Permainan Bersama Anak Saat Cuaca Sedang Panas

Boy LeonardNovember 18, 2020

Permainan Bersama Anak Saat Cuaca Sedang Panas

RumahCom – Cuaca cerah dan panas membatasi aktivitas anak di rumah. Untuk menghibur mereka, ada banyak permainan menyenangkan sehingga tidak bosan saat udara sedang panas.

Beberapa hari ini cuaca di Indonesia terasa sangat panas. Suhu udara yang naik cukup tinggi membuat setiap orang jadi gerah dan kurang nyaman. Bahkan beberapa orang juga jadi lebih mudah terkena sakit akibat panas yang berlebih. Termasuk juga dengan anak-anak, aktivitas mereka jadi terbatas akibat cuaca yang sangat panas tersebut. Mereka tidak bisa lagi bermain di luar rumah karena terlalu lama terkena panas bisa tidak baik bagi tubuh.

Namun saat udara sedang panas bukan berarti Anda dan anak-anak tidak bersenang-senang. Daripada murung karena cuaca yang panas sebaiknya melakukan aktivitas positif. Beberapa kegiatan di bawah ini bisa menjadi referensi Anda untuk dilakukan saat cuaca sedang panas. Apa saja kegiatan tersebut? Simak uraiannya berikut ini.

Membuat es krim

Jika Anda memiliki persediaan stik es krim di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kerajinan tangan. Nah, di siang hari yang cerah, kenapa tidak memaksimalkan stik es krim tersebut untuk membuat es krim sendiri. Resep membuat es krim sendiri sangat mudah dan dapat dicari di internet. Rasanya pun dapat sesuai dengan keinginan anak. Bahan bakunya pun aman, karena bunda membuatnya sendiri.  Menikmati es krim saat cuaca sedang panas tentu sangat nikmat.

Memecahkan balon air

Ada cukup banyak ide bermain balon air. Pertama, isi balon dengan air dalam jumlah sedikit, menggunakan balon ini sebagai pengganti bola seperti bermain baseball atau kasti. Atau, jika memang kurang seru karena air yang tumpah dari balon pecah tidak terlalu banyak, maka dapat gunakan cara bermain piñata (pukul balon berisi permen) dengan diisi air. Mereka pasti ingin terus memainkannya. Tetapi pastikan anak-anak bermain di halaman rumah tidak dilapisi keramik, karena mereka bisa terpeleset.

Pura-pura mengecat

Anak-anak akan sangat senang mengecat halaman yang terbuat dari paving atau beton, dengan menggunakan kuas cat bekas atau alat mengecat berbentuk rol. Bagi mereka, melihat air adalah hal yang sangat menyenangkan. Mereka pasti akan cepat-cepat mengecat lagi dan menunggu cairan tersebut menguap lagi. Bahkan, mereka juga bisa membentuk angka atau huruf, atau bahkan menggambar objek kesukaan mereka.

Memandikan anak

Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk memandikan anak dengan cara yang menyenangkan. Buat rangka pipa dengan pancuran seperti air mancur. Pipa dilengkapi dengan pancuran di sisi depan, pancuran berisi air sabun di sisi tengah, dan pancuran air untuk membersihkan anak dari sabun. Dengan demikian anak bisa bersenang-senang sambil membersihkan diri.

Bermain pistol air

Kegiatan menyenangkan lainnya adalah bermain pistol air. Anda bisa mainan pistol air bersama dengan anak-anak. Mereka bisa bermain tembak-tembakan dengan menggunakan air sebagai pelurunya. Kegiatan ini tentu sangat menyenangkan bagi mereka. Namun pastikan agar tidak bermain di dalam rumah. Karena selain bisa membuat kotor, lantai yang licin akan berbahaya bagi anak-anak.

Pastikan Keamanan Saat Bermain

Walau bermain air menyenangkan saat cuaca sedang panas, Anda harus memastikan anak-anak tetap aman. Bermain air bisa berbahaya jika dilakukan di atas lantai yang licin, terkena mata, atau tertelan. Jadi, Anda harus tetap mengawasi anak saat bermain sehingga mereka terhindar dari hal-hal yang berbahaya.

Setelah selesai bermain, ajaklah mereka untuk membersihkan diri. Jangan biarkan mereka terlalu lama bermain, karena terlalu aktif saat cuaca yang panas tidak baik bagi tubuh. Anda bisa menghidangkan camilan sehat dan segar bagi anak-anak saat permainan sudah selesai.

Sumber: Blog.activityhero.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kiat Jaga Kebersihan Rumah Saat Punya Bayi

RumahCom - Jika tadinya Anda bersikap cuek dengan kerapihan dan kebersihan rumah, hal ini tak boleh lagi dilupakan saat Anda memiliki bayi. Agar kesehatan bayi tak terganggu—begitu pula dengan An

Lanjutkan membacaMei 26, 2017

Dengan Trik Ini, Anak Dijamin Makin Semangat Belajar

RumahCom - Anda tentu ingin si kecil semangat untuk belajar sendiri tanpa perlu Anda ingatkan kembali. Pasalnya Anda tak bisa terus-menerus memerhatikannya setiap detik. Banyak kegiatan lain yang haru

Lanjutkan membacaJuni 23, 2017

Berkegiatan Seru Di Rumah Dengan Museum Home Kit

RumahCom – Berbagai cara perlu dilakukan untuk menciptakan kegiatan yang positif saat kita harus berada di rumah karena pandemi Covid-19. Museum Macan meluncurkan paket seni Macan Home Kit untuk mer

Lanjutkan membacaNovember 4, 2020

Masukan