Barang-Barang yang Bisa Didaur Ulang di Rumah

Boy LeonardNovember 16, 2020

Barang-Barang yang Bisa Didaur Ulang di Rumah

RumahCom – Mendaur ulang barang di rumah bisa memberi banyak manfaat, mulai dari menghemat biaya, mengasah kreativitas, hingga menyelamatkan lingkungan.

Anda mungkin sering mendengar istilah barang yang bisa didaur ulang. Bahkan seringkali mendapat himbauan untuk tidak menggunakan produk yang tidak dapat di daur ulang, terutama barang-barang berbahan dasar plastik. Tetapi, daur ulang tidak terbatas pada penggunaan barang-barang plastik yang sudah harus dikurangi saat ini. Namun, banyak sekali barang di rumah yang seharusnya tidak dibuang, tetapi dapat didaur ulang menjadi  komoditas bermanfaat.

Apa sebenarnya manfaat daur ulang? Manfaat mendaur ulang sebuah barang ini bukan sekedar untuk mengirit pengeluaran, tetapi juga untuk mempertahankan lingkungan dari ancaman kerusakan. Beberapa manfaat lainnya adalah:

  1. Mendaur ulang barang dapat mengisi waktu luang, terutama saat ini sedang dalam masa pembatasan sosial.
  2. Daur ulang barang menjadi bermanfaat dapat mengurangi pemanasan global. Terbukti masih banyak penyedia jasa kuliner yang tidak konsisten dengan masih menyediakan sedotan dan bungkus dari styrofoam.
  3. Mengurangi sampah daur ulang membantu lingkungan tidak tercemar, terutama daerah-daerah yang memiliki ekosistem air.

Jenis-Jenis Barang Tidak Dapat Didaur Ulang

Sayangnya tidak semua jeni barang dapat didaur ulang. Masih banyak barang-barang yang memang sulit untuk didaur ulang, contohnya adalah:

  • Plastic wrap
  • Bubble wrap untuk makanan
  • Keramik untuk lantai
  • Popok
  • Kertas yang dilaminating
  • Kayu
  • Sampah dari kebun
  • Cermin dan kaca
  • Kasur busa dan kapuk

 

Barang di Rumah yang Dapat Dimanfaatkan Lagi

Benda hasil daur ulang masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Berikut ini adalah barang-barang di rumah yang bisa Anda daur ulang menjadi barang baru yang bermanfaat.

Gulungan tisu

Sampah gulungan tisu ini bisa lebih banyak lagi di restoran atau hotel. Jika di rumah Anda cukup banyak sampah jenis ini, maka Anda dapat memanfaatkannya menjadi banyak hal bermanfaat, terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil.

Salah satunya adalah tempat menyimpan mobil mainan, yang terdiri dari beberapa potong gulungan tisu ini. Siapkan dus atau kontainer besar untuk diisi dengan gulungan tisu yang sudah diisi masing-masing satu mobil. Tempatkan kotak dengan posisi tidur sehingga mobil dapat terlihat tersusun rapi. Gulungan tisu juga dapat dimanfaatkan untuk tempat kado yang dibungkus dengan model bungkus permen, hiasan gantung yang dicat terlebih dahulu, tempat pensil, vas tanaman dan pengikat serbet.

Sikat Gigi

Membuang sikat gigi bekas setelah dipakai tiga bulan memang selalu direkomendasikan para dokter. Nah, bagaimana jika sikat gigi ini dimanfaatkan lagi menjadi benda yang dapat menjadi penolong para ibu? Jangan langsung buang sikat gigi bekas, karena masih dapat digunakan untuk menyikat sudut-sudut kecil di kamar mandi, tempat cuci piring, dan juga sudut-sudut tembok yang selama ini debunya tidak terlihat.

Botol Bekas Air Mineral

Anak-anak sekolah sering mendapatkan tugas membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral. Hal ini memudahkan orang tua untuk dapat memanfaatkan botol bekas tersebut. Tetapi, jika masih tersedia banyak botol air minum bekas, Anda dapat menggunakannya untuk membuat pot bunga, tempat pensil dari botol yang sudah dipotong bagian atasnya, atau bahkan jebakan tikus. Banyak ide yang dapat digali dalam memanfaatkan botol bekas ini. Bahkan ada kota yang menerapkan sistem naik bus nyaman dengan menggunakan botol bekas air mineral sebagai alat pembayaran.

Sumber: Reusethisbag.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sulap Kardus Bekas Jadi Wadah Nan Cantik

RumahCom - Sulap kardus bekas jadi wadah nan cantik adalah salah satu cara untuk menata rumah yang berantakan. Ya, jika Anda ingin membuat barang-barang di rumah menjadi lebih teratur tanpa harus memb

Lanjutkan membacaJuli 31, 2016

Cara Cerdas Menata Rumah dengan Barang Bekas

RumahCom – Barang-barang yang berserakan akibat tidak disimpan dengan benar memang menyebalkan. Tak perlulah beralasan karena tak punya tempat penyimpanan karena sebetulnya barang-barang bekas atau

Lanjutkan membacaNovember 3, 2016

Ini Caranya Membuat Pembersih yang Lebih Hemat

RumahCom - Agar memiliki rumah yang bersih dan nyaman Anda bisa melakukannya dengan cara-cara yang sederhana dan biayanya cukup murah. Berbagai bahan pembersih yang dibutuhkan juga bisa didapat dengan

Lanjutkan membacaNovember 8, 2020

Masukan