Ini Tips Agar Terorganisir Saat Membangun Rumah Sendiri

Boy LeonardNovember 13, 2020

Ini Tips Agar Terorganisir Saat Membangun Rumah Sendiri

RumahCom – Membangun rumah melibatkan banyak hal yang harus diurus. Mulai dari konsep pembangunan, dokumen, izin, dan banyak lagi lainnya.

Membangun rumah tidak hanya soal tanah dan bahan bangunannya saja. Ada banyak hal yang yang harus Anda urus agar pembangunan rumah bisa berjalan dengan baik. Mulai dari perencanaan desain, pengurusan izin, dokumen, hingga komunikasi yang baik dengan kontraktor. Karena banyak hal yang harus diurus, maka pembangunan  rumah tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Sebagian orang bahkan bisa pusing dan stres karena hal tersebut. Oleh karena itu dalam membangun rumah Anda harus membuat segala sesuatunya menjadi terorganisir. Tujuannya agar Anda terhindar dari hal-hal yang menyulitkan seperti dokumen yang hilang, kontraktor yang lalai, hingga izin yang belum siap. Oleh karena itu berikut adalah tips agar Anda tetap terorganisir saat membangun rumah.

Mengetahui keinginan dan kebutuhan

Saat membangun rumah Anda tentu memiliki banyak keinginan. Misalnya desain rumah yang terbaik, konsep hunian modern, kesan mewah pada rumah, fasilitas lengkap, dan banyak lagi lainnya. Namun semakin banyak keinginan bisa membuat Anda kesulitan untuk menerapkannya satu per satu. Hal ini bisa terjadi karena setiap keinginan memiliki kesulitan tersendiri untuk diwujudkan. Hasilnya Anda hanya terjebak dalam kesulitan-kesulitan tersebut saat membangun rumah.

Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memikirkan secara baik-baik apa yang menjadi kebutuhan paling esensial dan mendasar pada rumah Anda. Luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk menuliskan 5 kebutuhan dasar tersebut. Lalu diskusikan bersama keluarga dan pastikan pendapat mereka juga berdasarkan kebutuhan yang paling memungkinkan untuk diwujudkan. Dengan demikian Anda sudah mengetahui secara pasti rumah seperti apa yang akan dibangun.

Bahas desain bersama kontraktor

Setelah mengetahui apa yang Anda butuhkan saat mebangun rumah, maka saatnya membicarakan hal tersebut bersama kontraktor. Pastikan Anda menjelaskan secara detail soal konsep rumah yang diinginkan. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menunjukkan contoh rumah yang sesuai dengan keinginan Anda. Mulai dari konsep hingga fitur-fitur yang tersedia, sehingga kontraktor mengetahui dengan betul rumah seperti apa yang Anda butuhkan.

Mengorganisasi dokumen dengan baik

Salah satu bagian yang paling memusingkan saat membangun rumah adalah dokumen. Kerap kali karena ukuran dokumen yang kecil atau tipis sehingga mudah terjatuh, hilang, atau terselip. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan membuat folder khusus untuk dokumen-dokumen pembangunan rumah.

Folder khusus tersebut sebaiknya ditempatkan secara terpisah dan mudah untuk ditemukan. Saat Anda membutuhkan dokumen tertentu bisa menemukannya dengan mudah. Pastikan juga Anda memiliki salinan dokumen agar masih tetap bisa digunakan walau ada yang hilang.

Dokumen yang dibutuhkan tidak hanya berbentuk kertas saja. Namun ada beberapa dokumen penting lainnya dalam bentuk digital yang dikirim lewat e-mail. Jadi pastikan Anda memiliki e-mail khusus untuk menyimpan dokumen pembangunan rumah. Jika tidak, pastikan e-mail Anda memiliki folder penyimpanan khusus agar tidak kesulitan saat dicari.

Kunjungi rumah saat sedang dibangun

Melihat secara langsung proses pembangunan rumah membantu Anda untuk mengetahui apakah konsep yang diinginkan terealisasi dengan baik atau tidak. Pastikan Anda mengunjungi rumah yang sedang dibangun tersebut secara rutin. Komunikasikan dengan kontraktor masalah apa saja yang terjadi saat rumah dibangun, agar bisa segera diselesaikan secara cepat.

Sumber: Mymove.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bangun Rumah Sendiri, Usahakan Pakai Material Asli!

RumahCom – Membangun rumah sendiri sejatinya bukan perkara mudah. Selain harus berdiri kokoh, rumah juga harus bisa memberikan rasa aman, nyaman, hingga efek emosional yang positif bagi penghuninya

Lanjutkan membacaFebruari 20, 2018

Punya Rumah Sendiri Makin Praktis!

RumahCom – Beli rumah memang tak berarti harus membeli rumah yang sudah jadi. Jika Anda termasuk orang yang lebih puas jika mendesain sendiri, tentunya Anda akan memilih untuk membeli tanah terle

Lanjutkan membacaApril 1, 2018

Cara Cepat Wujudkan Impian Punya Rumah

RumahCom – Berbagai pihak terus mendukung masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial, untuk segera memiliki hunian sendiri. Mulai dari Pemerintah, pengembang, hingga perbankan, dengan berbaga

Lanjutkan membacaMei 3, 2018

5 Rumah Ini Dibangun Dengan Bahan Daur Ulang, Loh!

RumahCom - Bahan daur ulang ternyata bisa dimanfaatkan kembali untuk berbagai kebutuhan, termasuk membangun sebuah rumah.Pada umumnya rumah dibangun dengan bahan baku seperti batu bata dan semen. Agar

Lanjutkan membacaJuli 15, 2020

Masukan