Siasat Desain Hingga Penggunaan Furnitur Multi Fungsi Untuk Rumah Kompak

November 16, 2020

RumahCom – Hunian terbatas membuat kita harus ekstra kreatif menyiasati penataan ruang sehingga rumah tetap nyaman dan tertata. Selain penataan, penggunaan perabot multi fungsi juga menjadi penting untuk hunian-hunian kompak.

Kebanyakan hunian untuk kalangan masyarakat urban berupa rumah-rumah kompak dengan luasan yang terbatas. Di perkotaan yang padat, berhunian di unit apartemen ukuran ruangnya lebih terbatas lagi sehingga dibutuhkan perilaku dan berbagai kebiasaan pola hidup yang harus menyesuaikan dengan ukuran ruang yang terbatas seperti ini.

Salah satu kesulitan pada hunian yang terbatas yaitu membuat ruang penyimpanan atau storage untuk menyimpan berbagai kebutuhan yang kita gunakan sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa disiasati untuk menciptakan storage di rumah misalnya di sudut-sudut ruang, area bawah tangga, membuat rak dinding, memaksimalkan fungsi furnitur menjadi storage, dan sebagainya.

Menurut Wahyu Achadi, Direktur Homework, sebuah perusahaan design and build di Jakarta, menata rumah kompak yang serba terbatas dibutuhkan kreativitas tersendiri tapi yang lebih penting justru lifestyle maupun pola pikir terhadap ruang yang terbatas tersebut. Artinya, kalau hunian kita kompak janagn suka menyimpan aneka barang yang sebetulnya tidak digunakan lagi.

“Kalau pola pikir maupun kebiasaan kita tidak berubah, rumah sebesar apapun tidak akan pernah cukup untuk menyimpan berbagai barang. Untuk hunian kompak yang terbatas tentu bisa disiasati, yang umum itu menggunakan produk multi fungsi yang bisa membuat ruang terbatas masih memungkinkan memiliki fungsi lebih dengan kreativitas kita menggunakan produk maupun menyembunyikan berbagai area untuk storage,” ujarnya.

Akhirnya memang dibutuhkan biaya tambahan untuk membuat aneka furnitur custom tapi hal ini penting untuk membuat hunian kita lebih nyaman. Misalnya, sofa yang bagian bawahnya bisa dibuka untuk tempat penyimpanan, cermin besar yang bagian sisi-sisinya untuk tempat sepatu, meja ruang tamu menggunakan peti sehingga menjadi ruang storage, bagian bawah meja makan untuk menyimpan perangkat sendok-garpu, dan sebagainya.

“Untuk kamar anak yang terbatas, bisa dirancang tempat tidur mezanin jadi tempat tidur di bagian atas sehingga bawahnya bisa ada ruang untuk meja belajar maupun fungsi lain. Furnitur ini bisa dirancang sangat kompak sehingga ruang yang terbatas tetap cukup dan bisa terkesan luas. Lengkapi dengan laci-laci untuk storage, jadi seluruh barang anak-anak bisa tersimpan rapi dan tidak mengganggu ruang lain di rumah yang sudah terbatas,” imbuhnya.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

Salah satu pilihan produk  furnitur multifungsi misalnya sofa untuk di ruang tamu yang bagian bawahnya bisa untuk storage hingga tempat tidur lipat. Sofa ini bisa menjadi ruang tidur bila ada kerabat yang berkunjung. Salah satu pilihannya seperti produk multi fungsi Mr. Bazze Concept hasil produksi PT Turkiasia International Trading (TIT).

“Kami juga bisa membuat dipan tempat tidur yang bagian bawahnya bisa dibuka menggunakan sistem hidrolik bagasi bagasi mobil. Bagian bawah tempat tidur yang selama ini tidak berfungsi bisa menjadi ruang penyimpanan dengan ukuran seluas tempat tidurnya. Proses bukanya bisa vertikal dan horizontal sehingga bisa menjadi solusi storage untuk hunian kompak.” kata Ibrahim Simsek, General Manager TIT.

Selain menyediakan storage di bawahnya, dipan juga bisa ditambah dengan laci-laci sehingga memperbanyak area storage yang bisa digunakan. Sistem install produknya juga dibuat mudah dan kita bisa tetap menggunakan tempat tidur yang lama maupun bagian head dipan yang lama.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Penyaluran Dana FLPP 2020 Diprediksi Lampaui Target Unit

RumahCom – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), yang merupakan lembaga di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan, penyaluran dana Fasilitas Likuidita

Lanjutkan membacaNovember 13, 2020

Ini Beberapa Ide Untuk Melepas Stres Selama PSBB

RumahCom - Pandemi membuat orang semakin khawatir hingga menyebabkan stres. Saat PSBB ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres.Situasi pandemi global yang berdampak di banya

Lanjutkan membacaNovember 13, 2020

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan Tiba

RumahCom - Risiko terkena flu semakin tinggi saat musim hujan tiba. Beberapa cara untuk mencegahnya mulai dari menjaga asupan vitamin C hingga rutin berolahraga.Mencegah flu perlu dilakukan agar aktiv

Lanjutkan membacaNovember 14, 2020

Cara Menyejukkan Rumah Tanpa Bantuan Listrik

RumahCom - Saat cuaca sedang panas, AC dan kipas angin menjadi pilihan utama. Namun ada beberapa alternatif lain yang lebih hemat energi mulai dari mengatur sirkulasi udara hingga menambah tanaman di

Lanjutkan membacaNovember 15, 2020

Masukan