Target Penyaluran KPR Subsidi 2020 Nyaris 100 Persen

November 17, 2020

RumahCom – PPDPP hampir memenuhi target penyaluran KPR subsidi FLPP pada tahun ini. Minat masyarakat yang besar terhadap kebutuhan perumahan tidak membuat penyaluran KPR FLPP berkurang saat pandemi Covid-19, tahun depan telah disiapkan berbagai aplikasi untuk memudahkan penyaluran FLPP dengan anggaran yang lebih besar.

Progam perumahan pemerintah melalui bantuan pembiayaan KPR subsisi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) telah menarik minat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Minat masyarakat yang tinggi ini dibuktikan dengan tingginya penyerapan maupun penyaluran KPR FLPP saat situasi pandemi Covid-19.

Hal itu ditunjukan dengan terus meningkatnya penyaluran KPR FLPP oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, hingga pekan lalu target penyaluran FLPP pada tahun ini telah tercapai hampir 100 persen.

“Persisnya penyaluran dana FLPP telah mencapai 99,12 persen dari target pada tahun ini yang ditetapkan pemerintah sebanyak 102.500 unit rumah. Artinya, PPDPP telah menyalurkan pembiayaan untuk 101.600 unit rumah senilai Rp10,408 triliun, total penyaluran yang telah kami lakukan sejak tahun 2010 lalu mencapai 757.202 unit rumah senilai Rp54,77 triliun,” ujarnya.

Ada sedikit perbedaan capaian pada tahun ini bila merujuk dari jumlah unit terbangun dengan anggaran yang dikeluarkan. Dari penyaluran dana FLPP memang telah mencapai lebih dari 99 persen namun jika dilihat dari besaran anggarannya baru mencapai 94,62 persen. Karena itu pada tahun ini jumlah unit yang bisa disalurkan akan lebih besar yaitu mencapai 107.600 unit.

Arief juga menyebut, PPDPP masih memiliki beberapa agenda penting yang akan dijalankan pada sisa tahun 2020 ini untuk membuat penyaluran pada tahun anggaran 2021 mendatang bisa lebih baik lagi. PPDPP akan meluncurkan sistem aplikasi terbaru untuk memudahkan MBR maupun perbankan terkait proses pengajuan program FLPP.

Pada akhir bulan November ini, PPDPP akan meluncurkan sistem aplikasi e-FLPP V.2 yang merupakan penyempuranaan dari e-FLPP V.1 Peningkatan layanan FLPP akan membuat bank penyalur cukup menjalankan empat langkah untuk mengajukan berkas calon penerima dana FLPP.

Cukup hanya login melalui website resmi PPDPP kemudian mengklik beberapa pilihan seperti cek berkas calon penerima dana FLPP. Pihak PPDPP akan langsung memberikan persetujuan berkas dan pendandatanganan digital sehingga berkas permintaan pembayaran dana FLPP dan proses lainnya bisa dilakukan secara one day service.

Dengarkan cerita 10 tahun perjuangan lalui berbagai cobaan demi punya rumah sendiri di video berikut ini.

Masih di tahun 2020 ini, PPDPP juga akan meluncurkan aplikasi baru yaitu Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) untuk menjamin produk perumahan yang dibuat kalangan pengembang telah memnuhi persyaratan yang ditentukan dan menjamin MBR mendapatkan produk yang berkualitas. PPDPP juga masih akan menggandeng kalangan perbankan maupun lembaga keuangan untuk menyalurkan dana FLPP.

“Masih banyak hal yang akan kami lakukan untuk memudahkan proses program KPR FLPP ini. Hal ini juga tidak terlepas dari tugas dan kepercayaan besar kepada kami untuk mengelola anggaran yang lebih besar lagi. Tahun depan anggaran FLPP mencapai Rp19,1 triliun untuk 157.500 unit sehingga kinerja perlu terus ditingkatkan termasuk bank penyalur juga harus bisa meningkatkan kinerjanya,” beber Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Benda di Rumah yang Bisa Melukai Anak

RumahCom - Tidak semua benda yang ada di rumah aman dari anak. Jauhkan benda-benda yang berpotensi membahayakan agar melindungi anak di rumah.Setiap hari banyak anak yang cedera karena jatuh, terkena

Lanjutkan membacaNovember 17, 2020

Cara yang Tepat Tetap Rileks Saat Bekerja dari Rumah

RumahCom - Bekerja dari rumah bagi sebagian orang bisa menimbulkan stres. Untuk menghadapinya Anda perlu menyelesaikan pekerjaan satu per satu, hingga melakukan kegiatan yang mengurangi stres.Saat ini

Lanjutkan membacaNovember 17, 2020

Rumah Warga Dijadikan Homestay, Pemerintah Ingin Masyarakat Jadi Pelaku Pariwisata

RumahCom – Salah satu program Kementerian PUPR untuk perumahan yaitu pengembangan sarana hunian pariwisata. Melalui program ini pemerintah ingin masyarakat di kawasan pariwisata bukan hanya jadi pen

Lanjutkan membacaNovember 17, 2020

Menteri ATR/Kepala BPN Paparkan Bagaimana UU Cipta Kerja Permudah Bisnis

RumahCom – Selama ini banyaknya aturan perundangan justru dinilai menghambat investasi dan bisnis. Untuk  mengubah satu UU dibutuhkan waktu minimal satu tahun, keberadaan UU Cipta Kerja  akan memu

Lanjutkan membacaNovember 17, 2020

Masukan