hari kerja dengan catatan dokumen pencairan sudah diterima lengkap dan benar oleh PPDPP.

Dalam pengembangan e-FLPP V.2 ini dilakukan penambahan fitur-fitur yang membantu pekerjaan lebih efektif dan efisien. Berkas permintaan pembayaran dana FLPP dapat dibentuk dari beberapa Daftar Kelompok Sasaran (DKS), semua dokumen (surat permohonan, form data debitur (H).

Kemudian daftar kelaikan fungsi) tidak perlu diunggah karena secara otomatis dihasilkan oleh mesin, meminimalisir kesalahan dan semua dokumen ditandatangani pejabat bank secara digital yang sudah disertifikasi BSrE, BSSN melalui aplikasi android (APK), dengan demikian proses persetujuan berkas menjadi lebih cepat.

“Selain itu tersedia juga pencatatan tagihan secara otomatis dan dashboard monitoring untuk memantau capaian kinerja dan sisa kuota masing-masing Bank Pelaksana,” ucap Direktur Utama PPDPP tersebut.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

Sumber foto utama: Unsplash.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mau Cicil Rumah Subsidi, Ajukan ke 25 Bank Ini!

RumahCom - Guna menyukseskan Program Sejuta Rumah, pihak perbankan diminta membantu masyarakat memiliki rumah layak huni. Pasalnya, rumah yang telah dibangun oleh pengembang akan mudah terserap masyar

Lanjutkan membacaMaret 4, 2016

PPDPP Kementerian PUPR Rilis 10 Perumahan Subsidi Paling Digemari

RumahCom – Aplikasi SiKasep yang diluncurkan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) telah memudahkan masyarakat mengakses rumah murah bersubsidi. PPDPP juga merilis sepuluh perumahan ya

Lanjutkan membacaMaret 31, 2020

Sebanyak 66.633 Masyarakat Berpenghasilan Rendah Terima Dana FLPP

RumahCom – Selama 2020, sebanyak 66.633 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sudah menerima dana dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Hal ini berdasarkan laporan Pusat Pengelolaa

Lanjutkan membacaJuni 15, 2020

Mau Cari Rumah Subsidi? Begini Caranya!

RumahCom – Rumah bersubsidi merupakan alternatif hunian bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).Rumah tersebut adalah tempat tinggal yang tidak dikenakan pajak dan memiliki bunga rendah

Lanjutkan membacaNovember 4, 2020

Masukan