Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan Tiba

Boy LeonardNovember 14, 2020

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan Tiba

RumahCom – Risiko terkena flu semakin tinggi saat musim hujan tiba. Beberapa cara untuk mencegahnya mulai dari menjaga asupan vitamin C hingga rutin berolahraga.

Mencegah flu perlu dilakukan agar aktivitas tidak terhambat dan tetap produktif selama di rumah. Flu biasa menyerang ketika musim hujan sudah datang. Namun, badan tetap harus bisa diajak beraktivitas karena tuntutan pekerjaan. Hal ini menyebabkan sistem imun tubuh menurun dan berakibat pada flu. Oleh karena itu Anda harus memastikan tubuh baik-baik saja supaya terus sehat. Berikut ini a beberapa upaya untuk mencegah flu yang bisa diterapkan ketika musim hujan datang.

Menjaga kesehatan pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan bisa dilakukan dengan banyak hal. Mulai dari mengonsumsi makanan yang tidak memperburuk kesehatan usus, banyak minum air putih, dan mengkonsumsi makanan yang disukai pencernaan. Makan makanan pedas di musim hujan memang kedengarannya menarik, namun sebaiknya jangan di musim hujan ini. Karena bisa berakibat buruk pada kesehatan pencernaan.

Minum teh herbal

Ada cara yang sangat sederhana untuk dilakukan namun bisa dijadikan upaya dalam memastikan tubuh tidak terkena flu selama musim hujan. Biasakan untuk minum teh herbal selama musim hujan. Anda bisa melakukannya sebelum memulai aktivitas atau saat sedang beristirahat. Beberapa teh herbal yang jadi opsinya antara lain teh rosella, teh bunga krisan, teh kunyit, teh kamomil, teh jahe, dan teh ginseng.

Kurangi stres

Jika Anda ingin tetap fit di musim hujan ini, sebaiknya untuk mengurangi kegiatan-kegiatan yang menyebabkan stres. Kondisi tubuh yang sedang stres saat musim hujan boleh jadi membuat kekebalan Anda menurun. Hal tersebut akan membuat tubuh terkena flu dan beberapa penyakit lainnya.

Aktivitas yang menyebabkan stres sebaiknya dihindari atau dikurangi. Anda perlu melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bisa membuat tubuh serta pikiran jadi lebih segar. Mudah untuk mendapatkan hiburan di zaman sekarang ini. mulai dari yang sederhana seperti bertemu seseorang atau main game, hingga hiburan seperti karaoke, nonton film, atau berbelanja.

Olahraga rutin

Cara mencegah flu yang selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Tak melulu harus olahraga yang berat dan menghasilkan banyak keringat serta melelahkan. Asalkan ada gerakkan dalam olahraga yang dilakukan dengan teratur hal tersebut sudah bagus untuk tubuh. Anda telah mengupayakan kondisi tubuh yang lebih sehat selama musim hujan ini sehingga terhindar dari serangan flu.

Tingkatkan asupan vitamin C

Asupan vitamin C yang disarankan ini boleh bersumber dari mana saja. Anda bisa mendapatkannya pada buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan stroberi. Namun juga bisa dipilih jalan singkat dengan cara meminum vitamin C nya langsung. Sudah banyak produk suplemen dan vitamin yang khusus mengandung vitamin C dengan kadar tinggi.

Gejala-Gejala Flu

Mengerti bagaimana cara mencegah flu saja akan kurang. Sebaiknya Anda juga tahu bagaimana saja gejala-gejala flu itu sendiri. Dengan mengerti gejala flu Anda bisa mencegah flu tersebut jadi lebih parah Sebab kapan saja Anda sudah merasa gejalanya datang, bisa segera melakukan sesuatu untuk mencegah datangnya flu.

Adapun beberapa gejalanya antara lain demam, bersin-bersin, hidung gatal, sakit tenggorokan (lebih sering berupa merasa sakit ketika menelan), pegal linu, pusing kepala, dan cepat merasa lelah. Anda tahu apa yang harus dilakukan jika beberapa atau salah satu gejala ini muncul. Jika flu tersebut tidak kunjung sembuh sebaiknya Anda menemui dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Sumber: Medlife.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Waspadai 7 Barang di Kamar yang Berpotensi Buruk Bagi Kesehatan Anda

RumahCom – Kamar tidur merupakan ruang privasi yang wajib dijaga kenyamanannya tanpa melupakan faktor kebersihan dan kesehatannya. Namun tahukah Anda bahwa sejumlah barang di kamar berpotensi member

Lanjutkan membacaNovember 17, 2017

Tips Olahraga yang Mudah dan Murah di Rumah

RumahCom - Memiliki tubuh yang sehat adalah sebuah kewajiban. Namun untuk tetap sehat tidak perlu melakukan aktivitas olahraga dengan peralatan mahal.Menjaga tubuh tetap sehat memang menjadi tanggung

Lanjutkan membacaOktober 20, 2020

Catat, 6 Benda Ini Berpotensi Menyebabkan Penyakit

RumahCom - Di rumah ada banyak sekali benda yang bisa menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab penyakit. Membersihkannya secara rutin adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan.Situasi pandemi ini me

Lanjutkan membacaNovember 3, 2020

Ini Beberapa Ide Untuk Melepas Stres Selama PSBB

RumahCom - Pandemi membuat orang semakin khawatir hingga menyebabkan stres. Saat PSBB ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres.Situasi pandemi global yang berdampak di banya

Lanjutkan membacaNovember 13, 2020

Masukan