Menggunakan Cuka Sebagai Pembersih

November 21, 2020

RumahCom – Cuka pembersih sangat efektif untuk membersihkan benda kotor, pembersih lantai, bahkan hingga digunakan sebagai pemutih pakaian.

Cuka menjadi salah satu pembersih alami yang bisa Anda gunakan di rumah. Walau ada banyak produk cuka untuk makanan, namun Anda bisa menggunakan jenis cuka pembersih yang lebih efektif. Perbedaan antara cuka putih dan cuka pembersih terletak pada tingkat keasamannya. Mayoritas cuka putih memiliki keasaman 5 persen, sedangkan cuka pembersih memiliki tingkat keasaman hingga 6 persen.

Anda tidak perlu lagi menggunakan bahan kimia sebagai pembersih, yang terkadang malah membuat boros. Anda bisa membuat pembersih dari dengan bahan cuka sendiri di rumah. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 2:1 pada sebuah botol kosong kemudian dikocok. Karena memiliki wangi yang kurang sedap Anda bisa menambah pewangi esensial seperti lavender, lemon, peppermint, dan jeruk.

Penggunaan Cuka Pembersih

Jika Anda sudah membuat cuka pembersih, maka cuka tersebut sudah siap digunakan. Ada beberapa cara penggunaan pada cuka pembersih, antara lain:

1. Digunakan untuk benda yang sangat kotor

Tingkat keasamannya yang cukup tinggi membuat cuka pembersih efektif dalam membersihkan benda yang sangat kotor sekalipun. Anda bisa menggunakannya untuk mencuci piring sehingga menghilangkan minyak secara efektif. Noda membandel pada peralatan makanan juga bisa bisa dibersihkan dengan mudah.

Cuka pembersih juga efektif kamar mandi. Bak, wastafel, lantai, dan dinding kamar mandi yang memiliki kotoran dan noda membandel juga bisa dibersihkan dengan mudah. Saat membersihkan kamar mandi, Anda bisa mencampur cuka pembersih dengan sabun pencuci. Anda hanya perlu mencampur sabun dan cuka dengan perbandingan 1:1. Kemudian tambahkan air untuk mengencerkannya, tergantung seberapa kuat tingkat keasaman yang Anda inginkan.

Anda juga dapat menggunakan cuka pembersih saja pada spons, handuk kertas, atau kain lap. Tetapi pastikan untuk mengenakan sarung tangan karena dapat sangat mengiritasi kulit dan kuku.

2. Membersihkan lantai

Cuka pembersih bisa digunakan untuk membersihkan lantai, termasuk lantai kayu sekalipun. Caranya dengan mengisi ember dengan air dan satu setengah cangkir cuka pembersih untuk membersihkan sebagian besar lantai.

3. Mengatasi pipa tersumbat

Pipa tersumbat bisa disebabkan oleh penumpukan kotoran. Cirinya terlihat pada air yang lebih lama mengalir dari biasanya. Anda bisa menggunakan cuka pembersih untuk mengatasi pipa tersumbat tersebut.

Rebuslah sepanci air dan tuangkan ke saluran pembuangan. Setelah itu, campurkan air, soda kue, dan cuka pembersih dengan perbandingan kira-kira satu cangkir air untuk semuanya, lalu tuangkan ke saluran pembuangan. Tutupi saluran pembuangan dengan sumbat dan diamkan selama lima hingga sepuluh menit. Terakhir, siram semuanya dengan sepanci air mendidih.

4. Membersihkan baju

Cuka pembersih ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bau apek handuk, pakaian olahraga, dan bulu hewan peliharaan. Selain sebagai pembersih, ternyata cuka bisa menjadi pelembut yang baik bagi pakaian Anda. Tambahkan satu setengah cangkir ke satu cangkir penuh cuka pembersih ke mesin cuci Anda selama pembilasan terakhir. Jangan khawatir, pakaian Anda tidak akan berbau seperti cuka. Namun Anda juga bisa menambah pewangi esensial jika memang khawatir akan berbau cuka.

Kegunaan cuka selain sebagai pembersih ternyata bisa digunakan sebagai pemutih pakaian. Cuka bisa  mencerahkan baju putih, kaus kaki, handuk, dan kain lap. Rebuslah satu panci air, kemudian tambahkan secangkir cuka pembersih dan biarkan kain terendam semalaman untuk hasil terbaik. Cara ini hanya boleh digunakan pada barang yang 100 persen katun.

Sumber: Realsimple.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Minat Masyarakat Sangat Besar, Bank Penyalur KPR Ini Berharap Kuota FLPP Ditambah

RumahCom – Program perumahan pemerintah melalui KPR subsidi FLPP telah menarik minat masyarakat yang besar untuk pemenuhan kebutuhan perumahannya. Karena itu Bank BTN mengharapkan anggaran yang lebi

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Pengembang Ini Gandeng Milenial Supaya Melek Properti

RumahCom – Potensi pasar yang besar dari kalangan milenial harus dipersiapkan terlebih memasuki era bonus demografi. Karena itu pengembang PT Intiland Development membuat program khusus untuk menged

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Saat Pandemi, Pengembang Terus Hadirkan Fasilitas Di Proyeknya

RumahCom – Pengembang terus menghadirkan berbagai fasilitas untuk memenuhi komitmen terhadap konsumen. Fasilitas yang disediakan seperti club house juga saat ini menjadi penting untuk menyediakan sa

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Konsultan: Pemerintah Serius Soal Peluang Relokasi Industri

RumahCom - Perusahaan konsultan properti, Knight Frank Indonesia menilai, pemerintah Indonesia memiliki komitmen kuat untuk menangkap peluang relokasi industri global."Meski di tengah pandemi yang mel

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Masukan