Benda di Rumah yang Bisa Melukai Anak

November 17, 2020

RumahCom – Tidak semua benda yang ada di rumah aman dari anak. Jauhkan benda-benda yang berpotensi membahayakan agar melindungi anak di rumah.

Setiap hari banyak anak yang cedera karena jatuh, terkena benda tajam, hingga terkena api.  Kejadian tersebut tentu harus dihindari di rumah Anda, yang menjadi tempat paling aman bagi anak Anda. Solusi paling baik adalah mencegah bahaya tersebut menimpa anak Anda. Namun, bagaimana bila bahaya tersebut justru datang dari benda-benda yang memang sudah ada sejak dulu dan bahkan Anda tidak pernah berpikir bahwa benda tersebut justru berbahaya? Berikut ini adalah beberapa benda yang berpotensi berbahaya bagi anak yang ada di rumah.

1. Tanaman dalam Pot

Pot bunga atau tanaman yang diletakkan di dalam rumah sangat mudah dijangkau oleh anak. Apalagi bila umurnya masih balita, tentu sangat berbahaya jika  mereka tak sengaja memakan daun atau tanah yang ada di pot tersebut. Contohnya saja tanaman azalea yang bila termakan daunnya dapat menyebabkan keracunan. Di sisi lain, risiko anak Anda tersedak juga cukup tinggi bila memakan benda benda asing yang ada di dalam pot. Oleh karena itu, lebih baik menempatkan tanaman di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak. Selain itu, disarankan untuk lebih peka terhadap area bermain anak Anda.

2. Colokan Listrik

Apalagi bila Anda memiliki balita yang aktivitas geraknya sedang aktif, menutup atau memberikan tambahan pelindung untuk colokan listrik dapat mencegah anak untuk menyentuh bagian ini secara langsung. Selain itu, usahakan agar menempatkan colokan listrik pada ketinggian yang tepat, agar tidak membahayakan anak-anak.

3. Tempat Tidur

Sering ditemui banyak kejadian anak balita terjatuh dari tempat tidur dan menyebabkan cedera yang cukup serius. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan mereka sendirian, walaupun si bayi sedang tertidur. Berikan bantal atau guling pada sisi paling berbahaya ketika bayi sedang tidur. Atau dengan memasang pengaman khusus pada tempat tidur agar lebih aman ketika Anda meninggalkan bayi sendirian.

Agar rumah terlihat lebih rapih dan menarik? nonton dulu video tips menata perabotan di rumah minimalis ini.

4. Kamar Mandi

Area ini bisa menjadi tempat paling berbahaya bagi anak-anak. Kondisi lantai dan bathtub yang licin berpotensi menyebabkan mereka tergelincir. Pada beberapa kasus, cedera yang ditimbulkan cukup serius, akibat terjatuh di kamar mandi. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan pegangan dinding kamar mandi, atau keset agar mengurangi resiko terjatuh.

5. Tong sampah

Secara umum, tempat sampah yang menarik perhatian anak-anak berpotensi menyebabkan mereka tertarik dan mengambil sampah di dalamnya kemudian memakannya. Anak Anda bisa mengalami sakit atau gangguan pencernaan. Oleh karena itu, tutup tempat sampah dengan plastik dan letakkan pada tempat yang tidak bisa mereka jangkau. Lebih baik untuk mengosongkan isi tempat sampah sesering mungkin untuk menghindari kejadian tersebut.

6. Kabel

Hampir bisa dipastikan bahwa listrik menjadikan kebutuhan utama saat ini. Sehingga sulit untuk mengurangi pemakaian kabel listrik. Namun, Anda bisa menyembunyikan letak kabel tersebut. Selain itu, tambahkan pelindung kabel yang melekat pada area terbuka seperti dinding atau bawah meja. Ingat pula untuk memberikan pemahaman pada anak Anda untuk tidak bermain-main dengan kabel tersebut.

7. Kompor Gas

Benda ini paling dikhawatirkan untuk disentuh oleh anak-anak. Apalagi bila rasa ingin tahu anak Anda tinggi, tentu mereka menjadi penasaran untuk mencoba menghidupkan kompor. Solusi paling tepat untuk problem tersebut adalah dengan memasang pelindung knob pada kompor gas, untuk mencegah anak Anda menghidup matikan kompor berulang kali.

Sumber: Brightside.me

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Desain Rumah dengan Denah Terbuka

RumahCom - Desain denah terbuka pada rumah menjadi pilihan banyak masyarakat saat ini. Mereka bisa dengan mudah berinteraksi dan berkomunikasi tanpa ada banyak batasan-batasan pada rumah.Selama bebera

Lanjutkan membacaNovember 13, 2020

Ini Beberapa Ide Untuk Melepas Stres Selama PSBB

RumahCom - Pandemi membuat orang semakin khawatir hingga menyebabkan stres. Saat PSBB ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres.Situasi pandemi global yang berdampak di banya

Lanjutkan membacaNovember 13, 2020

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan Tiba

RumahCom - Risiko terkena flu semakin tinggi saat musim hujan tiba. Beberapa cara untuk mencegahnya mulai dari menjaga asupan vitamin C hingga rutin berolahraga.Mencegah flu perlu dilakukan agar aktiv

Lanjutkan membacaNovember 14, 2020

Cara Menyejukkan Rumah Tanpa Bantuan Listrik

RumahCom - Saat cuaca sedang panas, AC dan kipas angin menjadi pilihan utama. Namun ada beberapa alternatif lain yang lebih hemat energi mulai dari mengatur sirkulasi udara hingga menambah tanaman di

Lanjutkan membacaNovember 15, 2020

Masukan