Langkah-Langkah Membangun Dek Terpisah Di Rumah

Wahyu ArdiyantoNovember 11, 2020

Langkah-Langkah membangun dek terpisah di rumah

RumahCom – Halaman belakang rumah menjadi tempat yang paling cocok digunakan untuk bersantai. Apalagi bila Anda memiliki saung sederhana dengan kolam dan taman di sekitarnya. Umumnya Anda bisa menciptakan saung sederhana tanpa dek terpisah.

Namun, menggunakan dek terpisah justru mendatangkan berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh di kemudian hari. Dek terpisah adalah sebuah dek rendah yang tidak dipasang pada sisi rumah.

Dek ini berfungsi sebagai jalan atau penghubung yang bisa Anda lalui saat bermain di pinggir kolam atau taman di belakang rumah Anda. Biasanya dek terpisah berukuran lebih rendah dari 30 cm dan dibangun sendiri berdasarkan keinginan pemilik rumah.

Opsi untuk menggabungkan dek dengan rumah juga tersedia, demi alasan struktural agar memudahkan akses dari rumah. Namun, dek terpisah juga memberikan manfaat bagi Anda berupa keamanan konstruksi sehingga tidak merusak dinding belakang rumah Anda.

Dek terpisah menggunakan susunan batu dan beton sebagai pondasi sehingga aman untuk diaplikasikan. Selain itu memasang dek terpisah juga sangat mudah dan lebih hemat dalam biaya pemasangannya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan bila membuat dek terpisah pribadi.

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat dek terpisah di rumah.

1. Menandai Area Dek Terpisah

Pilihlah sebuah area tanah terbuka di belakang rumah Anda. Lalu tandai 9 spot yang akan Anda pasangi balok beton. Gunakan pita ukur untuk mengukur jarak antar spot yang telah Anda tandai. Lalu Anda bisa menarik sebuah garis lurus dengan benang yang dikaitkan pada pasak. Berikanlah tanda yang tepat dengan menggunakan cat penanda.

2. Menentukan Kedalaman Lubang Galian

Tentukan kedalaman lubang galian berdasarkan kesesuaian tanah. Pastikan kedalaman lubang yang akan digali cocok untuk meletakkan balok beton. Bila Anda merasa tidak perlu melakukan galian, Anda bisa langsung meletakkan balok beton di tanah setelah rumput dibersihkan. Perhatikan juga peraturan yang menyebutkan batasan galian di sekitar rumah Anda

3. Menggali Lubang untuk Balok Beton

Bersihkan terlebih dahulu rerumputan yang ada di sekitar area galian. Kemudian, gali lubang dengan menggunakan alat penggali pada setiap spot yang ditandai sebelumnya. Usahakan untuk membuat lubang dengan lebar 1 1/2 kali dari ukuran balok beton.

Umumnya balok beton berukuran 11 1/2 inci pada bagian dasarnya. Maka, lebar diameter lubang galian Anda kira kira 18 inci. Isi lubang dengan tambahan batu kerikil untuk mendapatkan tinggi permukaan balok yang sama

4. Meletakkan Balok Beton

Setelah itu Anda bisa mulai meletakkan balok beton pada lubang yang telah disediakan. Untuk beberapa balok yang memiliki bracket bawaan. Anda bisa menyusunnya hingga membentuk susunan yang lurus, atau bila perlu Anda bisa melakukan rotasi 360 derajat untuk menyesuaikan balok beton tersebut

5. Keringkan Permukaan Dek

Langkah selanjutnya adalah pemasangan balok dek sebagai permukaan dek terpisah. Anda bisa meletakkan susunan balok dek 4×4 di atas balok beton yang telah dipasang. Kemudian tekan sedikit untuk memastikan telah terpasang sempurna.

6. Atur Tingkat Kedataran Permukaan Dek

Untuk mendapatkan hasil dek yang lebih datar, Anda bisa menggunakan alat ukur kedataran seperti waterpass. Pastikan keseimbangan datar di seluruh bagian permukaan dek. Lakukan pengecekan dan atur kesesuaiannya apabila ada dek yang lebih tinggi atau lebih rendah.

7. Tambahkan papan kayu permukaan untuk dek

Selanjutnya Anda bisa memasang papan kayu permukaan untuk dek. Tempatkan papan 4×4 ke susunan dek yang ada. Jangan lupa untuk menghubungkan keduanya dengan sekrup penghubung hex-head. Pasang dengan menggunakan bor dan mata bor yang Anda miliki.

8. Potong kayu berlebih

Biasanya papan kayu yang dipasang memiliki kelebihan lebar yang tidak cocok untuk disandingkan dengan papan kayu lain dalam dek terpisah. Oleh karena itu potonglah kelebihan kayu tersebut dengan gergaji listrik. Namun perhatikan juga ketepatan hasil potongan dengan papan kayu yang akan dipasang di susunan dek terpisah lainnya.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan oli kayu sebagai pelumas papan agar mencegah gangguan rayap atau pelapukan di kemudian hari.

9. Tambahkan lapisan kayu akhir

Anda bisa menyambungkan lapisan kayu akhir dengan permukaan dek menggunakan sistem sambungan tersembunyi. Ini akan membuat dek lebih aman untuk dilewati ketika selesai dibuat. Sistem tersembunyi ini memakai prinsip sekrup yang dipasang di antara kedua lapisan kayu dek permukaan tersebut.

Total ada sekitar 6 sekrup yang akan Anda pasang pada setiap lantai dek. Anda juga perlu memastikan bahwa sekrup yang telah dipasang berada pada tepian dek dan tidak terlihat dari bagian atas dek.

Sumber: Thespruce.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Satu Juta Sertifikat Tanah Dibagikan Untuk Masyarakat

RumahCom – Pemerintah terus mempercepat program pensertifikatan tanah di seluruh wilayah Indonesia. Untuk memudahkan masyarkat, Kementerian ATR/BPN akan menerbitkan sertifikat tanah secara elektroni

Lanjutkan membacaNovember 10, 2020

Kabar Baik! Bisnis Properti Rumah Tapak Isyaratkan Pemulihan

umahCom – Tren hunian rumah tapak tahun 2021 tampaknya cukup prospektif, meskipun secara keseluruhan kondisinya masih belum pulih.Managing Director Strategic Business & Services Sinar Mas Land A

Lanjutkan membacaNovember 10, 2020

Surabaya Sukses Tata Permukiman Kumuh, Kini Tinggal 0,3 Persen Saja

RumahCom – Ahli permukiman dan perkotaan, yang merupakan guru besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof. Johan Silas, mengatakan bahwa proses penataan kawasan kumuh di Surabaya, Jawa Tim

Lanjutkan membacaNovember 10, 2020

Masukan