Tips Pindah Rumah Bersama Anak

Boy LeonardNovember 18, 2020

RumahCom – Pindah rumah tentu menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan, terlebih bersama anak-anak. Namun dengan melibatkan mereka Anda akan sedikit terbantu saat pindah rumah.

Bila Anda mengingat momen paling tidak menyenangkan dalam hidup, pindah rumah pasti masuk di dalamnya. Apalagi bila Anda harus mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari membersihkan rumah yang lama, mengemas barang-barang, hingga mempersiapkan rumah yang baru. Belum lagi ditambah anak-anak yang masih kecil yang kadang sulit diatur saat pindah rumah. Tentu akan menguras tenaga dan pikiran Anda. Memang pengalaman pindah rumah bisa menjadi hal yang paling buruk, namun tidak menutup kemungkinan Anda memperoleh kesenangan dan kepuasan tersendiri.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres Anda di kala pindah rumah. Yang paling penting adalah bagaimana caranya untuk membuat segalanya berjalan sesuai rencana. Nah, berikut ini merupakan tips pindah rumah untuk Anda.

1. Libatkan anak saat akan pindah rumah

Anda perlu mengajak anggota keluarga untuk berdiskusi tentang rencana kepindahan. Bila anak Anda sudah cukup umur, ajak mereka untuk ikut berperan dan berpendapat saat akan pindah rumah. Bawa serta mereka untuk melihat rumah baru atau bila memungkinkan gunakan layanan tur virtual untuk rumah baru Anda. Jangan lupa untuk berkeliling di sekitar lingkungan rumah baru, agar Anda dan keluarga lebih familiar dengan lingkungan tersebut.

2. Kemasi barang-barang bersama anak

Pindah rumah merupakan peluang terbaik bagi Anda untuk mengecek kembali kondisi barang atau peralatan yang dimiliki. Apalagi bila Anda belum pernah melakukan audit perabotan pribadi. Sediakan minimal 3 boks sebagai wadah untuk memisahkan barang. Boks pertama berisi barang lama dalam kondisi bagus namun ingin Anda jual, boks kedua khusus untuk barang yang ingin Anda donasikan, boks terakhir untuk wadah sampah atau barang rusak yang tidak bisa dipakai lagi.

Ajak anak Anda untuk membantu memberikan tanda pada masing-masing boks yang telah terisi. Bila Anda memiliki balita, alangkah lebih baik untuk menyewa pengasuh atau babysitter sementara agar menjaga mereka saat melakukan pengemasan. Beli beberapa wadah penyimpanan khusus untuk anak Anda, dan biarkan mereka memasukkan sendiri barang atau mainan yang mereka suka ke dalamnya.

3. Saat pindah

Saat hari kepindahan tiba, pastikan untuk memisahkan kebutuhan makanan di tempat terpisah. Jadi, Anda bisa dengan mudah mengambilnya saat ingin makan atau beristirahat. Bila tempat tidur Anda bisa disusun kembali, satukan setiap komponen dalam tempat yang mudah diingat. Jangan lupa untuk menyiapkan seprai baru untuk dipasang pada kasur tidur sehingga tiap anggota keluarga bisa tidur dengan nyaman di hari pertama tidur di rumah baru.

Prioritaskan ruangan kamar bagi anak Anda untuk diselesaikan lebih dulu. Buatlah kamar mereka senyaman mungkin sehingga merasa seperti tinggal di rumah lama. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menyewa layanan pindah rumah agar bisa berangkat dalam satu kali jalan.

4. Momen perdana di rumah baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan skala prioritas dalam menata atau menyusun perabotan di rumah baru. Biasanya ruangan seperti kamar tidur dan dapur menjadi pilihan utama Anda untuk diselesaikan. Maklumi juga aktivitas atau perubahan tingkah laku anak Anda. Beri waktu bayi mereka untuk beradaptasi di tempat yang baru.

Selain itu, bukalah boks yang diperlukan, kemudian susun terlebih dahulu setiap perabotan di dalamnya. Jangan buka boks yang tidak perlu. Khusus barang-barang anak Anda, sesuaikan dengan kondisi kamar mereka saat di rumah lama. Bantu mereka untuk mendekorasi serta menyusun barang-barang di kamarnya. Dalam membantu anak anak beradaptasi lebih cepat, optimalkan setiap detail rumah lama Anda untuk diterapkan pada rumah baru.

Sumber: Beafunmum.com

Foto utama: Pexels.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cara Bantu Anak Cepat Adaptasi di Rumah Baru

RumahCom – Pindah ke rumah baru tentu membuat Anda tak sabar untuk segera menempatinya. Terutama jika sebelumnya Anda mengontrak rumah dan sudah bosan menyandang status sebagai 'kontraktor' alias tu

Lanjutkan membacaSeptember 29, 2017

Baru Menempati Rumah Baru? Ini Panduannya!

RumahCom – Setelah impian membeli rumah idaman akhirnya tercapai, Anda tentu excited untuk menempati rumah baru. Menempati rumah baru memang menyenangkan, namun tentu saja jangan sampai terlena kare

Lanjutkan membacaSeptember 29, 2017

Tahun Baru Imlek, Tahun Bagus Buat Pindah Rumah ke Kompleks

RumahCom - Tanpa terasa sebentar lagi perayaan tahun baru Cina atau yang juga dikenal dengan nama perayaan Imlek akan tiba. Tahun baru Imlek ini selalu dirayakan pada hari pertama kalender lunar Cina

Lanjutkan membacaFebruari 13, 2018

Masukan