Perlukah Memasang Jendela Kaca Patri di Rumah?

Wahyu ArdiyantoNovember 11, 2020

Perlukah memasang jendela kaca patri di rumah?

RumahCom – Jendela kaca patri merupakan jenis jendela yang indah dan artistik karena ditambahkan warna dan motif menarik. Penggunaan jendela ini banyak ditemukan pada bangunan bersejarah, gedung-gedung komersial, hingga gereja.

Jendela ini banyak ditemukan di bangunan-bangun di Eropa. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan arsitektur, banyak juga rumah-rumah yang memasang kaca patri untuk mempercantik dan menambah nilai estetikanya.

Pertimbangan Saat Memasang Jendela Kaca Patri

Jika Anda tertarik untuk memasang jenis kaca ini pada jendela rumah ada hal yang harus jadi pertimbangan. Jendela ini tidak tembus pandang, artinya Anda tidak bisa melihat ke bagian luar atau dalam rumah. Hal ini cukup menyulitkan Anda untuk urusan keamanan rumah. Sebaiknya memasang kaca patri hanya pada sebagian jendela saja.

Selanjutnya pemilihan pola, motif, dan warna pada kaca patri harus disesuaikan dengan bentuk jendela. Jika tidak sesuai maka akan mengurangi nilai estetika yang sebenarnya Anda inginkan. Ujungnya malah bagian depan rumah tampak aneh dan tidak memiliki perpaduan yang tepat antara bentuk jendela serta motif kacanya.

Kecocokan warna antara jendela dengan bingkai dan dinding rumah juga patut dipertimbangkan. Warna-warna tersebut tentu harus saling menyatu dan tidak tumpang tinding. Lalu, pastikan warna jendela patri tidak terlalu mencolok dibandingkan warna di sekitarnya.

Keuntungan Memasang Jendela Kaca Patri

Jendela kaca ini kaya motif dan warna, membuatnya sangat menarik bila dipasang pada rumah. Kaca patri yang menyerupai lukisan ini memberikan kesan indah dan mewah yang tinggi pada rumah jika dipasang dengan tepat. Pemasangan dengan proporsi yang tepat akan membuat rumah jadi tampak kaya dengan motif-motif cantik.

Kehadiran jendela kaca patri juga akan meningkatkan value dari rumah Anda. Jika sebelumnya hanya memasang kaca biasa, maka kehadiran kaca patri akan memberi sentuhan mewah. Walau demikian Anda tidak perlu memasangnya terlalu banyak, cukup pada bagian-bagian yang diperlukan saja.

Kekurangan Jendela Kaca Patri

Kaca patri memang bisa meningkatkan privasi pada rumah, karena kaca ini tidak tembus pandang. Namun penggunaannya yang terlalu banyak bisa berakibat buruk pada rumah. Misalnya jika warna kaca yang Anda pilih adalah warna gelap, maka akan mengurangi pencahayaan yang masuk ke dalam rumah.

Hal tersebut membuat rumah jadi lebih gelap dan memaksa Anda menggunakan lampu pada jangka waktu lama. Penggunaan kaca patri juga bisa mendistorsi pandangan Anda ke luar rumah. Hal ini menyebabkan Anda tidak bisa melihat dengan jelas bagian luar rumah.

Hal ini tentu berisiko pada keamanan rumah Anda.  Oleh karena itu sangat disarankan untuk memasang jendela kaca patri pada bagian rumah yang tidak menghalangi pandangan. Dalam pemilihan kaca patri, Anda juga perlu berhati-hati. Karena jika tidak maka pemasangan jendela bisa mengubah bingkai jendela rumah Anda.

Perubahan bingkai jendela tersebut tentu akan berpengaruh pada keseluruhan gaya arsitektur rumah Anda. Hal ini tentu perlu dihindari, walau memberi nilai estetika yang tinggi namun perubahan gaya arsitektur tentu membuat konsep rumah Anda tidak padu.

Oleh karena itu disarankan untuk memilih jendela kaca patri yang sesuai dengan arsitektur rumah Anda. Jangan paksakan untuk menyesuaikan rumah dengan jendela kaca patri yang Anda inginkan. Hal ini akan merusak kesatuan arsitektur rumah Anda dan tentu mengurangi nilai-nilai estetika yang diharapkan.

Sumber: Mymove.com

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Tak perlu ke mana-mana, cukup dari rumah Anda bisa mengetahui potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Satu Juta Sertifikat Tanah Dibagikan Untuk Masyarakat

RumahCom – Pemerintah terus mempercepat program pensertifikatan tanah di seluruh wilayah Indonesia. Untuk memudahkan masyarkat, Kementerian ATR/BPN akan menerbitkan sertifikat tanah secara elektroni

Lanjutkan membacaNovember 10, 2020

Kabar Baik! Bisnis Properti Rumah Tapak Isyaratkan Pemulihan

umahCom – Tren hunian rumah tapak tahun 2021 tampaknya cukup prospektif, meskipun secara keseluruhan kondisinya masih belum pulih.Managing Director Strategic Business & Services Sinar Mas Land A

Lanjutkan membacaNovember 10, 2020

Surabaya Sukses Tata Permukiman Kumuh, Kini Tinggal 0,3 Persen Saja

RumahCom – Ahli permukiman dan perkotaan, yang merupakan guru besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof. Johan Silas, mengatakan bahwa proses penataan kawasan kumuh di Surabaya, Jawa Tim

Lanjutkan membacaNovember 10, 2020

Masukan