Tips Bekerja dan Belajar Bersama Anak dari Rumah

November 17, 2020

RumahCom – Bekerja sambil membimbing anak belajar di rumah bisa jadi hal yang sangat menyulitkan. Namun dengan mengatur jadwal kerja dan melakukan penyesuaian hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Para orangtua yang anaknya bersekolah di rumah, pasti sangat sulit untuk membagi waktu dan perhatian untuk memilih mana aktivitas yang harus didahulukan. Hal ini mungkin sedang Anda alami saat ini, pekerjaan kantor yang dikejar deadline hingga tugas rumah yang menumpuk.

Jika tidak segera dikerjakan, ada banyak masalah yang akan datang nantinya. Ditegur atasan hingga ditegur oleh guru sang anak adalah beberapa di antaranya. Oleh karena itu cara-cara berikut ini dapat menjadi solusi bagi Anda untuk mempermudah aktivitas bekerja dan belajar dari rumah.

1. Mengatur Jadwal yang Fleksibel

Bekerja dan belajar dari rumah seharusnya bisa memberi kenyamanan bagi Anda. Jam kerja dan suasana fleksibel tentu lebih mudah Anda terapkan. Namun, perlu dipahami bahwa Anda tetap membutuhkan jadwal tersendiri, untuk menentukan kegiatan mana yang perlu Anda dahulukan. Jadwal kerja akan membantu Anda mendahulukan kepentingan yang paling bermanfaat dan harus segera diselesaikan. Apalagi bila Anda memiliki banyak aktivitas yang perlu dikerjakan dalam waktu 1 hari.

2. Lebih Strategis Menggunakan Waktu

Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang tidak perlu selama masa bekerja dari rumah. Terlalu banyak bersantai juga menjadi problem tersendiri bagi anak Anda yang sedang belajar online. Segala aktivitas yang akan dilakukan dibuat rentetan waktunya agar tugas-tugas bisa selesai tepat waktu. Kemudian mengoptimalkan kinerja mereka untuk 1 kegiatan hingga selesai. Anda juga perlu menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin untuk menghemat waktu agar bisa digunakan mengerjakan aktivitas berikutnya.

3. Mengerjakan 2 atau Lebih Kegiatan Dalam 1 Waktu

Aktivitas multitasking atau mengerjakan dua hal dalam satu waktu membutuhkan fokus dan daya tahan yang tinggi. Bila bekerja atau belajar dari rumah, Anda perlu mengasah kemampuan ini agar mampu menyelesaikan aktivitas dalam waktu singkat. Misalnya, bila Anda seorang ibu rumah tangga, bisa menjemur pakaian sehabis mencuci sekaligus membiarkan anak bermain di taman. Atau Anda bisa menelepon klien sembari melakukan proses input data permintaan pesanan di komputer. Hal-hal seperti ini bukanlah sebuah pencapaian sekejap mata. Anda perlu melatih diri dan terbiasa untuk melakukannya.

Ditengah pandemi, rumah menjadi tempat teraman untuk berlindung. Simak selengkapnya di video berikut ini.

4. Tips Menghadiri Meeting Online

Anda tentu pernah menggunakan fasilitas teleconference atau video call, untuk rapat dengan rekan kerja atau client. Bila Anda sekarang bekerja dari rumah, pastikan untuk menggunakan earphone agar tidak ada suara yang mengganggu seperti teriakan anak Anda. Selain itu, tetap fokus pada jadwal yang seharusnya dan jangan berlebihan dalam menghadiri meeting. Apalagi bila Anda adalah si pembicara, sampaikan hal yang perlu dan langsung ke inti. Di samping lebih menghemat waktu, Anda juga bisa mengerjakan aktivitas lain jika meeting cepat berakhir.

5. Pastikan Keamanan Anak Saat Bekerja dan Belajar

Anak-anak memang tidak mau dibiarkan sendiri bermain, apalagi bila umur mereka masih muda. Sebagai orang tua, Anda tentu tidak mau meninggalkan anak Anda ketika mengerjakan tugas kantor di rumah. Namun, Anda perlu menyadari bahwa aktivitas tersebut bisa dilakukan bersama dan cukup menyenangkan. Caranya adalah dengan membiarkan anak Anda bermain sembari Anda menghadiri rapat atau meeting kantor. Namun, tetap awasi anak Anda sekaligus berikan dia pengalih perhatian seperti mainan atau makanan. Fokus kepada rapat dan anak sekaligus memang menguras energi, tapi percayalah, Anda akan puas bila berhasil melaluinya.

Sumber: Studiosity.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Beberapa Ide Untuk Melepas Stres Selama PSBB

RumahCom - Pandemi membuat orang semakin khawatir hingga menyebabkan stres. Saat PSBB ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres.Situasi pandemi global yang berdampak di banya

Lanjutkan membacaNovember 13, 2020

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan Tiba

RumahCom - Risiko terkena flu semakin tinggi saat musim hujan tiba. Beberapa cara untuk mencegahnya mulai dari menjaga asupan vitamin C hingga rutin berolahraga.Mencegah flu perlu dilakukan agar aktiv

Lanjutkan membacaNovember 14, 2020

Cara Menyejukkan Rumah Tanpa Bantuan Listrik

RumahCom - Saat cuaca sedang panas, AC dan kipas angin menjadi pilihan utama. Namun ada beberapa alternatif lain yang lebih hemat energi mulai dari mengatur sirkulasi udara hingga menambah tanaman di

Lanjutkan membacaNovember 15, 2020

Siasat Desain Hingga Penggunaan Furnitur Multi Fungsi Untuk Rumah Kompak

RumahCom – Hunian terbatas membuat kita harus ekstra kreatif menyiasati penataan ruang sehingga rumah tetap nyaman dan tertata. Selain penataan, penggunaan perabot multi fungsi juga menjadi penting

Lanjutkan membacaNovember 16, 2020

Industri Mebel Dan Kerajinan Justru Meningkat Saat Pandemi

RumahCom – Industri mebel dan kerajinan menjadi salah satu anomali bisnis karena justru menunjukan tren peningkatan saat situasi pandemi Covid-19. Hal ini diharapkan bisa menjadi pendorong peningkat

Lanjutkan membacaNovember 16, 2020

Masukan